Skip to content
5 Cara Tepat Menjaga Kebersihan Sikat Gigi Anda

5 Cara Tepat Menjaga Kebersihan Sikat Gigi Anda

Tiada cara menghilangkan plak pada gigi yang lebih baik daripada menggunakan sikat gigi yang tepat. Dengan sikat gigi yang pas, plak gigi dapat dibersihkan hingga ke sela-sela. Namun perlu diingat, sikat gigi juga perlu dijaga kebersihannya agar Anda mendapatkan hasil yang maksimal.

Pentingnya Menjaga Kebersihan Sikat Gigi

Sebagai alat yang setiap hari Anda gunakan untuk membersihkan gigi, kebersihan sikat gigi Anda bisa menjaga kesehatan mulut Anda. Namun, sering kali banyak orang tidak memperhatikan cara menyimpan dan menggunakan sikat gigi dengan baik. Jika sudah begini, alih-alih jadi alat pembersih gigi yang baik, sikat gigi malah bisa menularkan bakteri atau kuman pada gigi dan gusi Anda.

Untuk menghindari risiko terjangkit kuman atau bakteri dari sikat gigi yang tidak higienis, Anda perlu memperhatikan beberapa hal seputar sikat gigi Anda. Anda perlu berhati-hati menaruh sikat gigi agar bagian bulu sikat tidak terkena permukaan yang mengandung bakteri. Pula, perlu berhati-hati agar sikat gigi tidak saling menempel dengan sikat gigi lain untuk mencegah penularan virus atau bakteri.

Cara Tepat Menjaga Kebersihan Sikat Gigi

Agar lebih mudah memahami cara terbaik untuk menyimpan dan merawat sikat gigi, beberapa tips berikut penting untuk diketahui.

●      Bersihkan dengan Baik setelah Dipakai

Sikat gigi yang telah digunakan biasanya terdapat sisa makanan tersangkut di antara bulu sikatnya. Jika dibiarkan, sisa makanan ini akan membusuk dan bisa menularkan bakteri. Bersihkan dengan air mengalir atau semprot langsung dari keran. Pastikan tidak ada sisa makanan yang tertinggal agar sikat gigi tetap higienis.

●      Simpan di Tempat yang Kering

Kondisi yang lembab dan basah mudah memicu perkembangbiakan bakteri di bulu sikat. Pastikan Anda menyimpan di tempat yang kering dan tidak tertutup.

●      Jangan Berbagi Sikat Gigi dengan Orang Lain

Berbagi sikat gigi dengan orang lain berakibat buruk, setidaknya dua hal ini: sikat gigi cepat rusak dan potensi berbagi kuman atau bakteri dari mulut. Oleh karena itu, meski dalam satu keluarga, tiap orang harus memiliki sikat gigi sendiri dan terpisah satu sama lainnya.

●      Ganti Sikat Gigi setelah Beberapa Waktu

Cara menghilangkan plak pada gigi dengan menggosok gigi secara teratur dan saksama membuat sikat gigi lama kelamaan usang. Bulu sikat akan mengendur dan bentuknya tidak beraturan. Jika sudah begini, sikat gigi tidak lagi mampu membersihkan gigi secara optimal.

Oleh karena itu, Anda perlu mengganti sikat gigi secara teratur setidaknya setiap 3 bulan sekali. Indikator lainnya, jika warna pada bulu sikat sudah pudar, itu artinya Anda perlu mengganti sikat gigi.

Dengan sikat gigi yang terawat dan higienis, Anda bisa menghilangkan plak pada gigi dengan baik dan tidak khawatir terjangkit kuman. Untuk lebih memaksimalkan pembersihan gigi Anda, sebaiknya menggunakan sikat gigi yang berkualitas dan nyaman saat digunakan. Soal ini, Pepsodent Deep Clean Sikat Gigi Medium bisa jadi pilihan paling tepat untuk mendapatkan manfaat maksimal dari menggosok gigi.

Pepsodent Deep Clean Sikat Gigi Medium didesain secara khusus untuk memberikan Anda tiga keuntungan sekaligus: pembersihan sela gigi secara menyeluruh, jangkauan hingga ke bagian paling belakang, dan pembersihan lidah agar nafas lebih segar. Bulu sikat dengan pola berbentuk V mampu menjangkau sela gigi yang tersulit sekalipun. Leher sikat dibuat memiliki 3 sudut yang terukur sehingga mampu menjangkau bagian belakang gigi. Ada pula pembersih lidah dari karet lunak yang akan membersihkan tanpa melukai. Pastinya Anda akan menyesal jika melewatkan ketiga keuntungan tersebut dengan Pepsodent Deep Clean.

Referensi:

alodokter.com/cara-memilih-dan-merawat-sikat-gigi

popmama.com/life/home-and-living/fx-dimas-prasetyo/kebersihan-sikat-gigi/full

viva.co.id/gaya-hidup/kesehatan-intim/706980-tiga-tips-merawat-sikat-gigi-dengan-benar

hellosehat.com/hidup-sehat/gigi-mulut/cara-menyimpan-sikat-gigi/

okaydoc.com/artikel/sikat-gigi/

health.detik.com/hidup-sehat-detikhealth/d-1970993/cara-paling-mudah-menjaga-kebersihan-sikat-gigi

fimela.com/beauty-health/read/3748052/ingin-sehat-perhatikan-tips-menjaga-kebersihan-sikat-gigi-ini

Diakses pada: 26 Maret 2019

TIPS CEPAT

Minumlah air putih yang banyak setiap setelah makan; air putih akan membersihkan sisa-sisa makanan dan mencegah penimbunan plak secara alami.

Pertanyaan-Pertanyaan Anda Seputar Perawatan Mulut

Temukan saran bermanfaat tentang masalah-masalah kesehatan mulut dalam panduan kami yang dibuat oleh Pepsodent, pakar mulut keluarga 

BACA ARTIKEL LAINNYA