Mengapa Gigi Terasa Ngilu Saat Memakan Makanan Dingin?

Benarkah Minuman Dingin Bisa Sebabkan Gigi Ngilu dan Sensitif?

Minum air dingin saat cuaca panas memang sangat menyenangkan karena ampuh melepas dahaga sekaligus memberikan sensasi menyegarkan. Sayangnya, kesenangan sederhana itu bisa hilang seketika bila gigi ngilu saat minum air dingin. Jika masalah tersebut tidak lekas diatasi, kondisi ngilu akan bertambah parah bahkan bisa saja gigi ngilu saat minum air biasa. 

Gigi ngilu saat minum dingin mengindikasikan bahwa sensitivitasnya meningkat. Ada gangguan gigi sehingga keadaannya jadi lebih sensitif ketika terkena rangsangan berupa perubahan suhu. Jangan remehkan hal tersebut dan lekaslah mencari tahu penyebab serta cara mengatasinya. 

Apakah Air Dingin adalah Penyebab Gigi Ngilu? 

Air dingin bukan biang keladi penyebab gigi ngilu bila kondisi gigi Anda sehat. Suhu dingin pada air yang Anda minum hanya pemicu yang memunculkan nyeri pada gigi sensitif. Sensitivitas gigi rentan meningkat ketika kondisinya mengalami pengikisan enamel, berlubang, retak, atau patah.  

Hal tersebut memunculkan rasa ngilu secara tiba-tiba sewaktu minum air dingin sampai mengganggu kenyamanan. Oleh sebab itu, gangguan kesehatan gigi sekecil apa pun wajib mendapatkan penanganan intensif supaya tidak membuat gigi jadi sensitif. Jangan sampai Anda merasakan pengalaman yang lebih menyiksa karena gigi ngilu saat minum air biasa. 

Proses Terjadinya Gigi Ngilu saat Minum Air Dingin 

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Science Advances berhasil mengungkapkan fakta tentang penyebab gigi ngilu saat mengonsumsi air dingin.  

Gigi terdiri dari tiga lapisan, yaitu email, dentin, dan pulpa. Di antara dentin dan pulpa terdapat barisan sel yang memanjang ke lapisan dentin bernama odontoblast. Selain memproduksi dentin, di dalam odontoblas juga ditemukan molekul protein bernama Transient Receptor Potential Canonical Protein (TRPC5), yang sensitif terhadap suhu yang dingin.  

Ketika lapisan paling luar gigi, yaitu enamel, tidak lagi utuh akibat terkikis, berlubang, retak, atau patah, paparan dingin akan langsung berhadapan dengan dentin. Ketika hal ini terjadi, TRCP5 akan merangsang ujung saraf gigi dan menghasilkan reaksi nyeri.  

Cara Mengatasi Gigi Ngilu saat Minum Air dingin 

Gigi ngilu saat minum air dingin dapat diatasi dengan melakukan beberapa hal berikut ini: 

  • Menggunakan pasta gigi khusus gigi sensitif: kehadiran produk pasta gigi khusus kini dapat membantu Anda meringankan masalah gigi ngilu yang mengganggu. Kini, ada Pasta Gigi Pepsodent Sensitive Mineral Expert Sensitivity Treatment yang diformulasikan khusus untuk meredakan gigi ngilu. Produk unggulan Pepsodent ini mengandung Active Remin ComplexTM yang dapat membantu perbaiki gigi sensitif dengan membentuk lapisan mineral alami gigi untuk meredakan ngilu tepat pada sumbernya. Anda bisa merasakan manfaat perbaikan 100% area gigi sensitif* jika membersihkan gigi dengan Pasta Gigi Pepsodent Sensitive Mineral Expert Sensitivity Treatment secara rutin. 

  • Menambal atau memperbaiki gigi yang rusak: kalau rasa ngilu terjadi akibat kondisi gigi yang berlubang, patah, atau retak, maka Anda patut segera memperbaiki masalah gigi tersebut. Lakukan konsultasi dengan dokter untuk menjadwalkan tindakan penambalan atau perbaikan gigi yang rusak. Bila kerusakan gigi sudah ditangani, niscaya rasa ngilu yang mengganggu tak akan muncul lagi. 

  • Menjalani perawatan saluran akar gigi: ngilu yang tak kunjung hilang setelah kerusakan gigi diatasi menunjukkan terjadinya peradangan atau infeksi pulpa. Gangguan kesehatan gigi tersebut wajib diatasi dengan melakukan perawatan saluran akar gigi. Kerusakan pulpa yang tidak memperoleh penanganan serius rentan mengakibatkan pembusukan bahkan abses gigi. 

