Ketahui Lebih Lanjut Fungsi Gigi Seri

Ketahui Lebih Lanjut Fungsi Gigi Seri

Tahu ga kalau gigi manusia adalah salah satu bagian terkuat dari seluruh tubuh kita? Selain penting untuk mengunyah, gigi juga berperan penting dalam kemampuan berbicara seseorang. Sudah saatnya lebih paham tentang susunan gigi, khususnya gigi seri dan fungsi pentingnya berikut.

 

Susunan Gigi Manusia Secara Umum

Orang dewasa memiliki 32 buah gigi yang umumnya sudah tumbuh sempurna pada sekitar usia 13 tahun, terkecuali gigi bungsu. Berikut komposisi susunan gigi orang dewasa:

  • Gigi seri ( 8 buah) yang terletak pada bagian tengah atas dan bawah rahang.
  • Gigi taring ( 4 buah) yang berbentuk tajam dan membingkai gigi seri
  • Gigi premolar ( 8 buah) yaitu gigi antara gigi taring dan geraham
  • Gigi geraham ( 8 buah), gigi yang terletak pada bagian belakang untuk mengunyah
  • Gigi bungsu ( 4 buah), yang muncul sekitar usia menjelang dewasa dan biasanya harus dibuang.

Pada anak-anak, jumlah gigi hanya ada 20 buah yang merupakan gigi susu dan terdiri dari 4 buah gigi seri, 2 buah taring dan 4 buah geraham.

 

Mengenal Gigi Seri Manusia

Seperti dijelaskan, gigi seri adalah gigi yang terletak pada bagian depan mulut. Setiap orang memiliki 4 buah gigi seri pada bagian atas dan 4 buah pada bagian bawah rahang. Kedua gigi seri depan disebut sebagai gigi seri utama, sedangkan yang berdekatan pada taring disebut gigi seri lateral.

Berukuran kecil dan berakar tunggal, ujung gigi seri berbentuk rata dan memiliki ketajaman yang bisa membantu proses konsumsi makanan. Saat gigi seri ditancapkan ke permukaan makanan, maka yang digunakan pertama kali adalah gigi seri.

Biasanya, gigi seri adalah jenis gigi yang pertama kali muncul, yaitu pada sekitar usia 6 bulan. Saat pertama muncul, gigi seri akan tumbuh pada rahang bawah anak. Sedangkan pada gigi seri permanen, kemunculannya berkisar pada usia 6-8 tahun.

Fungsi Gigi Seri Manusia

Sesuai bentuknya yang tegak dan bertepi tajam, gigi seri berfungsi untuk memotong dan mengerat makanan. Posisi gigi seri juga berada pada bagian paling depan, sehingga umumnya merupakan gigi pertama yang digunakan untuk menggigit makanan.

Gigi seri juga ideal untuk mengunyah makanan yang berukuran besar, misalnya buah apel dan sejenisnya yang tidak mungkin diatasi oleh gigi geraham pada posisi belakang.

 

Merawat Gigi Seri Secara Benar

Sebagai bagian penting dari kesehatan tubuh, sudah sewajarnya setiap orang melakukan perawatan gigi secara benar. Termasuk dalam perawatan gigi seri sebagai rangkaian keseluruhan gigi, ingat untuk lakukan hal-hal berikut supaya gigi sehat dan kuat:

  • Menggosok gigi 2 kali sehari
  • Menggunakan pasta gigi yang berkualitas
  • Melakukan flossing atau membersihkan dengan benang gigi 1 ( min 1 kali sehari)
  • Konsumsi makanan yang bergizi dan seimbang
  • Menghindari asupan gula yang berlebihan

Selain kebiasaan merawat gigi yang benar, pastikan juga rutin mengunjungi dokter gigi minimal 1 kali setahun. Melalui pemeriksaan berkala, dokter bisa segera mendeteksi kerusakan gigi sebelum parah.

 

Pasta Gigi Berkualitas, Rahasia Gigi Kuat

Sebagai satu-satunya produk utama merawat gigi, pastikan selalu menggunakan pasta gigi berkualitas setiap saat. Telah hadir, Pepsodent Complete 8 Multi Protection yang siap melindungi kesehatan gigi dan mulut seluruh keluarga.

Pepsodent Complete 8 Multi Protection sendiri telah terbukti secara ilmiah ampuh dalam merawat kesehatan gigi, seperti mencegah gigi berlubang, menjaga kesehatan gusi, melindungi dari plak hingga 18 jam*, melindungi email gigi, merawat gigi sensitif, mengurangi pertumbuhan karang gigi, membuat gigi lebih putih, membuat nafas segar.

Ingat namanya, Pepsodent Complete 8 Multi Protection - pasta gigi paling ahli melindungi dan menjaga kesehatan mulut dan gigi kamu!

Bagikan ini