Inilah Penyebab dan Cara Mengatasi Gigi Ngilu dari Ahlinya!


Anda pernah mengalami gigi ngilu? Rasanya tentu tidak nyaman dan akan mengganggu aktivitas Anda. Biasanya rasa ngilu pada gigi akan muncul setelah Anda memakan atau meminum sesuatu. Hal ini, bisa jadi, dikarenakan Anda memiliki gigi yang sensitif. Ya, gigi sensitif seringkali menjadi faktor munculnya rasa ngilu pada gigi. Untuk itu, agar Anda tidak selalu terganggu karena gigi ngilu, Anda perlu memahami hal-hal penting penyebab gigi ngilu dan cara mengatasi gigi ngilu.

Gigi Ngilu dan Gigi Sensitif

Seperti yang sudah disebutkan di atas, gigi ngilu seringkali muncul karena gigi yang sensitif. Gigi sensitif sendiri merupakan kondisi dimana terbukanya tubuli dentin atau lapisan pelindung gigi terkikis, yang menyebabkan bagian gigi yang dekat dengan saraf gigi terpapar bermacam rangsangan, baik itu panas, dingin, gesekan, dan kemudian menimbulkan rasa ngilu.

Gigi sensitif yang tidak ditangani dapat menyebabkan peradangan pada jaringan pulpa yang kemudian akan mengakibatkan pada sakit yang berkepanjangan, serta berpotensi menyebabkan masuknya bakteri ke bagian saraf gigi yang bisa menimbulkan penyakit sistemik.

Penyebab Gigi Ngilu

Rasa ngilu pada gigi yang disebabkan oleh gigi sensitif memiliki beberapa penyebab yang perlu Anda ketahui, karena penyebab-penyebab tersebut seringkali karena kita sendiri. Apa sajakah yang menjadi penyebab gigi ngilu?

1. Menumpuknya Karang Gigi

Karang Gigi juga menjadi salah satu penyebab utama gigi ngilu. Plak yang sudah menumpuk akan menjadi karang gigi lalu karang gigi dengan mudah menghilangkan perlekatan antara gusi dan gigi sehingga rangsangan langsung mengekspos bagian gigi yang dekat dengan saraf gigi. Akibatnya, gigi akan menjadi sangat sensitif karena hilangnya pelindung pada gigi.

2. Masalah pada Gusi

Masalah pada gusi yang menyebabkan gigi ngilu bisa jadi karena penyakit pada gusi atau bahkan infeksi. Perawatan gigi yang kurang baik akan menyebabkan timbunan kotoran pada gigi yang akan mengundang banyak kuman pada gigi. Kuman-kuman tersebut bila sudah semakin banyak dan tidak lagi mampu diperangi oleh tubuh akan menyebabkan infeksi pada gusi.

3. Gigi Berlubang dan Retakan pada Gigi

Retakan pada gigi dapat disebabkan oleh kebiasaan menggertakan gigi, cedera pada gigi atau menggigit makanan yang terlalu keras. Retakan tersebut akan menimbulkan celah pada gigi yang memungkinkan sisa-sisa makanan masuk ke dalam gigi dan mencapai saraf gigi. Hal ini juga sama dengan gigi yang berlubang, dimana rasa ngilu akan sering muncul karena terpaparnya saraf gigi.

4. Kebiasaan Menyikat Gigi

Gigi ngilu juga ternyata disebabkan oleh kebiasaan menyikat gigi yang terlalu keras, terutama menggunakan sikat gigi yang memiliki ujung sikat yang kasar dan keras. Cara menyikat gigi yang terlalu keras dan pemilihan sikat gigi yang kurang tepat akan menyebabkan lapisan pelindung gigi menjadi rusak.

5. Akibat Makanan atau Minuman yang Anda Konsumsi

Lapisan gigi Anda adalah bagian yang rawan terkikis karena konsumsi makanan dan minuman yang terlalu asam. Makanan dan minuman yang seperti itu akan menyebabkan pengikisan lapisan enamel yang menyebabkan saraf gigi rentan terpapar.

6. Pemutihan Gigi

Gigi sensitif dapat menjadi efek samping sementara dari perawatan pemutihan gigi, tetapi juga dapat disebabkan oleh penggunaan produk pemutih yang terlalu keras atau pemutihan gigi terlalu sering, Risiko ini dapat dikurangi selama perawatan pemutihan gigi di bawah pengawasan dokter gigi.

Cara Mengatasi Gigi Ngilu

Dengan mengetahui dan memahami beberapa hal di atas, maka Anda dapat melakukan berbagai penanganan untuk mengatasi rasa ngilu pada gigi Anda. Dalam hal ini, ada beberapa cara mengatasi gigi ngilu yang dapat Anda lakukan. Apa sajakah itu?

