Skip to content
Bijak Plastik

SENYUMKAN BUMI

DENGAN PROGRAM BIJAK PLASTIK

KOMITMEN UNILEVER

Unilever sangat peduli akan keberlanjutan kehidupan di bumi. Oleh karenanya, kami mempunyai komitmen yang ambisius untuk membentuk ulang pendekatan kami dalam penggunaan plastik. Selambatnya di tahun  2025, kami akan:​​

  • Mengurangi setengah dari penggunaan plastik baru di dalam kemasan kami​​
  • Mempercepat penggunaan plastik yang dapat di guna ulang, daur ulang, atau dikomposkan.​
  • Mengumpulan dan memproses kemasan plastik lebih banyak dari pada yang dijual.​
bijak plastik

BIJAK PLASTIK

UNTUK BUMI YANG LEBIH BAIK​

Kenapa Sustainability itu Penting?

Tahukah kamu? Pada tahun 2019, Kementerian Hidup dan Kehutanan mencatat, Indonesia menghasilkan 67 JUTA ton sampah plastik atau setara dengan luas provinsi Banten yaitu 9,6 Km2.

Indonesia merupakan penyumbang limbah plastik ke laut terbesar ke-2 di dunia [2020, www.statista.com].

Plastik menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari. Digunakan untuk mengemas produk konsumsi yang mudah dibuang setelah dipakai. Permasalahannya adalah butuh hingga ratusan tahun untuk limbah plastik Ini yang kemudian mencemari laut dan kehidupan didalamanya.

Rusaknya ekosistem laut berpengaruh besar terhadap keseimbangan alam serta keberlangsungan hidup yang baik di bumi.

bijak plastik

SOLUSI KAMI

Seriusnya permasalahan limbah ini mendorong Unilever, khususnya Pepsodent, untuk berkomitmen kuat dalam upaya menjaga bumi dan menggunakan 100% kemasan plastik yang dapat didaur ulang. Pada tahap awal, kemasan bijak plastik akan diperkenalkan dengan peluncuran Pepsodent Edisi Spesial Merah Putih, yang kemudian akan diteruskan ke semua varian Pepsodent.

bijak plastik

Dengan program keberlanjutan ini, targetnya pada tahun 2020 Pepsodent akan bisa menekan penggunaan plastik murni hingga 1.200 ton dan 14.500 ton pada tahun 2025. Di masa mendatang, Pepsodent akan lebih banyak mengumpulkan dan mendaur ulang kemasan produk dari pada yang dijual. Inilah langkah penting kami demi memastikan keberlanjutan ekosistem dan menunjang kehidupan yang lebih baik bagi generasi kita dan generasi penerus.​

 

TEKNOLOGI BIJAK PLASTIK

PADA PEPSODENT

EDISI SPESIAL MERAH PUTIH​

Para peneliti Unilever bekerja keras selama beberapa tahun demi mengembangkan teknologi Bijak Plastik dan akhirnya dengan bangga memperkenalkan produk pasta gigi kami yang paling ramah lingkungan. Hingga saat ini, tube yang digunakan pada kemasan pasta gigi menggunakan bahan yang sulit untuk didaur ulang.

bijak plastik

Normalnya tube pasta gigi terbuat dari meterial dengan lapisan alumunium untuk melindungi produk, yang mana bahan ini tidak dapat didaur ulang sehingga akhirnya tertimbun menjadi sampah.

Sesuai dengan komitmen kami untuk menjaga lingkungan, kami mengganti kemasan dengan kemasan yang lebih mudah didaur ulang.

Kemasan pasta gigi Bijak Plastik dibuat dari plastik tipe polythelene yang dapat didaur ulang.

Dengan memilah sampah, mengumpulkannya di bank sampah untuk kemudian diproses kembali sehingga menghasilkan nilai ekonomi, kami terus berupaya untuk menjaga keberlanjutan bumi.

Cek disini untuk mekanisme lengkapnya, https://www.unilever.co.id/sustainable-living/yayasan-unilever-indonesia/program-lingkungan/

Tentunya upaya kami dalam memastikan ekosistem yang berkelanjutan tidak akan berhenti sampai di sini. Tapi ini merupakan langkah awal demi mewujudkan masa depan lingkungan yang lebih baik untuk generasi kita dan generasi penerus.