Mengapa Gigi Terasa Ngilu Saat Memakan Makanan Dingin?

Cara Atasi Gigi Ngilu Saat Makan dan Minum yang Dingin

Gigi ngilu merupakan masalah yang lazim dialami oleh siapa saja. Bahkan orang yang tidak memiliki masalah gigi sensitif pun terkadang bisa mengalaminya. Namun jika gigi ngilu saat minum air putih saja, jelas ada yang salah dengan kondisi gigi. Jika kamu mengalaminya, bisa jadi kamu memiliki masalah gigi sensitif.

Gigi ngilu saat mengonsumsi makanan, minuman atau muncul spontan tanpa pemicu  bisa disebabkan oleh beberapa hal. Misalnya saja karena gusi turun, erosi pada enamel gigi, gigi berlubang, radang gusi hingga gigi sensitif. Tentu saja, apapun penyebabnya, gigi ngilu saat minum air dingin jelas bisa sangat mengganggu. Untuk mengatasi masalah gigi ngilu minum air dingin, berikut beberapa cara yang bisa kamu coba.

1. Rutin Membersihkan Gigi

Jangan pernah anggap remeh urusan membersihkan gigi. Meski terlihat sepele, kebersihan gigi bisa mempengaruhi kesehatan gigi. Sisa-sisa makanan yang tidak dibersihkan bisa memicu plak hingga karang gigi. Tidak hanya itu, kotoran yang menempel juga bisa menyebabkan gigi berlubang.

Menggosok gigi harus dilakukan secara rutin minimal dua kali sehari. Gosok gigi di pagi hari sebelum mulai melakukan aktivitas dan di malam hari sebelum tidur. Tentu saja, akan lebih baik lagi jika kamu juga membersihkan sela-sela gigi dengan benang  gigi (dental floss).

2. Hindari Makanan dan Minuman yang Asam

Pernahkah kamu merasa ngilu saat makan makanan asam? Kandungan asam dalam makanan atau minuman memang bisa menyebabkan rasa ngilu. Ini terjadi akibat terkikisnya enamel gigi.

Jika enamel gigi terkikis, lapisan yang melindungi dentin dan saraf-saraf gigi akan terbuka. Akibatnya, gigi terasa ngilu saat mengonsumsi makanan atau minuman dingin. Bahkan jika masalahnya sudah cukup serius, minum air putih saja terkadang bisa terasa ngilu.

Makanan dan minuman asam sebaiknya dihindari. Minimal, kurangi konsumsi makanan atau minuman seperti ini. Dengan cara ini, kamu bisa terhindar dari gigi ngilu. Bahkan meski memiliki masalah gigi sensitif sekalipun, kebiasaan menghindari makanan dan minuman asam masih sangat membantu.

3. Gosok Gigi dengan Sikat Gigi Berbulu Halus

Gigi ngilu umumnya disebabkan karena lapisan enamel yang menipis. Hal seperti ini bisa terjadi akibat kebiasaan menggosok gigi terlalu keras. Penggunaan sikat gigi yang terlalu kaku juga turut berkontribusi di sini.

Untuk mencegah dan membantu mengurangi rasa ngilu, gosoklah gigi dengan sikat gigi berbulu halus. Bulu sikat yang halus tidak akan banyak mengikis  lapisan enamel gigi. Namun tentu saja, pastikan kamu juga menggosok gigi dengan cara yang lembut.

4. Gunakan Pasta Gigi untuk Gigi Sensitif

Masalah gigi sensitif tidak bisa diatasi dengan pasta gigi biasa. Kamu butuh pasta gigi khusus yang memang dirancang untuk membantu mengatasi masalah gigi sensitif.

Pasta gigi untuk gigi sensitif mengandung beberapa kandungan yang dapat memperkuat gigi dan mengurangi gigi ngilu. Misalnya saja seperti Zinc, Fluoride dan mineral HAP. Kandungan inilah yang membantu melindungi gigi dari masalah yang berpotensi menyebabkan masalah gigi sensitif, seperti plak dan bakteri penyebab gigi berlubang.

Masalah gigi sensitif kini semakin mudah teratasi. Pasta Gigi Sensitive Mineral Expert by Pepsodent Relief & Protect variant Original merupakan pasta gigi yang khusus diformulasikan untuk penderita gigi sensitif. Kandungan Zinc, Fluoride dan mineral HAP akan membantu mengurangi rasa ngilu di gigi dalam 30 detik*. Selain membantu mengatasi rasa ngilu di gigi dan masalah gusi, Pasta Gigi Sensitive Mineral Expert by Pepsodent Relief & Protect variant Original juga dapat melindungi gigi dari plak dan bakteri penyebab gigi berlubang.

*Dengan pemakaian teratur sesuai petunjuk penggunaan

 Artikel telah ditinjau oleh drg.Fatimah Rahmatya Gita Isjwara

Referensi:

  • https://www.sehatq.com/artikel/cara-ampuh-atasi-gigi-ngilu-saat-makan#:~:text=5.-,Gigi%20sensitif,sensitif%20terhadap%20rangsangan%20rasa%20nyeri. 

  • https://hellosehat.com/gigi-mulut/gigi/kenapa-gigi-ngilu-saat-makan-minum-dingin/ 

  • https://hellosehat.com/gigi-mulut/penyebab-gigi-ngilu-sensitif/