pasta gigi untuk gigi ngilu dan berlubang

Cara Memilih Pasta Gigi yang Cocok Untuk Gigi Ngilu

Masalah gigi harus lekas diatasi secara intensif agar tidak mengganggu kenyamanan dan rasa percaya dirimu saat beraktivitas. Salah satu gangguan kesehatan gigi yang sering terjadi dan sangat mengganggu adalah gigi ngilu. Selain menggunakan pasta gigi untuk gigi sensitif, kamu juga harus mengenali penyebab gigi ngilu secara cermat agar dapat mengatasinya dengan cara yang tepat.

 

Berbagai Penyebab Gigi Ngilu

Beberapa hal yang dapat menyebabkan gigi ngilu, yaitu:

  • Gigi sensitif: disebabkan oleh penipisan lapisan pelindung gigi (enamel). Sehingga dentin gigi yang terdiri dari banyak saraf mudah bereaksi akibat rangsangan tertentu, misalnya makanan dan minuman yang terlalu panas, dingin, atau asam. Gangguan ini bisa diatasi dengan menyikat gigi menggunakan pasta gigi untuk gigi sensitif. Ia juga dapat disebabkan oleh dentin yang terekspos karena gusi yang menurun.
  • Gigi berlubang: gangguan kesehatan gigi yang satu ini disebabkan oleh sisa-sisa makanan yang menempel pada gigi dan memicu bakteri perusak gigi.
  • Gigi retak: keretakan gigi dapat disebabkan oleh makanan yang terlalu keras, benturan, atau pukulan.
  • Tambalan gigi rusak: kerusakan tambalan gigi membuat akar gigi gampang terpapar rangsangan tertentu yang menyebabkan ngilu.
  • Gangguan pada gusi, yang disebabkan periodontitis (radang gusi), karang gigi, dan kebiasaan merokok atau mengonsumsi alkohol.
  • Abses periapikal: penumpukan nanah di pangkal gigi akibat infeksi bakteri.

Perbedaan Ngilu Akibat Gigi Sensitif dan Gigi Berlubang

Sekilas, gigi sensitif dan gigi berlubang menyebabkan rasa ngilu yang sama. Namun, sebenarnya ada perbedaan mendasar antara kedua penyebab ngilu tersebut. Ngilu akibat gigi sensitif terjadi pada hampir seluruh bagian gigi dengan sifat yang ringan dan sementara. Sedangkan ngilu akibat gigi berlubang hanya terasa pada bagian gigi yang mengalami kerusakan. Sensasi ngilu yang timbul cenderung lebih tajam, tergantung dari tingkat kerusakan gigi. Biasanya rasa ngilu tersebut akan semakin parah ketika kamu mengunyah makanan.

 

Tips Memilih Pasta Gigi untuk Gigi Ngilu

pasta gigi untuk gigi ngilu dan berlubang

Jangan biarkan masalah gigi ngilu mengganggu kenyamananmu saat makan atau melakukan aktivitas lainnya. Ngilu yang timbul akibat kerusakan gigi (berlubang, retak, atau tambalan gigi rusak) dapat diatasi dengan berkonsultasi ke dokter gigi. Sementara itu, ngilu akibat gigi sensitif bisa diatasi dengan menggunakan pasta gigi yang tepat. Kamu harus memperhatikan beberapa hal ini ketika memilih pasta gigi untuk gigi ngilu:

  • Mengandung kalium sitrat: kalium sitrat yang terdapat dalam pasta gigi dapat membantu meredakan ngilu pada gigi dalam waktu 30 detik saja. Ion kalium dapat memblokir sinaps antara sel-sel saraf sehingga mengurangi nyeri pada gigi.
  • Diperkaya kandungan fluoride: fluoride dalam pasta gigi juga bermanfaat untuk memperkuat enamel gigi sekaligus mengurangi rasa nyeri saat makan dan minum. Selain itu, fluoride juga dapat mencegah perkembangbiakan bakteri perusak gigi yang rentan menyebabkan gigi berlubang dan infeksi gigi.

Kamu tak perlu bingung memilih pasta gigi untuk gigi ngilu dan berlubang karena sekarang ada Pepsodent Sensitive Mineral Expert Sensitivity Treatment. Pasta gigi Pepsodent yang satu ini diformulasikan khusus untuk mengatasi gigi ngilu dengan kandungan Active Remin ComplexTM.

Penggunaan Pepsodent Sensitive Mineral Expert Sensitivity Treatment secara teratur membantu memperbaiki gigi sensitif dengan membentuk lapisan mineral alami gigi untuk meredakan gigi ngilu tepat pada sumbernya. Mulut sehat dan segar dengan Pepsodent Sensitive Mineral Expert Sensitivity Treatment, cegah ngilu datang kembali.