How to treat bleeding gums

Cara merawat gusi berdarah


Jika gusi Anda atau salah satu anggota keluarga Anda berdarah saat menyikat gigi atau memakai floss, Anda harus bertindak. Gusi berdarah sepertinya tidak serius, apalagi jika tidak terasa sakit. Tapi itu adalah tanda-tanda nyata terjadinya penyakit gusi . Jika dibiarkan, penyakit gusi ini akan menjadi masalah serius. Namun jangan kuatir, merawatnya akan lebih mudah jika Anda menanganinya sejak awal. Pastikan saja Anda memperhatikan gejala-gejalanya dan melakukan beberapa langkah mudah dalam rutinitas kesehatan mulut sehari-hari. 

Apakah tanda-tanda dan gejala penyakit gusi?

  • Gusi bengkak
  • Gusi berdarah
  • Gusi menyusut
  • Nafas tak sedap
  • Gigi tanggal

Jika Anda mengalami salah satu dari gejala-gejala ini, Anda harus membuat perjanjian dengan dokter gigi Anda. Sementara itu, banyak hal yang dapat Anda lakukan sendiri untuk menjaga gusi yang teriritasi.

Tingkatkan rutinitas kesehatan mulut Anda 

Penyakit gusi kebanyakan disebabkan oleh kurang sempurnanya cara menggosok gigi dan memakai floss. Jadi jika rutinitas Anda membersihkan gigi agak terburu-buru belakangan ini, saatnya membuat perubahan. Gosoklah gigi Anda setidaknya dua kali sehari memakai sikat gigi berbulu halus atau sikat gigi yang direkomendasikan oleh dokter gigi, setelah sarapan pagi dan sesudah makan malam atau sebelum tidur.

Anda juga dapat mencoba pasta gigi dan sikat gigi Pepsodent yang dirancang khusus untuk membantu mencegah penyakit gusi. Sikat gigi Pepsodent Gum Care memiliki bulu V yang membersihkan secara mendalam, menjangkau sela-sela gigi dan memiliki pembersih lidah sehingga membantu mengurangi plak dengan menghilangkan bakteri. Pasta gigi Pepsodent Expert Protection dengan ribuan mikrogranul pembersih yang mampu membersihkan interdental, serta mengandung zinc yang merupakan bahan antibakterial efektif yang mencegah penimbunan plak. 

Makanan dapat sering tersangkut di antara gigi, karenanya penting untuk memakai floss setiap hari. Pastikan Anda menggunakan floss tepat di antara gusi dan gigi serta tidak menekan/menggosok tepi gusi sehingga luka.

Nikmati pola makan yang ramah pada gusi

Pola makan Anda memiliki pengaruh pada gusi lebih banyak dari yang Anda pikirkan. Bukan hanya makanan bergula yang harus Anda waspadai, makanan yang kurang nutrisi seperti roti tawar yang sudah dihaluskan juga buruk untuk gusi Anda. Sementara itu, makanan kaya nutrisi seperti sayuran dan makanan olahan akan menutrisi gusi, membantunya tetap kuat dan sehat. Zinc yang juga bahan aktif di pasta gigi kami, penting untuk pembentukan tulang dan jaringan. Jadi cobalah memasukkan makanan-makanan kaya akan zinc seperti bayam, kacang merah dan kacang panjang ke dalam pola makan Anda.

Berhenti merokok

Anda sudah tahu kalau merokok itu buruk bagi paru-paru Anda. Tapi sudah tahukah Anda kalau merokok juga buruk untuk gusi? Para ilmuwan setuju kalau merokok mencegah gusi Anda mendapat nutrisi-nutrisi penting, menjadikannya lebih rentan akan peradangan yang menyebabkan penyakit gusi. 

Kami mengerti bahwa untuk berhenti itu sulit, tapi itu adalah salah satu hal terbaik yang bisa Anda lakukan untuk kesehatan, termasuk untuk gusi Anda. 

Jadi, perhatikan apa yang dikatakan oleh sikat gigi Anda. Jika Anda menemukan darah, perbaiki rutinitas perawatan mulut Anda, dan sikat gigi Anda, pakai floss, berkumur lalu ulangi lagi untuk senyum lebih sehat dan lebih percaya diri. 

TIPS CEPAT

Makanan kaya akan zinc seperti bayam, kacang merah dan kacang panjang dapat meningkatkan kesehatan mulut Anda, karena zinc penting untuk pembentukan jaringan dan tulang.

Pertanyaan-Pertanyaan Anda Seputar Perawatan Mulut

Temukan saran bermanfaat tentang masalah-masalah kesehatan mulut dalam panduan kami yang dibuat oleh Pepsodent, pakar mulut keluarga

BACA ARTIKEL LAINNYA