Skip to content
Segera Atasi Gigi Berlubang agar Tidak Menjadi karies Gigi!

Segera Atasi Gigi Berlubang agar Tidak Menjadi karies Gigi!

Gigi berlubang merupakan kondisi gigi yang harus segera diatasi, karena gigi berlubang bila dibiarkan dapat menyebabkan akan mempengaruhi kesehatan gigi dan gusi, bahkan tubuh Anda. Namun, permasalahannya, masih banyak orang yang belum memiliki kesadaran yang cukup dalam hal perawatan gigi, dari mulai cara menyikat gigi, menyikat gigi secara teratur, cara menghilangkan plak gigi, dan lain sebagainya, sehingga tingkat kerentanan terkena gangguan gigi berlubang masih sangat tinggi.

Hal ini ditambah lagi dengan tingkat kesadaran untuk langsung mengatasi gigi berlubang pun masih belum cukup baik, sehingga banyak orang yang masih membiarkan gigi berlubang. Padahal membiarkan gigi berlubang adalah hal yang tidak disarankan. Salah satu hal yang bisa Anda alami dengan membiarkan gigi berlubang adalah karies pada gigi.

Karies pada gigi merupakan salah satu penyakit persisten yang umum terjadi di mana terdapat penguraian mineral di jaringan keras gigi yang terlihat di rongga mulut. Gigi berlubang menjadi salah satu hal yang dapat menyebabkan karies gigi. Gigi berlubang biasanya terjadi karena adanya pengikisan bagian email hingga dentin gigi yang terjadi karena penumpukan bakteri, tidak rajin menyikat gigi atau bahkan cara menyikat gigi yang salah.

Karies gigi ditandai dengan adanya lubang pada gigi. Gigi yang berlubang yang tidak diatasi dengan cara yang tepat, lubang karies yang berwarna cokelat atau bahkan hitam akan semakin besar. Awalnya karies gigi tidak terasa nyeri, namun lama-kelamaan akan menimbulkan rasa nyeri dan dapat menyebabkan penyakit yang serius. Untuk itu, Anda harus jeli dan segera mengatasi gigi berlubang sedini mungkin sebelum menjadi karies pada gigi. Anda bisa mengatasi gigi berlubang dengan cara berikut:

●      Sikat gigi Anda minimal dua kali sehari, di pagi dan malam hari. Gunakan pasta gigi ber-fluoride yang dapat membantu Anda melawan pengikisan mineral pada permukaan gigi. Bila Anda memiliki gigi yang sensitif, gunakan sikat gigi Pepsodent Double Care Clean Sensitive yang dirancang untuk membersihkan secara lembut dan menyeluruh, dengan bulu sikat yang lembut dan membersihkan hingga ke sela-sela gigi.

●      Selain menyikat gigi, lengkapi juga perawatan gigi Anda dengan membersihkan sela-sela gigi menggunakan dental floss.

●      Penting juga bagi Anda untuk berkumur dengan mouthwash yang akan membantu untuk membunuh bakteri jahat di mulut dan mencegahnya berkembang biak dan merusak gigi.

●      Lakukan perawatan ke dokter secara berkala dan teratur, minimal dua kali dalam setahun. Hal ini penting untuk senantiasa mengetahui kondisi gigi Anda dari pemeriksaan dokter gigi agar bisa melakukan tindakan-tindakan pencegahan bila ada masalah pada kesehatan gigi dan mulut Anda.

Jangan lupakan kondisi gigi Anda dan senantiasa memperhatikan kondisi kesehatannya. Segera atasi bila gigi Anda berlubang agar tidak menjadi karies gigi yang akan merugikan kesehatan mulut dan gigi, bahkan tubuh Anda.

Referensi:

alodokter.com/jangan-sampai-terlambat-cegah-karies-gigi-sekarang-juga

tirto.id/mengenal-karies-gigi-dari-penyebab-dampak-dan-cara-mencegah-c9Th

webmd.com/oral-health/guide/tooth-decay-prevention

Diakses pada: 26 Maret 2019

TIPS CEPAT
Minumlah air putih yang banyak setiap setelah makan; air putih akan membersihkan sisa-sisa makanan dan mencegah penimbunan plak secara alami.
orang tua dan putra mereka di kamar mandi

Pertanyaan-Pertanyaan Anda Seputar Perawatan Mulut

Temukan saran bermanfaat tentang masalah-masalah kesehatan mulut dalam panduan kami yang dibuat oleh Pepsodent, pakar mulut keluarga 

BACA ARTIKEL LAINNYA