Gusi Bengkak dan Bernanah: Kenali Penyebabnya dan Cara Mengatasinya

Gusi Bengkak dan Bernanah: Kenali Penyebabnya dan Cara Mengatasinya

Gusi bengkak dan bernanah sebaiknya jangan dianggap remeh. Selain menyebabkan sakit dan nyut-nyutan, kondisi tersebut juga dapat menyulitkan kamu untuk makan, bicara, bahkan hanya sekadar membuka mulut. Meski jadi kondisi yang cukup sering dialami, masih banyak orang yang belum memahami penyebab gusi (entah itu di bagian depan maupun belakang) bengkak dan bernanah. Padahal, salah satu cara efektif untuk mengatasi sekaligus mencegah kondisi tersebut adalah dengan mengetahui penyebab yang mendasarinya.

 

Beragam Penyebab Gusi Bengkak dan Bernanah

Di bawah ini adalah sejumlah penyebab gusi membengkak dan bernanah yang perlu diketahui.

 

1. Radang Gusi

Dalam banyak kasus, penyebab gusi bengkak dan bernanah adalah gingivitis atau radang gusi. Kondisi ini mulanya disebabkan karena penumpukkan plak di gigi. Plak adalah lapisan bening dan lengket di permukaan gigi yang terbentuk dari air liur, sisa-sisa makanan, dan kotoran. Bila dibiarkan menumpuk, plak dapat mengeras dan berubah menjadi karang gigi. Karang gigi inilah yang dapat mengiritasi gusi sehingga menyebabkan gusi meradang dan bernanah.

 

2. Gigi Berlubang

Gigi yang berlubang juga bisa jadi penyebab gusi jadi bengkak dan bernanah. Hal ini karena gigi berlubang akan memberikan akses masuk bagi bakteri untuk berkembang biak di sana, dan pada akhirnya menyebabkan peradangan bahkan abses (kantong nanah). Abses yang dibiarkan tanpa pengobatan dapat membesar dan menginfeksi sekitar gusi di bagian gigi yang bermasalah. Nah, kondisi inilah yang dapat menyebabkan gusi menjadi bengkak dan bernanah.

 

3. Infeksi Bakteri

Adanya infeksi di lidah maupun di rongga mulut yang disebabkan oleh bakteri, jamur, virus, parasit, dan berbagai mikroorganisme lainnya juga berpotensi menjadi penyebab gusi bengkak. Tanpa pengobatan yang cepat dan tepat, infeksi dapat menjadi lebih parah hingga menyebabkan gusi bernanah.

 

4. Kurangnya Nutrisi

Siapa sangka, gusi mudah bengkak nyatanya juga bisa menjadi tanda gejala kurangnya nutrisi di tubuh. Ini karena kekurangan nutrisi dapat membuat sistem imun dan jaringan tubuh melemah. Alhasil, kamu akan lebih mudah mengalami infeksi pada gusi dan mulut, yang pada akhirnya menjadi penyebab gusi bengkak dan bernanah.

Cara Mengatasi Gusi Bengkak dan Bernanah

Gusi bengkak dan bernanah harus segera diobati. Jika tidak, kondisi tersebut akan semakin parah dan dapat menyebabkan rasa sakit dan tidak nyaman di mulut. Khusus untuk kasus kasus gusi bernanah, maka cara terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan berobat ke dokter.

Dokter dapat meresepkan obat antibiotik dan menyarankan pasien untuk menjalani sejumlah perawatan medis. Misalnya, perawatan saluran akar, kuretase gusi, operasi kecil, hingga cabut gigi.

Sementara untuk mengatasi gusi bengkak, kamu bisa mencoba sejumlah cara sederhana berikut untuk meredakan rasa sakitnya:

  • Kompres dingin. Caranya mudah, cukup dengan membungkus es batu menggunakan lap kering yang bersih, lalu letakkan di sisi pipi yang terasa sakit selama beberapa menit.
  • Berkumur air garam. Larutkan satu sendok teh garam ke dalam segelas air hangat, lalu kumur 2-3 kali sehari.
  • Minum obat pereda nyeri yang dijual bebas di apotek. Kendati begitu, pastikan kamu menggunakannya sesuai aturan pakai yang tertera pada label kemasan.
  • Menghindari merokok dan minum minuman beralkohol. Ini karena keduanya dapat memperparah peradangan yang terjadi di gusi.

 

Cegah Masalah Gusi dan Gigi dengan Pasta Gigi Sensitive Mineral Expert by Pepsodent Gum Care

Sensitive Mineral Expert Gum Care adalah pasta gigi mutakhir dari Pepsodent dengan kandungan zinc mineral untuk merawat kekuatan gusi.

Bagikan ini