8 Makanan yang Cocok Untuk Orang Sakit Gigi

8 Makanan yang Cocok Untuk Orang Sakit Gigi

Sakit gigi merupakan salah satu gangguan kesehatan yang sering dianggap remeh. Padahal, sakit gigi berkepanjangan tentu terasa menyiksa bahkan membuatmu mudah emosi dan mengalami penurunan produktivitas. Selain melakukan perawatan intensif, sebaiknya kamu mengonsumsi makanan untuk sakit gigi selama beberapa hari agar kondisi gigi lekas membaik.

Beberapa jenis makanan untuk orang sakit gigi yang mudah dikonsumsi dan aman bagi kesehatan gigi, yaitu:

1. Sup Hangat

Mengonsumsi sup hangat dapat membantu mengurangi rasa nyeri pada gigi. Campuran sup berupa ayam dan sayuran bertekstur lembut membuatmu tidak sulit mengunyah. Kebutuhan gizi harian untuk tubuhmu tetap terpenuhi tanpa menyebabkan nyeri gigi bertambah parah.

2. Bubur

Selain sup, bubur juga merupakan makanan untuk orang sakit gigi yang paling tepat. Nyeri pada gigi yang sangat parah pasti membuatmu tidak bisa mengunyah makanan. Konsumsi bubur 3 kali sehari akan memenuhi kebutuhan gizi tanpa membebani gigi. Usahakan untuk menyantap bubur dengan campuran bahan bergizi seperti sayuran, ayam, telur, dan daging sapi supaya tubuhmu tetap mendapatkan asupan gizi seimbang.

3. Pure Buah

Buah yang dilembutkan (Purée) harus dikonsumsi ketika sakit gigi supaya tubuhmu memperoleh asupan serat, vitamin, dan mineral. Kamu bisa memilih buah yang memang bertekstur lembut, seperti pisang, melon, blewah, dan tomat. Hindari konsumsi buah yang terlalu asam karena zat asam berisiko memperparah sakit gigi.

4. Oatmeal

Makanan untuk sakit gigi yang juga bergizi dan tak boleh kamu lewatkan adalah oatmeal. Tekstur oatmeal menyerupai bubur nasi, tetapi proses pembuatannya lebih praktis. Bahkan, kini ada oatmeal yang tinggal diseduh air panas dan diaduk sebentar sebelum siap santap. Kandungan serat yang terdapat dalam oatmeal akan membuatmu kenyang lebih lama.

5. Telur

Bahan makanan yang satu ini juga baik untuk orang sakit gigi karena teksturnya lembut. Telur mengandung banyak protein, vitamin, mineral, dan omega 3 yang sangat dibutuhkan tubuh. Asupan gizi dalam telur juga penting untuk mempercepat penyembuhan radang penyebab sakit gigi. Kamu bisa berkreasi dengan aneka resep telur untuk menghasilkan hidangan yang menggugah selera.

6. Bubur Kacang Hijau

Saat kamu ingin ngemil tetapi terganggu dengan sakit gigi, bubur kacang hijau dapat menjadi alternatif camilan yang tepat. Bubur kacang hijau mengandung banyak protein, serat, dan vitamin E yang baik untuk tubuh. Kamu tak akan repot menyantap bubur kacang hijau dibandingkan olahan kacang lainnya karena teksturnya lembut.

7. Smoothie Bowl

Kudapan sehat lainnya yang praktis dan tepat sebagai makanan untuk orang sakit gigi adalah smoothie bowl. Biasanya smoothie bowl terdiri dari campuran smoothies buah, chia seed, dan potongan buah segar. Tak cuma menyegarkan, smoothie bowl juga mengenyangkan karena rasanya manis dan kaya serat.

8. Pasta

Jika kamu ingin menyantap makanan yang mengenyangkan tanpa repot mengunyah ketika sakit gigi, pasta juga merupakan pilihan terbaik. Pasta bisa direbus hingga teksturnya lembut sehingga tidak sulit dikunyah. Kandungan karbohidrat dalam pasta akan membuatmu kenyang lebih lama seperti makan nasi.

Makanan yang Harus Dihindari ketika Sakit Gigi

8 Makanan yang Cocok Untuk Orang Sakit Gigi

Sebaiknya kamu tidak mengonsumsi beberapa makanan pantangan sakit gigi ini supaya kondisi gigi berangsur-angsur membaik:

●     Es batu: kamu patut menghentikan kebiasaan mengunyah es batu yang keras karena dapat merusak gigi.

●     Makanan yang terlalu asam, panas, atau dingin: menyebabkan gigi semakin nyeri dan ngilu.

●     Soda: kandungan soda dalam minuman membuat mulut makin kering sehingga memicu perkembangbiakan bakteri perusak gigi.

●     Makanan yang mudah tertinggal pada sela-sela gigi: contohnya roti, permen, keripik kentang, dan buah kering.

Menyantap makanan yang cocok untuk sakit gigi harus dibarengi dengan perawatan gigi secara telaten. Supaya gigimu lekas sembuh Jangan malas menyikat gigi 2 kali sehari dengan pasta gigi Pepsodent Sensitive Mineral Expert Original supaya gigi bersih dan sehat. Pasta gigi Pepsodent ini mengandung zinc dan fluoride yang melindungi gigi dari plak akibat bakteri dan mencegah gigi berlubang.  Selain itu, pasta gigi yang satu ini juga diperkaya mineral HAP yang membantu memperbaiki enamel gigi dan meredakan ngilu akibat gigi sensitif.

Penggunaan pasta gigi Pepsodent Sensitive Mineral Expert Original secara teratur dapat membantu meredakan rasa ngilu pada gigi dalam 30 detik, namun jika sakit berlanjut kamu perlu mengunjungi dokter gigi untuk penanganan yang lebih menyeluruh. Kondisi mulut yang bersih dan sehat tanpa nyeri gigi akan membuatmu nyaman beraktivitas dan bebas menyantap makanan yang kamu sukai

Bagikan ini