Alt text to fill

Memahami Pentingnya Kalsium untuk Kesehatan Gigi

Kalsium adalah salah satu mineral yang memiliki fungsi penting untuk tubuh. Maka karena itu, mencukupi kebutuhan mineral ini menjadi sebuah keharusan agar berbagai fungsi di tubuh bisa berjalan secara optimal dan terhindar dari penyakit. Dilansir dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, mineral satu ini menyumbang sekitar 2% dari keseluruhan berat tubuh. Tidak heran, jika asupan kalsium harian harus diperhatikan agar tubuh Anda tidak mengalami kekurangan. Idealnya, asupan harian mineral ini yang direkomendasikan berkisar antara 200-1.000 mg per hari. Asupan ini bisa berubah tergantung dari usia dan kondisi kesehatan.

Apa Fungsi Kalsium bagi Tubuh?

Seperti yang kita ketahui bersama, tubuh tidak bisa memproduksi kalsium sendiri. Mineral satu ini baru bisa peroleh dari asupan makanan yang Anda konsumsi sehari-hari. Nantinya, kalsium yang ada di makanan akan diserap dan dimanfaatkan oleh tubuh untuk menjalankan berbagai fungsi penting. Di bawah ini adalah sejumlah manfaat dan fungsi kalsium di dalam tubuh yang perlu kamu ketahui:

 

Menjaga Kerja Jantung

Kalsium di dalam darah memiliki fungsi penting dalam mengatur ritme dan detak jantung. Oleh karena itu, dengan mencukupi kebutuhan mineral ini, Anda telah membantu menjaga kesehatan jantung sendiri.

 

Mendukung Kerja Sistem Saraf

Tidak hanya menjaga kerja jantung, kalsium juga memiliki fungsi dalam mendukung proses pengiriman sinyal dari otak menuju ke organ tubuh. Di samping itu, mineral ini pun berperan dalam menenangkan sistem saraf dan mengurangi rasa sakit.

 

Membantu Kontraksi Otot

Fungsi kalsium yang tidak kalah penting adalah membantu kontraksi otot. Ketika saraf merangsang otot untuk berkontraksi, mineral ini akan dilepaskan untuk membantu hal tersebut terjadi. Begitupun sebaliknya, saat saraf merangsang otot untuk kembali rileks, maka mineral ini akan dipompa keluar dari otot.

 

Membantu Proses Pembekuan Darah

Fungsi kalsium berikutnya adalah membantu proses pembekuan darah. Ya, mineral ini menjadi salah satu dari 13 komponen yang bertanggung jawab dalam proses pembekuan darah.

 

Mendukung Pembentukan Tulang dan Gigi

Fungsi utama dari kalsium sebenarnya adalah mendukung pembentukan tulang dan gigi agar tetap kuat. Bahkan dari jumlah kalsium yang ada di tubuh, sekitar 99%-nya tersimpan di tulang dan gigi. Di gigi sendiri, mineral ini dibutuhkan untuk membentuk jaringan pada gigi seperti enamel (email), dentin, dan juga sementum gigi. Apabila Anda tidak mendapatkan asupan yang memadai, maka pembentukan jaringan tersebut pun akan ikut terganggu.

 

Akibatnya, Anda akan lebih mudah untuk mengalami masalah pada gigi, misalnya saja kerusakan gigi (karies gigi). Selain untuk membentuk jaringan gigi, mineral ini juga berperan dalam merawat dan memelihara kesehatan gigi. Untuk itu, penting untuk memastikan bahwa Anda tidak kekurangan kalsium.

 

Beragam Sumber Kalsium

Mineral ini dapat diperoleh dari beragam makanan dan suplemen. Berikut adalah sumber kalsium yang bisa Anda dapatkan dari makanan, seperti:

  • Produk olahan susu, misalnya susu, keju, dan yoghurt.
  • Sayuran hijau, misalnya bayam, sawi hijau, brokoli, kangkung, bok choy, dan okra.
  • Makanan laut, misalnya ikan sarden dan tongkol.
  • Kacang-kacangan, misalnya kacang tanah, kacang kedelai, dan kacang almond.
  • Biji-bijian, misalnya biji wijen dan biji chia.

 

Selain didapatkan dari makanan, mineral ini juga bisa Anda peroleh dari suplemen. Namun, penggunaan suplemen akan diberikan pada mereka yang sudah terindikasi kekurangan kalsium dan berisiko terkena osteoporosis.

 

Untuk mendukung mineral kalsium dalam memperkuat gigi, Anda bisa menggunakan pasta gigi Pepsodent Complete 8 Multi Protection untuk menjaga kesehatan mulut Anda dan keluarga secara keseluruhan dengan kandungan zinc mineral untuk menjaga kesehatan gusi dan telah teruji secara klinis untuk memberikan perlindungan dari pertumbuhan plak selama 18 jam*, serta dapat membersihkan 99% bakteri gigi, gusi, lidah, dan pipi.

 

* Berdasarkan studi in-vivo dengan pemakaian teratur selama 1 minggu

Bagikan ini