Skip to content
Memahami Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan Gigi dan Mulut

Memahami Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan Gigi dan Mulut

Ada berbagai cara mengatasi bau mulut yang tidak sedap, mulai dari yang alami sampai dengan menggunakan bahan khusus untuk menjaga kesehatan mulut. Salah satu yang mudah dan digemari adalah memanfaatkan daun sirih.

Beragam Manfaat Daun Sirih untuk Mulut dan Gigi

Sedari dulu, orang Indonesia sudah mengetahui bahwa daun sirih ternyata memiliki banyak manfaat kesehatan untuk gigi dan mulut. Itu sebabnya, di masa lalu, banyak orang tua yang mengunyah sirih saat berada di rumah. Berikut beberapa manfaat sirih yang bisa Anda dapatkan.

●      Mengurangi Bau Mulut

Gigi berlubang dan bau mulut tak sedap tampaknya sudah satu paket. Begitu ada gigi berlubang, bakteri dan sisa makanan akan berkumpul hingga akhirnya menimbulkan bau mulut tak sedap. Daun sirih memiliki kandungan minyak atsiri yang punya aroma segar dan wangi, khasiatnya bisa untuk mengurangi bau mulut. Ini jelas menjadi cara mengatasi bau mulut yang tidak sedap.

●      Mengurangi Bakteri di Mulut

Daun sirih memiliki kandungan antibakteri yang tinggi. Oleh sebab itu, dengan mengunyah daun sirih, bakteri di mulut bisa jauh berkurang. Berkurangnya bakteri jahat di mulut juga membuat gigi tidak mudah berlubang. Hasilnya, Anda mendapatkan gigi yang kuat dan terawat.

●      Meredakan Sakit Gigi

Sakit gigi yang timbul karena gigi berlubang bisa diredakan dengan mengunyah daun sirih. Sakit gigi makin parah jika bakteri dan sisa makanan masih terselip di gigi berlubang. Dengan mengunyah daun sirih, bakteri akan terbunuh dan Anda bisa membersihkan sisa makanan.

●      Mencegah Gusi Bengkak

Gusi bengkak disebabkan karena infeksi yang timbul oleh bakteri. Nah, dengan khasiat daun sirih yang mampu membunuh bakteri, secara otomatis tanaman herbal ini mampu mencegah terjadinya gusi bengkak. Sebelum gusi mengalami infeksi, bakteri terlebih dahulu dibunuh oleh daun sirih, sehingga Anda tak sampai mengalami gusi bengkak.

●      Mencegah Timbulnya Karang Gigi

Karang gigi timbul akibat berkumpulnya plak yang menyebabkan kerusakan enamel. Daun sirih yang mampu membunuh bakteri terbukti menghambat pembentukan plak, sehingga bisa mencegah timbulnya karang gigi. Namun perlu diingat bahwa Anda harus tetap rutin menggosok gigi.

Keuntungan Menggunakan Pepsodent Action Herbal dengan Kandungan Daun Sirih

Untungnya, di masa modern ini, Anda tak perlu lagi mengunyah langsung daun sirih demi menjaga kesehatan mulut dan gigi Anda. Bayangkan saja betapa repotnya jika harus mengunyah daun sirih sepanjang waktu. Selain itu, tingkat kebersihan daun sirih yang dikonsumsi langsung juga patut dipertanyakan.

Kini Anda bisa mendapatkan manfaat daun sirih secara maksimal lewat berbagai produk kesehatan masa kini, salah satunya adalah pasta gigi Pepsodent Action Herbal. Pasta gigi ini telah dilengkapi dengan kandungan ekstrak daun sirih sehingga nyaman dan aman untuk digunakan. Tentunya, Anda pun akan mendapatkan manfaat maksimal ekstrak daun sirih bagi mulut dan gigi Anda.

Pepsodent Action Herbal memanfaatkan ekstrak daun sirih sebagai anti kuman, sehingga setelah gosok gigi, Anda akan mendapatkan perlindungan yang maksimal. Selain itu, di dalamnya juga terkandung garam dan jeruk nipis untuk menambahkan khasiat dan manfaat pasta gigi ini untuk Anda.

Garam diketahui merupakan bahan alami untuk meredakan peradangan dan punya banyak manfaat bagi mulut. Jeruk nipis juga mampu memberikan rasa segar di mulut. Hasilnya, menggosok gigi dengan Pepsodent Action Herbal mampu mencegah gejala panas dalam di mulut Anda. Jadi tunggu apalagi? Yuk, segera lindungi mulut dan gigi Anda dengan Pepsodent Action Herbal!

Referensi:

lifestyle.kompas.com/read/2013/01/22/0942280/kunyah.daun.sirih.sehatkan.gigi.dan.mulut.

klikdokter.com/info-sehat/read/3431568/daun-sirih-untuk-mengatasi-bau-mulut-ampuhkah

pakargigi.com/2015/01/manfaat-daun-sirih-untuk-kesehatan-gigi-mulut.html

halogigi.com/manfaat-sirih-untuk-gigi

tanyapepsodent.com/Toothpaste/pasta-gigi-pepsodent-action-herbal-190g.html

Diakses pada: 26 Maret 2019

TIPS CEPAT

Bakteri dapat bersembunyi di bawah lapisan lendir yang tipis pada lidah, jadi pastikan Anda memakai sikat gigi dengan pembersih lidah.

orang tua dan putra mereka di kamar mandi

Pertanyaan-Pertanyaan Anda Seputar Perawatan Mulut

Temukan saran bermanfaat tentang masalah-masalah kesehatan mulut dalam panduan kami yang dibuat oleh Pepsodent, pakar mulut keluarga

BACA ARTIKEL LAINNYA