Skip to content
Beda Bentuk Sikat Gigi, Beda Pula Fungsinya

Beda Bentuk Sikat Gigi, Beda Pula Fungsinya

Plak gigi adalah akar dari kebanyakan masalah gigi dan mulut. Untuk mengatasinya, sikat gigi adalah cara menghilangkan plak gigi yang sangat efektif jika dilakukan dengan benar. Hanya saja, Anda perlu tahu bahwa bentuk sikat gigi berbeda-beda, sehingga fungsinya pun tidak selalu sama.

Agar Anda mendapatkan hasil yang maksimal dari menggosok gigi, diperlukan sikat gigi yang tepat. Oleh sebab itu pahami terlebih dahulu beragam bentuk sikat gigi dan fungsinya sebelum Anda membelinya. Memilih sikat gigi yang tepat akan memastikan Anda bisa menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan baik.

Beragam Bentuk Sikat Gigi yang Tersedia di Pasaran Beserta Fungsinya

Jika diperhatikan baik-baik, bentuk sikat gigi berbeda pada tiga bagiannya, yaitu pada bentuk kepala sikat, bentuk gagang sikat, dan pola bulu sikat. Berikut penjelasannya lebih lanjut.

Bentuk Kepala Sikat

Umumnya, terdapat dua bentuk kepala sikat yaitu bentuk kotak atau konvensional dan oval. Bentuk kotak dirancang untuk dapat menampung banyak bulu sikat, sehingga Anda bisa membersihkan permukaan gigi dengan maksimal. Bentuk oval dirancang agar Anda dapat menjangkau gigi bagian belakang dengan mudah, sehingga bisa membersihkan gigi paling belakang dengan nyaman.

Bentuk Gagang Sikat

Terdapat dua bentuk gagang sikat secara umum, yaitu lurus dan bengkok. Bentuk gagang sikat dimaksudkan untuk membuat Anda nyaman menggenggam saat menggosok gigi. Gagang lurus membuat Anda mudah mengontrol sikat gigi. Gagang bengkok memiliki sudut kontra di bagian tengah gagang, sehingga mudah digenggam dan menjangkau daerah yang sulit dibersihkan.

Desain gagang sikat pun ada yang fleksibel dan menggunakan bahan karet di sekelilingnya. Gagang fleksibel dimaksudkan untuk mengurangi cedera gusi saat menyikat gigi terlalu kuat. Sedangkan gagang dengan bahan karet di sekelilingnya dimaksudkan agar tidak licin saat digenggam.

Pola Bulu Sikat

Meski pola bulu sikat gigi sangat banyak dan bervariasi, secara garis besar ada empat pola sikat yang utama.

●      Pola balok: bulu sikat disusun dengan rapi dan sejajar seperti balok. Bentuk ini paling umum dan konvensional. Pola balok bisa membersihkan permukaan gigi dengan menyeluruh.

●      Pola gelombang: bulu sikat disusun berbentuk gelombang atau huruf V. Bertujuan untuk menjangkau permukaan gigi dan daerah sekitarnya yang berdekatan dan tak rata.

●      Pola bertingkat: terdapat dua jenis bulu sikat, ada yang pendek dan ada yang tinggi dengan bulu lebih halus. Bulu sikat yang tinggi dan halus bertujuan untuk menjangkau sela-sela yang sulit dijangkau bulu sikat pendek.

Tips Memilih Sikat Gigi yang Tepat

Dengan banyaknya macam bentuk dan varian bulu sikat pada sikat gigi, bisa jadi Anda kesulitan untuk memilih mana yang paling tepat untuk digunakan sesuai kebutuhan Anda. Untuk itu, Anda perlu memahami hal-hal penting dalam memilih sikat gigi, mulai dari kondisi mulut Anda, genggaman tangan, hingga prioritas saat menggosok gigi.

Jika rongga mulut cukup lebar dengan gigi yang rata dan tidak banyak masalah, sikat gigi konvensional dengan bulu sikat rata sudah cukup untuk menjangkau semua bagian gigi. Namun jika rongga mulut tidak begitu besar dan terdapat gigi berlubang, ada baiknya memilih sikat gigi oval dan bulu sikat yang dapat menjangkau bagian-bagian sulit.

Satu hal lagi yang perlu diperhatikan, jika Anda merasa bahwa sikat gigi Anda saat ini kurang bersih, maka cobalah untuk menggunakan sikat gigi Pepsodent Bamboo Salt. Sikat gigi ini dirancang untuk mencegah gigi berlubang, membersihkan noda di gigi, serta menghasilkan nafas yang lebih segar. Hal ini bisa tercipta berkat bulu sikat lembut yang menggunakan bahan alami Bamboo Salt asal korea, lengkap dengan gagang tiga sudut yang mampu menjangkau gigi paling belakang!

Referensi:

hellosehat.com/hidup-sehat/gigi-mulut/perbedaan-fungsi-sikat-gigi-berdasarkan-bentuknya/

beritasatu.com/gaya-hidup/327120-tips-memilih-sikat-gigi-yang-tepat.html

zendentalseattle.com/blog/2018/05/different-types-of-toothbrushes/

guardiandirect.com/resources/articles/what-type-toothbrush-do-you-need

Diakses pada: 26 Maret 2019

TIPS CEPAT

Seruput minuman berasam memakai sedotan untuk mencegah kerusakan email gigi.

orang tua dan putra mereka di kamar mandi

Pertanyaan-Pertanyaan Anda Seputar Perawatan Mulut

Temukan saran bermanfaat tentang masalah-masalah kesehatan mulut dalam panduan kami yang dibuat oleh Pepsodent, pakar mulut keluarga

BACA ARTIKEL LAINNYA