Alt text to fill

5 Tips Menu Sahur Sehat untuk Tubuh Kuat Selama Puasa

Selama menjalani puasa Ramadan, pemilihan menu makan sahur menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Mengonsumsi makanan yang tepat saat sahur membuat tubuh tidak mudah merasa lapar dan lemas saat menjalankan ibadah tersebut. Oleh karena itu, penting bagimu untuk tahu strategi yang tepat dalam menyusun menu makan sahur yang sehat agar kamu bisa lebih maksimal menjalani puasa Ramadan.

 

Tips Menu Sahur Sehat untuk Mendukung Tubuh Kuat Selama Puasa

Di bawah ini adalah beberapa tips yang perlu diketahui dalam pemilihan menu makan sahur yang sehat agar tubuh tetap kuat dan prima selama menjalani puasa Ramadan.

1. Perhatikan asupan serat dan cairan

Sudah banyak yang membuktikan bahwa mengonsumsi makanan yang mengandung serat bisa memberi efek kenyang lebih lama. Ini bisa terjadi karena serat membutuhkan waktu yang cukup lama untuk dicerna oleh sistem pencernaan. Sehingga, kamu pun tidak akan cepat merasa lapar usai mengonsumsi makanan yang mengandung serat ketika sahur.

Selain mengonsumsi makanan yang mengandung serat, kamu juga harus mencukupi asupan ketika sahur. Satu gelas saat bngun sahur, dan satu gelas lagi setelah makan sahur. Penting diketahui, cairan yang kamu konsumsi tidak harus melulu air putih, tetapi bisa juga diganti dengan jus buah atau sejenisnya.

 

2. Konsumsi lemak dan karbohidrat kompleks

Bila dikonsumsi dengan takaran yang tepat, lemak juga bisa memberi efek kenyang yang lebih lama. Tapi ingat, tak semua lemak aman untuk dikonsumsi. Hanya lemak sehat alias lemak tak jenuh yang aman untuk kamu konsumsi. Kamu pun bisa mendapatkan asupan lemak sehat ini dari makanan dan minuman ini, di antaranya susu, yoghurt, alpukat, dan minyak ikan.

Sertakan juga karbohidrat kompleks ke dalam menu makan sahur kamu. Karbohidrat kompleks tidak hanya memberi rasa kenyang yang lebih lama, tapi juga energi tubuh.

 

3. Penuhi asupan protein

Selain membuat kenyang lebih lama, mengonsumsi makanan yang tinggi protein juga akan mendapatkan cadangan energi yang memadai. Dengan cadangan energi itu, kamu pun tidak akan cepat merasa lemas atau lesu saat menjalani ibadah puasa. Perlu dipahami, kekurangan asupan protein merupakan penyebab utama tubuh mudah merasa lemas dan lesu.

 

4. Hindari junk food

Tips lain agar kuat berpuasa seharian adalah dengan menghindari makanan junk food ketika sahur. Hal ini karena junk food mengandung kadar garam tinggi yang bisa mengganggu keseimbangan natrium di dalam tubuh. Ketidakseimbangan natrium yang terjadi pada akhirnya akan membuat kamu mudah merasa haus ketika menjalani ibadah puasa.

 

5. Utamakan kualitas, bukan kuantitas

Mengonsumsi banyak makanan ketika sahur memang tidak ada salahnya. Sebab, setelah waktu imsak tiba, kamu tidak akan mengonsumsi makanan dan minuman selama kurang lebih 13 jam. Namun, alangkah baiknya kamu tidak hanya memperhatikan porsinya, tapi juga kualitas menu sahur yang kamu konsumsi. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, menu makan sahur yang sehat harus mencakup serat, karbohidrat kompleks, protein, dan lemak sehat.

 

Hal yang Harus Dilakukan Setelah Makan Sahur

Setelah mengetahui tips menu makan sahur yang sehat agar kuat berpuasa seharian, kini saatnya kamu perlu tahu hal yang harus dilakukan setelahnya. Apalagi kalau bukan menyikat gigi? Banyak orang yang menganggap sikat gigi setelah sahur sebagai kegiatan sepele dan lebih memilih tidur daripada melakukannya. Padahal, absen menyikat gigi setelah sahur, sama saja seperti tidak sikat gigi saat malam hari, yang mana penting untuk dilakukan karena bakteri menjadi lebih aktif saat kita tidur. Selain itu, tidak menyikat gigi setelah sahur juga menyebabkan menurunnya kemampuan efek self-cleansing gigi. Inilah mengapa sangat penting untuk sikat gigi setelah sahur.

Tidak menyikat gigi saat sahur juga akan menyebabkan sisa makanan sahur menumpuk dan hal ini akan dimanfaatkan oleh bakteri untuk membentuk plak dan zat asam penyebab erosi gigi. Bukan hanya itu, bakteri tersebut juga akan menyebabkan bau mulut menjadi tidak sedap, apalagi selama bulan puasa saat kita tidak dapat makan atau minum.

Inilah mengapa menyikat gigi setelah sahur bisa membuat mulut terasa lebih segar selama berpuasa. Apalagi, jika kamu menggunakan pasta gigi yang dapat memberikan manfaat-manfaat tersebut, seperti Pepsodent Herbal. untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, lengkapi juga dengan berkumur dan memperbanyak minum air putih saat sahur & berbuka puasa.

Bagikan ini

AddThis is disabled because of cookie consent