  • Melakukan perawatan gel fluorida: dokter gigi juga kerap merekomendasikan tindakan perawatan gel fluorida untuk mengatasi gigi ngilu yang disebabkan pengikisan enamel. Anda akan diwajibkan menggunakan beberapa produk perawatan gigi yang mengandung fluorida, seperti gel topikal yang harus dioleskan pada permukaan gigi, pasta gigi, serta obat kumur (mouthwash). 

  • Membatasi konsumsi makanan dan minuman asam: makanan dan minuman yang asam ternyata dapat menyebabkan lapisan enamel gigi melemah. Konsumsi jenis makanan dan minuman tersebut harus dibatasi kalau gigi Anda sensitif dan sering terasa ngilu. Namun, jangan langsung menyikat gigi setelah mengonsumsi makanan dan minuman asam sebab hal tersebut membuat risiko pengikisan enamel makin besar. 

  • Mengatasi kebiasaan menggemeretakkan gigi ketika tidur: masih banyak orang yang tidak tahu bahwa dirinya menggertakkan gigi secara tidak sadar ketika sedang tidur. Gangguan psikologis yang disebut bruxism ini tentu rentan menyebabkan kerusakan enamel gigi bila terjadi terus-menerus. Anda harus bertanya kepada anggota keluarga untuk mengidentifikasi apakah Anda memiliki kecenderungan bruxism atau tidak. Kalau Anda terindikasi mengalami bruxism, dokter gigi akan menganjurkan penggunaan pelindung gigi (mouth guard) sewaktu tidur untuk mengurangi risiko pengikisan gigi. 

  • Membersihkan gigi dengan sikat gigi bertekstur lembut: penggunaan sikat gigi bertekstur kasar berisiko memperparah kerusakan enamel gigi dan membuat masalah gigi ngilu makin mengganggu. Namun, Anda dapat mengatasinya dengan menggunakan sikat gigi khusus gigi sensitif seperti Sikat Gigi Pepsodent Nanosoft Sensitive Soft. Berbeda dengan sikat gigi biasa, sikat gigi Pepsodent ini didesain untuk gigi sensitif dan 20x lebih lembut**. Bulu sikatnya yang tipis dapat membersihkan gigi secara menyeluruh dan efektif menghilangkan 4 lapis plak gigi. Selain itu, Sikat Gigi Pepsodent Nanosoft Sensitive Soft juga dibekali leher sikat tiga sudut yang dapat membantu menjangkau dan membersihkan bagian mulut terdalam. 

  

Sekarang, bukan waktunya lagi untuk gentar menghadapi gigi ngilu saat minum air dingin. Tuntaskan masalah penyebab gigi ngilu supaya Anda selalu nyaman dan percaya diri dengan kondisi gigi yang sehat. 

Punya masalah gigi ngilu dan sensitif? Konsultasikan bersama Pepsodent! Pepsodent menyediakan konsultasi kesehatan gigi dan mulut GRATIS via ponsel. Tanyakan semua hal mengenai kesehatan gigi dan mulut pada dokter gigi melalui layanan konsultasi gratis kami dengan klik link berikut ini: http://bit.ly/Teledentistry-2023

Anda dapat memilih berkonsultasi langsung dengan Dokter Gigi saat online hour (08.00-21.00 WIB) atau dapatkan informasi kesehatan gigi dan mulut yang telah direkomendasikan oleh PDGI saat offline hour (21.00 – 08.00 WIB). 

 

*berdasarkan studi in-vitro 
**dibanding dengan sikat gigi Pepsodent lainnya 

Artikel telah ditinjau oleh drg. Nanditha Puspadewi 

  

Referensi: 

  • alodokter.com/komunitas/topic/obat-untuk-mengatasi-gigi-ngilu-saat-minum-air-dingin-dan  
  • cnnindonesia.com/gaya-hidup/20210329074340-260-623204/peneliti-ungkap-penyebab-gigi-ngilu-setelah-minum-es 
  • halodoc.com/artikel/alasan-air-dingin-bisa-buat-gigi-ngilu  
  • halodoc.com/kesehatan/perawatan-saluran-akar-gigi 
  • hellosehat.com/gigi-mulut/gigi/kenapa-gigi-ngilu-saat-makan-minum-dingin/ 
  • health.kompas.com/read/2021/06/18/060100168/7-cara-mengatasi-gigi-ngilu-yang-terasa-mengganggu?page=all 
  • mediaindonesia.com/weekend/395880/inilah-sebab-gigi-menjadi-sensitif