How to treat bleeding gums

Tidak Perlu Khawatir! Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Gusi Bengkak

Apakah Anda pernah mengalami gusi bengkak? Hal ini tentu akan sangat mengganggu, mulai dari saat makan bahkan hingga tidur. Oleh karena itu, agar Anda tidak terganggu oleh persoalan gusi bengkak, Anda perlu mengetahui hal-hal penting tentang gusi bengkak, penyebab gusi bengkak dan cara mengatasinya.

Gusi atau gingiva merupakan bagian tubuh yang terletak di dalam mulut yang terdiri atas jaringan mukosa yang menutupi tulang alveolar di dalam rongga mulut. Gusi memiliki warna merah muda yang menandakan adanya pembuluh darah di baliknya.

Ciri-ciri Gusi yang Sehat

Pada dasarnya, gusi yang sehat memiliki warna merah muda, stabil, tidak goyah saat disentuh dan memiliki tekstur berbintik-bintik seperti kulit jeruk.Selain hal-hal tersebut, maka mungkin gusi Anda bermasalah. Sangat penting untuk diperhatikan bahwa jika gusi berwarna merah terang, atau bahkan sampai berdarah, maka ada peradangan yang terjadi.

Penggolongan Masalah Pada Gusi

Penyakit atau masalah pada gusi dapat digolongkan ke dalam dua hal, yaitu gingivitis dan periodontitis. Gingivitis merupakan masalah atau penyakit pada gusi pada tingkatan yang ringan. Sedangkan periodontitis merupakan penyakit pada gusi yang sudah memasuki tingkat yang lebih parah, biasanya disertai kerusakan tulang dibawahnya.

Salah satu masalah pada gusi yang sering dialami banyak orang adalah gusi bengkak. Masalah bengkak pada gusi ini seringkali diabaikan dan dianggap biasa, padahal bila dibiarkan, gusi bengkak dapat  menjadi penyebab masalah lain pada gusi yang kemudian bisa menjalar hingga ke gigi, bahkan mulut.

Penyebab Gusi Bengkak

Gusi yang bengkak biasanya ditandai oleh adanya bagian gusi yang mengalami pembesaran, menonjol dan menggelembung. Kondisi ini bisa jadi merupakan tanda awal dari peradangan gusi yang bersifat kronis. Oleh karena itu,  bila Anda mengalami kondisi yang demikian, perlu bagi Anda untuk dapat segera mengatasinya. Penyebab gusi bengkak sendiri biasanya disebabkan oleh beberapa hal. Apa sajakah itu?

1. Sisa-sisa Makanan

Sisa-sisa makanan yang tidak dibersihkan dengan baik dan tertinggal di sela-sela antara gigi dan gusi akan mengundang kuman dan bakteri masuk. Bila terus dibiarkan, bakteri dan kuman pun akan terus menumpuk dan akan menyebabkan pembengkakan pada gusi.

2. Hormon

Gusi bengkak karena pengaruh hormon seringkali terjadi pada perempuan, khususnya dalam kondisi sedang hamil. Perubahan kadar hormon karena kehamilan merupakan penyebab utamanya, dan biasanya kondisi ini hanya bersifat sementara.

3. Obat-obatan

Beberapa jenis obat-obatan ternyata dapat menjadi penyebab gusi membengkak. Hal ini perlu Anda perhatikan bila Anda sudah menjaga kesehatan mulut secara keseluruhan dengan baik, namun gusi Anda tampak membengkak. Obat-obatan untuk menurunkan tekanan darah menjadi salah satu contohnya, karena obat-obatan tersebut menyebabkan pertumbuhan berlebih pada jaringan gusi sehingga mengakibatkan pembengkakan.

4. Iritasi

Iritasi biasanya terjadi karena reaksi alergi terhadap bahan-bahan tertentu yang terkandung pada makanan, minuman, pasta gigi atau produk-produk mulut lainnya yang digunakan. Reaksi alergi tersebut akan menyebabkan jaringan gusi menjadi merah dan kemudian membengkak.

