Mengapa Gigi Terasa Ngilu Saat Memakan Makanan Dingin?

Gigi Bawah Ngilu Tiba-tiba? Jangan Abaikan Penyebabnya!

Ngilu pada gigi bawah adalah sensasi nyeri yang terasa tajam pada gigi yang terletak di rahang bawah. Biasanya gigi bawah ngilu terjadi secara mendadak. Ada ngilu yang cepat hilang, tetapi ada pula yang bertahan lebih lama sehingga sangat mengganggu. Masalah kesehatan gigi ini rentan terjadi bila enamel gigi terkikis. Akibatnya, lapisan dentin yang terdiri dari jutaan saraf pada bagian dalam gigi lebih mudah terpapar rangsangan yang memunculkan rasa ngilu. 

Penyebab Gigi Bawah Ngilu yang Patut Anda Ketahui 

Kerusakan enamel gigi yang membuat gigi bawah ngilu dapat disebabkan oleh beberapa hal berikut ini: 

  • Proses demineralisasi: Gigi mengalami tahapan kehilangan mineral seiring bertambahnya usia sehingga pengikisan enamel semakin parah. Itulah sebabnya masalah gigi bawah ngilu kerap dialami orang dewasa dan lansia. 

  • Karies gigi: karies adalah kerusakan lapisan struktur gigi secara bertahap yang disebabkan bakteri Streptococcus mutans. Pada umumnya, karies bermula dari plak yang melekat di gigi dan tidak dibersihkan sampai tuntas. Selain membuat gigi jadi kusam dan napas berbau tak sedap, karies juga rentan merusak enamel sampai gigi rentan ngilu karena sensitivitasnya meningkat. 

  • Konsumsi makanan dan minuman bersuhu ekstrem: makanan dan minuman yang suhunya terlalu panas atau terlalu dingin berisiko mengakibatkan kerusakan enamel. Jika hal ini terjadi terus-menerus, dentin gigi jadi terbuka dan membuat gigi terasa ngilu. 

  • Resesi gusi: istilah ini digunakan untuk menggambarkan posisi gusi yang berubah sehingga akar gigi terekspos. Bila resesi gusi terjadi pada gigi bawah, posisi gusi akan turun dan gigi menjadi lebih sensitif terhadap rangsangan. 

  • Abses gusi: penumpukan nanah pada pangkal gigi dikenal dengan istilah abses gusi. Selain menimbulkan rasa nyeri dan pembengkakan pada gusi, abses juga mengakibatkan tekanan berlebih pada gigi yang berujung pada rasa ngilu. Masalah ini sebenarnya jarang terjadi bila abses gusi lekas ditangani secara intensif.  

  • Gigi retak atau patah: benturan akibat kecelakaan, konsumsi makanan bertekstur keras, dan kebiasaan menggertakkan gigi (bruxism) akan menyebabkan gigi retak dan patah. Kondisi gigi yang retak atau patah menyebabkan dentin terbuka sehingga lebih rentan ngilu. 

Wajib Tahu! Cara Mengatasi Gigi Bawah Ngilu 

Gigi bawah ngilu memang menjengkelkan karena sangat mengganggu kenyamanan. Namun, Anda jangan putus asa dulu sebab gangguan ngilu tersebut bisa diatasi dengan melakukan beberapa cara, yaitu: 

  • Menyikat gigi dengan pasta gigi khusus gigi sensitif: gigi ngilu yang terjadi akibat demineralisasi memang tak bisa diatasi. Namun, Anda bisa melakukan upaya pencegahan untuk memperlambat laju demineralisasi. Salah satunya yaitu menyikat gigi secara teratur dengan pasta gigi khusus gigi sensitif. Pasta Gigi Pepsodent Sensitive Mineral Expert Sensitivity Treatment dapat membantu Anda mengatasi masalah gigi bawah ngilu. Dengan menyikat gigi teratur menggunakan Pepsodent Sensitive Mineral Expert, rasa ngilu pada gigi bisa mereda. Varian produk Pepsodent ini mengandung Active Remin ComplexTM yang dapat membantu perbaiki gigi sensitif dengan membentuk lapisan mineral alami gigi untuk meredakan ngilu tepat pada sumbernya. Penggunaan Pasta Gigi Pepsodent Sensitive Mineral Expert Sensitivity Treatment secara rutin terbukti efektif memperbaiki 100% area gigi sensitif*. 

