Alt text to fill

Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Gigi Palsu

Memiliki dan menggunakan gigi palsu sudah menjadi hal yang umum di masyarakat terutama bagi yang mengalami gigi tanggal. Selain untuk mengembalikan fungsi mulut seperti sedia kala, penggunaan gigi palsu akan membangkitkan rasa percaya diri yang tanggal bersama gigi aslinya. Penggunaan gigi palsu yang sudah menjadi hal umum tidaklah cukup. Memiliki pengetahuan untuk merawatnya adalah hal yang sama pentingnya. Kebersihan gigi palsu juga perlu dijaga seperti gigi asli, namun dengan cara yang berbeda. Kandungan gigi asli dan palsu saja sudah berbeda, tentu cara merawatnya juga berbeda.  Agar tidak salah mengambil langkah, cermati hal yang perlu diketahui dari perawatan gigi palsu berikut ini.


●    Lepas dan Bersihkan Gigi Palsu Secara Rutin

Setelah makan, atau di malam hari saat tidur, sebisa mungkin untuk melepas dan membersihkan gigi palsu. Ini untuk mencegah sisa makanan menempel terlalu lama dan menjadi sarang pertumbuhan bakteri. Jika dibiasakan tidak melepas dan membiarkannya begitu saja, munculnya penyakit dan infeksi akan sangat mungkin terjadi baik pada gusi atau gigi asli.

 

●    Sikat dan Bersihkan Setiap Hari

Masih dengan membersihkan gigi palsu, pastikan Anda menyikatnya setiap hari. Membersihkannya bisa dengan berbagai jenis pembersih, seperti pasta, gel, krim, hingga larutan. Jangan sampai gigi palsu terjatuh atau terbentur benda lain karena dapat membuatnya berubah bentuk hingga pecah. Anda dapat mencegahnya dengan menaruh handuk sebagai alas atau membersihkannya di dalam wadah berisi air. Membersihkannya dimulai dengan membilas dengan air bersih guna menghilangkan sisa makanan atau kotoran, lalu sikat dengan sikat gigi dengan bulu yang halus agar gigi palsu tidak tergores dan rusak.

 

●    Bersihkan Rongga Mulut

Setelah melepas gigi palsu dan membersihkannya, bersihkan juga rongga mulut Anda dari bekas gel dari pemasangan gigi palsu sebelumnya. Gunakan sikat yang halus agar tidak menyebabkan iritasi.

 

●    Rendam Semalaman atau Saat Sedang Tidak Digunakan

Untuk gigi palsu lepasan, Anda tidak perlu memakainya setiap saat. Ada kalanya gusi memerlukan ruang untuk bernapas dan pulih dari tekanan gigi palsu. Bisa dilepas saat sedang tidak digunakan terutama di waktu tidur. Setelah dibersihkan, rendam gigi palsu Anda dalam campuran air dengan cairan pembersih khusus. Ini perlu dilakukan karena gigi palsu dengan bahan tertentu dapat menjadi kering dan berubah bentuk jika tidak direndam. Terakhir, baru Anda bisa pasang gigi palsu setelah dibilas kembali menggunakan air bersih.

 

●    Perhatikan Makanan dan Minuman

Dengan gigi asli saja Anda tidak boleh makan dan minum sembarangan, apalagi dengan gigi palsu. Hindari mengkonsumsi makanan dan minuman yang terlalu keras, panas, atau asam untuk menjaga durabilitasnya. Anda yang memiliki kebiasaan merokok juga sebaiknya mulai berhenti dengan kebiasaan tersebut.

 

Jangan lupa untuk periksakan gigi palsu Anda ke dokter gigi minimal enam bulan sekali ke dokter gigi. Perawatan yang tepat dapat menjaga gigi palsu dapat terus dipakai paling cepat selama lima tahun. Tidak lupa dengan gigi asli, biasakanlah untuk rutin sikat gigi dua kali sehari dengan sikat gigi Pepsodent Silver Charcoal Soft yang memiliki leher sikat 3 sudut untuk menjangkau bagian belakang gigi.

 

Sikat gigi dari Pepsodent ini memiliki bulu sikat dengan partikel silver dan charcoal untuk mengurangi pertumbuhan bakteri, serta karet pembersih lidah untuk nafas segar. Anda dapat memastikan mulut akan selalu bersih dan sehat, serta tetap percaya diri dengan gigi palsu yang Anda pasang.

Bagikan ini

AddThis is disabled because of cookie consent