5. Tumpukan Plak & Karang Gigi (Kalkulus)

Plak merupakan hal yang paling sering menjadi alasan dari membengkaknya gusi. Plak sendiri merupakan lapisan lunak yang tidak terlihat, dan melekat erat pada permukaan gigi yang dibentuk oleh bakteri pada mulut. Plak dapat menjadi terlihat bisa Anda tidak rajin menjaga kesehatan mulut Anda yang akan menimbulkan zat berwarna kuning pada gigi. Sedangkan karang gigi, adalah plak yang terkalsifikasi atau mengeras. Apabila menumpuk dan tidak dibersihkan, bisa jadi mengakibatkan peradangan pada gusi.

6. Kurang Vitamin

Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan gusi Anda membengkak, karena vitamin tersebut membantu menguatkan jaringan ikat seperti gusi.

Cara Mengatasi Gusi Bengkak

Setelah mengetahui beberapa penyebab utama pembengkakan pada gusi, maka Anda juga perlu memahami beberapa cara untuk mengatasi gusi bengkak. Berikut beberapa cara mengatasi gusi bengkak yang bisa Anda lakukan.

1. Kompres dengan Es atau Air Hangat

Bila gusi menjadi bengkak tanpa disertai nyeri yang berdenyut, Anda bisa melakukan kompres pada gusi dengan menggunakan es batu. Rasa dingin dari es batu akan membantu Anda mengurangi pembengkakan pada gusi. Sedangkan, bila gusi Anda membengkak disertai nyeri berdenyut, Anda bisa mengompres gusi Anda dengan air hangat.

2. Kumur dengan Air Garam

Air garam dikenal dapat membantu mengatasi peradangan dan mencegah pertumbuhan bakteri di dalam mulut yang menyebabkan gusi menjadi bengkak. Larutkan garam pada air lalu gunakan air garam tersebut untuk berkumur.

3. Hindari Penyebab Iritasi

Bila Anda mengalami gusi bengkak, maika sangat disarankan Anda menghindari hal-hal yang dapat menyebabkan iritasi, seperti minuman beralkohol atau merokok. Dengan menghindari hal-hal tersebut, Anda dapat mengurangi tingkat iritasi yang terjadi pada gusi yang membantu Anda dalam mengatasi pembengkakan gusi.

Cara-cara di atas merupakan beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membantu mengatasi gusi yang bengkak. Namun, Anda juga perlu mendukung kesehatan mulut, khususnya gusi dengan upaya pencegahan agar gusi Anda senantiasa sehat. Apa saja itu?

Rajinlah menjaga kesehatan dan kebersihan mulut Anda secara keseluruhan. Hal ini bisa Anda lakukan dengan secara rutin menyikat gigi minimal dua kali sehari , pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur, selama kurang lebih 2 menit, dengan cara menyikat yang baik dan benar,. Anda bisa menggunakan pasta gigi dari Pepsodent Expert Protection Gum Health yang dapat membantu melindungi mulut dari penyakit gusi.

Selain itu, sangat penting juga bagi Anda untuk secara rutin mengunjungi dokter gigi paling tidak enam bulan sekali. Dalam penangan dokter gigi, Anda bisa melakukan prosedur scalling untuk membersihkan karang gigi.

Anda juga perlu untuk mendukung kesehatan gigi dan gusi dengan menjaga terpenuhinya kebutuhan nutrisi Anda melalui konsumsi makanan dan makanan yang bernutrisi. Hal ini sangat penting, karena dengan terpenuhinya beragam nutrisi penting dalam tubuh, maka kesehatan mulut, khususnya gigi dan gusi akan senantiasa sehat.

Sumber:

hellosehat.com/hidup-sehat/gigi-mulut/penyebab-gusi-bengkak-cara-mengatasi/

meetdoctor.com/article/kenali-penyebab-dan-cara-mencegah-gusi-bengkak

okaydoc.com/artikel/cara-mengobati-gusi-bengkak/

mediskus.com/obat/cara-mengobati-gusi-bengkak-di-rumah

TIPS CEPAT

Makanan kaya akan zinc seperti bayam, kacang merah dan kacang panjang dapat meningkatkan kesehatan mulut Anda, karena zinc penting untuk pembentukan jaringan dan tulang.

Pertanyaan-Pertanyaan Anda Seputar Perawatan Mulut

Temukan saran bermanfaat tentang masalah-masalah kesehatan mulut dalam panduan kami yang dibuat oleh Pepsodent, pakar mulut keluarga

BACA ARTIKEL LAINNYA