  • Menambal gigi yang patah atau retak: rasa ngilu yang disebabkan gigi patah atau retak akan hilang bila Anda melakukan penambalan pada gigi tersebut. Proses penambalanakan menutup lapisan dentin yang terbuka sehingga rangsangan dari luar tidak cepat menimbulkan rasa ngilu. 

  • Memasang mahkota gigi: Cara mengatasi gigi bawah ngilu yang satu ini hanya dapat dilakukan berdasarkan rekomendasi dokter. Biasanya dokter gigi menganjurkan penggunaan mahkota gigi untuk menangani kerusakan gigi yang mencapai 50%. Penggunaan mahkota gigi terbilang lebih kuat dan tahan lama untuk jangka panjang dibandingkan penambalan gigi.  

  • Melakukan perawatan saluran akar: ngilu yang tidak kunjung reda setelah gigi ditambal menunjukkan bahwa jaringan pulpa dalam gigi mengalami infeksi. Masalah ini bisa ditanggulangi dengan melakukan perawatan saluran akar secara rutin untuk menyembuhkan infeksi. 

  • Mengatasi masalah gusi sampai tuntas: gangguan kesehatan gigi juga berkaitan erat dengan masalah pada gusi. Oleh karena itu, Anda harus mengatasi masalah resesi atau abses gusi sampai tuntas supaya ngilu pada gigi berangsur-angsur hilang. 

  • Menyantap makanan dan minuman pada suhu ruang: makanan dan minuman yang panas atau dingin memang nikmat dikonsumsi pada saat tertentu. Kendati demikian, kebiasaan menyantap makanan dan minuman bersuhu ekstrem berisiko merusak enamel sehingga ngilu gigi semakin parah. Alangkah lebih baik bila Anda membiasakan diri menyantap makanan dan minuman bersuhu ruang agar tidak memicu ngilu yang mengganggu. 

Jangan takut menyikat gigi bila rasa ngilu terus-menerus muncul. Anda bisa mengandalkan Sikat Gigi Pepsodent Nanosoft Sensitive Soft yang diformulasikan khusus untuk gigi sensitif. Berbeda dengan sikat gigi biasa, sikat gigi Pepsodent ini didesain untuk gigi sensitif dan 20x lebih lembut**. Bulu sikatnya yang tipis dapat membersihkan gigi secara menyeluruh dan efektif menghilangkan 4 lapis plak gigi. Selain itu, leher sikat tiga sudut pada Sikat Gigi Pepsodent Nanosoft Sensitive Soft juga dapat membantu menjangkau dan membersihkan bagian mulut terdalam. 

Setelah mengetahui penyebab gigi bawah ngilu dan cara mengatasinya, niscaya Anda bisa melakukan tindakan terbaik untuk mengembalikan kesehatan gigi seperti semula. Beraktivitas dengan gigi sehat bebas ngilu tentu sangat menyenangkan. 

Punya masalah gigi ngilu? Konsultasikan bersama Pepsodent. Pepsodent menyediakan konsultasi kesehatan gigi dan mulut GRATIS via ponsel. Tanyakan semua hal mengenai kesehatan gigi dan mulut pada dokter gigi melalui layanan konsultasi gratis kami dengan klik link berikut ini: http://bit.ly/Teledentistry-2023

Anda dapat memilih berkonsultasi langsung dengan Dokter Gigi saat online hour (08.00-21.00 WIB) atau dapatkan informasi kesehatan gigi dan mulut yang telah direkomendasikan oleh PDGI saat offline hour (21.00 – 08.00 WIB). 

*berdasarkan studi in-vitro 

**dibanding dengan sikat gigi Pepsodent lainnya 

Artikel telah ditinjau oleh drg. Nanditha Puspadewi 

  

Referensi: 

  • alodokter.com/cara-jitu-menangani-gigi-ngilu  
  • halodoc.com/artikel/gigi-ngilu-kenali-penyebab-dan-cara-mengatasinya  
  • healthline.com/health/sensitive-teeth 
  • klikdokter.com/info-sehat/gigi-mulut/tiba-tiba-gigi-terasa-ngilu-apa-penyebabnya  
  • mayoclinic.org/healthy-lifestyle/adult-health/expert-answers/sensitive-teeth/faq-20057854 
  • mouthhealthy.org/en/az-topics/s/sensitive-teeth