manfaat behel gigi

Apa Saja Fungsi Penggunaan Kawat Gigi?

Masalah gigi berantakan atau maloklusi tidak hanya mengganggu penampilan, tapi juga bisa menyebabkan masalah kesehatan seperti sakit pada sendi rahang, gigi rusak, dan masalah kesehatan lainnya. Itulah sebabnya banyak orang yang mengandalkan fungsi kawat gigi untuk mencegah maloklusi menjadi masalah kesehatan yang lebih parah dan mendapatkan senyum yang indah dan cantik.

 

Apa saja permasalahan gigi yang bisa diatasi dengan kawat gigi?

 

1. Overbite

Overbite adalah] situasi ketika gigi seri atas lebih maju daripada gigi seri bawah, sehingga lebih dari sepertiga gigi seri bawah tertutupi oleh gigi seri atas. Hal ini bisa disebabkan oleh ukuran gigi atas yang lebih besar dari gigi bawah, posisi rahang atas yang lebih mundur, atau masalah tulang.

 

2. Overjet

Overjet juga merupakan masalah gigi di mana gigi seri atas tampak lebih menonjol ke depan dari gigi seri bawah. Pada overjet, gigi seri atas memiliki sudut dan menonjol keluar secara miring, sehingga gigi seri atas terlihat maju ke depan.

 

3. Crossbite

Crossbite terjadi bila gigi atas menggigit di bagian dalam gigi bawah.

 

4. Gap/spacing

Gigi jarang/spacing terjadi ketika gigi memiliki celah (gap) di antara satu dan lainnya. Hal ini dapat disebabkan [DJF5] oleh ukuran gigi yang lebih kecil daripada rahang.

Bila masalah maloklusi ini terjadi, kawat gigi alias behel sering menjadi pilihan cara untuk mengatasinya. Beberapa manfaat kawat gigi di antaranya adalah:

 

1. Memperbaiki Posisi Gigi

Gigi yang berantakan bisa menyebabkan gigi menjadi sulit untuk dibersihkan. Gangguan pada posisi gigi juga bisa mengganggu gerakan lidah dan mulut, sehingga menyebabkan gangguan saat berbicara dan mengunyah makanan. Karena itu, fungsi kawat gigi untuk memperbaiki posisi gigi jadi alasan utama banyak orang menggunakannya.

 

2. Menghindari Temporomandibular Disorder (TMD)

Rahang memiliki sendi bernama temporomandibular yang menghubungkan rahang dengan kepala. Apabila terjadi maloklusi yang berat, sendi temporomandibular dapat terpengaruh, hal ini akan membuat rahang terasa sakit saat membuka mulut maupun mengunyah. Fungsi kawat gigi untuk memperbaiki posisi rahang pun menjadi andalan untuk mencegah TMD menjadi lebih parah.

 

3. Menciptakan Senyum Indah

Maloklusi bisa menyebabkan atau disebabkan oleh perubahan posisi rahang, sehingga wajah dan senyum kamu menjadi terlihat tidak simetris. Jadi fungsi kawat gigi untuk merapikan gigi juga akan membuat senyum kamu menjadi lebih indah.

manfaat behel gigi

Agar gigi tetap mendapat perlindungan menyeluruh saat memakai kawat gigi, gunakan pasta gigi Pasta Gigi Sensitive Mineral Expert by Pepsodent Whitening yang cocok untuk mengatasi gigi ngilu karena kawat gigi. Kandungan Zinc dan Fluoride di dalamnya ampuh sebagai perlindungan sehari-hari terhadap plak yang disebabkan oleh bakteri dan gigi berlubang. Selain itu, pasta gigi ini juga dapat membuat mulut dan nafas Anda sangat segar dan mampu mengembalikan putih alami gigi Anda.

Merawat gigi memang penting, tak hanya untuk menjaga kesehatannya, tapi juga untuk menjaga penampilannya. Gigi yang sehat tentu tampak cantik dan memperindah senyum, sedangkan gigi yang rusak bisa mengganggu penampilan dan menyebabkan masalah kesehatan. Jadi, terus jaga kesehatan gigi, ya!

Bagikan ini