Alt text to fill

5 Makanan yang Aman dan Baik Dinikmati Saat Sakit Gigi

Tidak berlebihan jika sakit gigi disebut sebagai salah satu rasa sakit yang paling menyebalkan. Selain harus menahan rasa sakit, urusan makan juga terganggu. Jika tidak hati-hati memilih makanan untuk orang sakit gigi, rasa sakit bisa membuat bahkan orang dewasa meneteskan air mata. Daripada mengganggu pencernaan, cek dulu makanan untuk sakit gigi paling ideal berikut.

 

5 Makanan yang Aman dan Baik Dinikmati Saat Sakit Gigi

Jenis makanan untuk sakit gigi ini dipilih karena berbagai alasan yang tidak terduga. Pastikan sedia saat sedang menderita sakit gigi, termasuk untuk orang dewasa maupun si kecil :

1.  Olahan Susu

Produk olahan susu bisa jadi pilihan makanan untuk sakit gigi yang tak terperikan. Sebut saja susu dan yogurt yang dapat dengan mudah dikonsumsi tanpa harus dikunyah. Tekstur cair atau lembut saat bersentuhan dengan gigi yang sakit juga tidak akan mengganggu sama sekali.  Selain susu dan yogurt, coba juga keju sebagai makanan untuk orang sakit gigi.

Jenis olahan susu juga merupakan sumber kalsium yang merupakan elemen esensial untuk pertumbuhan gigi dan tulang. Jika sakit gigi berhubungan dengan saraf, pastikan susu atau yogurt tidak terlalu dingin saat dinikmati.

2.  Pasta

Karena teksturnya yang juga lembut dan mudah dicerna, pasta bisa jadi pilihan makanan untuk sakit gigi. Sangat dianjurkan agar pasta yang dikonsumsi sudah dimasak lebih lunak dan dengan saus lebih banyak. Ini akan sangat memudahkan proses makan, sekaligus mengenyangkan lebih lama.

Apapun pilihan pasta sebagai makanan untuk sakit gigi, usahakan agar suhu sajian tidak terlalu panas. Ini supaya lapisan pelindung gigi tidak berisiko rusak atau sampai menimbulkan rasa sakit pada bagian gigi yang sedang bermasalah.

3.  Kentang

Sebagai salah satu jenis sayuran yang menyehatkan, penggemar kentang boleh mencobanya sebagai makanan untuk orang sakit gigi. Tepatnya, kentang dalam bentuk sudah direbus dan dilunakkan atau mashed potato sebagai menu andalan.

Mashed potato bisa dilunakkan atau dicampur dengan susu atau keju untuk citarasa yang lebih creamy. Alhasil, penderita sakit gigi tetap bisa berselera saat menikmatinya. Olahan kentang juga cocok untuk anak kecil yang sering rewel saat sakit gigi. Pastikan saja agar tidak menaruh terlalu banyak bumbu pedas dan juga teksturnya sudah sempurna.

4.  Bubur Gandum

Gampang dibuat, penuh nutrisi dan rasanya juga bisa disesuaikan dengan selera. Itulah serangkaian alasan kenapa bubur gandum cocok jadi makanan untuk orang sakit gigi. Keunggulan bubur gandum yang lain adalah bisa mengenyangkan lebih lama, sehingga penderita sakit gigi tidak perlu terus berurusan dengan perut keroncongan saat sedang sakit gigi.

Jika kurang menyukai bubur gandum, boleh juga digantikan dengan jenis bubur lain seperti bubur jali, bubur beras, bubur kacang dsbnya. Pastikan saja tidak menambah terlalu banyak gula.

5.  Sup

Sudah tahu kan kalau sup ayam sering dianggap sebagai salah satu obat untuk meredakan batuk pilek yang mujarab? Termasuk sebagai makanan untuk sakit gigi, sup bisa disajikan kental atau encer yang rasanya nikmat. Sup memudahkan penderita sakit gigi menelan nasi atau karbohidrat lainnya yang memberi rasa kenyang lebih lama.

 

Cegah Sakit Gigi Sebelum Menyerang

Siapapun pasti ingin menghindari momok sakit gigi sebisa mungkin. Ini sebabnya perawatan kesehatan gigi dan mulut sangat penting untuk diterapkan secara rutin. Cara terbaik tentunya adalah dengan menjaga kebersihan gigi setiap hari yaitu menggosok gigi setiap selesai makan atau minimal 2 kali sehari.

Mencegah sakit gigi bisa semudah menggunakan pasta gigi Pepsodent Pencegah Gigi Berlubang. Formula Double Action diperkaya dengan Mikro Kalsium Aktif & Pro-fluoride untuk perlindungan sepanjang hari. Pepsodent Pencegah Gigi Berlubang juga 2 kali lebih efektif memperbaiki lubang kecil agar tak menjadi gigi berlubang. Yuk jaga mulai sekarang juga!

Bagikan ini