3 Hal Menarik yang Perlu Diketahui Tentang Wisdom Teeth

3 Hal Menarik yang Perlu Diketahui Tentang Wisdom Teeth

Tahukah kamu? Mulut manusia mengalami banyak perubahan semasa perjalanan hidupnya. Salah satu transformasi dental yang terjadi menjelang usia dewasa adalah kemunculan gigi bungsu atau wisdom teeth. Tumbuhnya geraham terakhir ini tak jarang menimbulkan masalah yang membutuhkan penanganan medis. Apa saja hal menarik yang bisa dipelajari dari wisdom teeth? Yuk simak penjelasannya berikut:

 

3 Hal Menarik Soal Wisdom Teeth

 

1. Muncul Saat Usia Akhir Remaja Atau Awal Dewasa

Dari segi penamaan, gigi bungsu atau wisdom teeth adalah gigi yang paling terakhir muncul atau tumbuh pada saat seseorang telah dewasa. Geraham ketiga ini (M3s) bisa muncul antara usia 17-25 tahun. Jadi dengan bertambahnya usia, seseorang harus lebih bertambah bijaksana alias memiliki wisdom teeth.

Seperti diketahui, gigi manusia pertama muncul sebanyak 20 buah gigi susu dari usia bayi hingga lewat balita. Setelah itu, 32 gigi permanen akan menggantikan posisi gigi susu dengan kemunculan geraham pertama sekitar usia 6, geraham kedua usia 12, dan gigi geraham bungsu/wisdom teeth sebelum usia 21 tahun.

 

2. Permasalahan Umum Wisdom Teeth

Wisdom teeth sering harus mendapatkan penanganan medis karena identik dengan rasa sakit, bengkak dan lain sebagainya. Beberapa akar permasalahan wisdom teeth adalah :

  • Tidak cukup ruang permukaan gusi yang memadai untuk pertumbuhannya & mengganggu gigi lainnya.
  • Posisi pertumbuhan wisdom teeth yang tidak tepat sehingga berpotensi menimbun sisa makanan & bakteri.
  • Wisdom teeth yang tidak tumbuh sempurna sehingga kesulitan membersihkan gigi lainnya.
  • Wisdom teeth yang hanya tumbuh setengah/parsial sehingga kondisi gusi terbuka dan berpotensi radang
  • Wisdom teeth yang dibiarkan tidak sempurna bisa membentuk kista dan merusak jaringan akar gigi lainnya.

 

3. Benarkah Wisdom Teeth Tidak Dibutuhkan?

Evolusi anatomi rahang manusia kian mengecil dari waktu ke waktu. Ini dipengaruhi oleh diet modern dan juga pertumbuhan otak manusia, sehingga rahang manusia umumnya berhenti tumbuh sebelum usia 18 tahun. Faktanya, gigi bungsu atau wisdom teeth sering muncul setelahnya sehingga tidak ada ruang yang cukup untuk pertumbuhannya.

Menurut The American Dental Association, wisdom teeth sebaiknya dibuang jika mengalami hal-hal seperti :

  • Sakit
  • Infeksi berulang pada bagian geraham belakang
  • Kista
  • Tumor
  • Kerusakan pada gigi sekitarnya
  • Masalah gusi
  • Masalah pembusukan gigi

Keputusan membuang wisdom teeth cukup unik karena harus dievaluasi sesuai kondisi pasien. Umumnya, wisdom teeth tidak dibutuhkan terutama berpotensi menyebabkan masalah dental. Namun, jika kamu termasuk yang beruntung tidak harus membuang gigi bungsu, maka pastikan untuk tetap diperiksa secara rutin ke dokter gigi.

 

Penanganan Wisdom Teeth Bermasalah

Banyak saran medis yang menyebutkan agar wisdom teeth ditangani jauh sebelum mulai bermasalah. Pada wisdom teeth bermasalah, dibutuhkan prosedur ekstraksi atau pencabutan oleh tenaga dokter gigi profesional. Prosedur pencabutan ini tergolong operasi kecil sehingga membutuhkan anestesi sesuai evaluasi dokter.  Lama prosedur juga tergantung dari kondisi wisdom teeth masing-masing.

Biasanya dokter akan menyarankan agar ada yang mendampingi saat penanganan wisdom teeth. Selain itu, dokter akan memberi resep berupa pil penahan sakit serta beberapa anjuran seperti beristirahat minimal 1x24 jam, menghindari minuman alkohol, kafein, soda atau yang panas untuk sementara waktu, serta mengkonsumsi makanan yang lebih lunak.

 

Jaga kesehatan Gigi Dengan Cermat

Menjaga kesehatan gigi kini tidak perlu repot. Dengan menggunakan Pasta Gigi Pepsodent Complete 8 Multi Protection, kamu sudah menjamin kebersihan dan kesehatan gigimu. Pepsodent Complete 8 Multi Protection sendiri telah terbukti secara ilmiah ampuh dalam merawat kesehatan gigi, seperti mencegah gigi berlubang, menjaga kesehatan gusi, melindungi dari plak hingga 18 jam*, melindungi email gigi, merawat gigi sensitif, mengurangi pertumbuhan karang gigi, membuat gigi lebih putih, membuat nafas segar.

Bagikan ini