1. Gunakan Pasta Gigi untuk Gigi Sensitif

Cara berikutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan pasta gigi yang secara khusus ditujukan untuk gigi yang sensitif. Pasta gigi tersebut memiliki kandungan khusus yang sudah diformulasikan untuk gigi sensitif sehingga dapat mengatasi ngilu yang ada pada gigi.

2. Pilih Sikat Gigi yang Berbulu Lembut 

Bagi Anda yang memiliki gigi sensitif, maka wajib bagi Anda untuk memilih sikat gigi yang memiliki bulu sikat yang lembut. Saat ini sudah cukup banyak sikat gigi yang ditujukan untuk gigi yang sensitif. Dengan cara menyikat gigi yang benar, maka penggunaan sikat gigi ini dapat membantu Anda mengatasi gigi ngilu.

3. Memilih Makanan dan Minuman

Hal selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan pemilihan makanan dan minuman. Dalam hal ini, Anda perlu menghindari konsumsi makanan dan minuman yang terlalu asam, serta soda.

4. Rajin Minum Air Mineral

Air mineral baik untuk digunakan dalam menetralisir tingkat keasaman pada mulut Anda, khususnya setelah Anda mengkonsumsi makanan atau minuman yang terlalu asam. Rajinlah berkumur agar tingkat keasaman dalam mulut tidak sampai merusak lapisan gigi Anda.

5. Hindari Kebiasaan Menggertakan Gigi

Menggertakan gigi seringkali dilakukan tanpa disadari, khususnya saat sedang tidur. Kebiasaan ini bila tidak segera diatasi akan merusak tidak hanya lapisan gigi, tetapi juga gigi Anda secara keseluruhan. Bila Anda memiliki kebiasaan ini, sangat disarankan untuk berkonsultasi ke dokter.

6. Perawatan Rutin ke Dokter

Perawatan secara rutin ke dokter gigi juga penting untuk Anda lakukan. Selain untuk membantu Anda dalam mengatasi gigi ngilu, perawatan yang rutin ke dokter gigi juga perlu untuk senantiasa menjaga kesehatan gigi Anda. Perawatan dokter gigi yang diberikan akan disesuaikan dengan kasus apa yang menyebabkan gigi Anda sensitif, seperti pembersihan karang gigi, penggunaan fluoride, desentisasi, bedah gusi dan penambalan gigi.

7. Rajin Menjaga Kesehatan Mulut dan Gigi

Cara ini merupakan cara yang penting untuk Anda lakukan secara rutin. Menjaga kesehatan mulut tentu juga termasuk kesehatan gigi. Rutin menyikat gigi dua kali sehari saat setelah sarapan pagi dan malam sebelum tidur dan gunakan juga benang gigi untuk menyingkirkan sisa-sisa makanan atau kotoran di sela-sela gigi.

Dengan pemahaman atas penyebab-penyebab gigi ngilu dan cara-cara mengatasinya, maka Anda dapat dengan mudah mengatasi persoalan gigi ngilu yang dapat mengganggu aktivitas. Anda juga bisa mendukung upaya mengatasi gigi yang ngilu karena gigi sensitif dengan menggunakan produk pasta gigi dan sikat gigi dari Pepsodent. Untuk gigi yang sensitif, Pepsodent memiliki Pepsodent Sensitive Expert yang diformulasikan secara khusus untuk gigi yang sensitif dan perawatan gusi.

Tidak perlu khawatir lagi dengan gigi ngilu, karena saat ini, Anda bisa mengatasinya dengan mudah. Aktivitas Anda pun tidak akan terganggu dengan rasa ngilu yang sering timbul dari gigi Anda. Yuk, jaga kesehatan gigi dan mulut Anda bersama Pepsodent!

Sumber:

hellosehat.com/hidup-sehat/gigi-mulut/penyebab-gigi-ngilu-dan-mengatasinya/

klikdokter.com/info-sehat/read/3140300/gigi-ngilu-terus-ini-solusinya

alodokter.com/cara-jitu-menangani-gigi-ngilu

everydayhealth.com/dental-health/10-biggest-causes-of-tooth-sensitivity.aspx

webmd.com/oral-health/guide/tooth-sensitivity#1

  1. Gusi yang menyusut (radang, berdarah)
  2. Dentin yang Terbuka
  3. Saraf

TIPS CEPAT

Hindari menyikat gigi terlalu keras atau terlalu sering, karena dapat menyebabkan gigi sensitif.

Pertanyaan-Pertanyaan Anda Seputar Perawatan Mulut

Temukan saran bermanfaat tentang masalah-masalah kesehatan mulut dalam panduan kami yang dibuat oleh Pepsodent, pakar mulut keluarga

BACA ARTIKEL LAINNYA