Mengapa Gigi Terasa Ngilu Saat Memakan Makanan Dingin?

Berapa Takaran Pasta Gigi yang Tepat untuk Orang Dewasa dan Anak?

Menyikat gigi secara rutin merupakan kebiasaan baik yang harus dimulai secara teratur dalam keluarga. Prosesnya tidak hanya tentang menyikat gigi dua kali sehari pada pagi dan malam hari. Banyak hal yang patut diperhatikan saat membersihkan gigi, mulai dari takaran pasta gigi yang benar serta cara menggosok gigi yang efektif. Anda tentu harus melakukannya secara tepat agar bisa jadi teladan yang baik bagi anggota keluarga lain, khususnya anak-anak. 

Jika selama ini Anda belum memahami manfaat pasta gigi serta cara menentukan jumlahnya, maka ulasan berikut ini tentu bermanfaat bagi Anda. 

Pentingnya Pasta Gigi dalam Proses Perawatan Gigi 

Penggunaan jenis dan takaran pasta gigi yang benar akan memberikan beberapa manfaat berikut ini: 

  • Memperlambat proses demineralisasi: berkurangnya kadar mineral pada gigi dipengaruhi banyak faktor, mulai dari usia dan proses infeksi dari bakteri. Antisipasi hilangnya mineral akibat bakteri dapat dilakukan dengan menggunakan pasta gigi yang tepat kandungannya. Demineralisasi akibat usia dapat dibantu dengan asupan mineral yang sesuai. 

  • Menjaga warna alami gigi: Ada berbagai faktor yang bisa memicu perubahan warna gigi, seperti kebiasaan merokok serta mengonsumsi makanan dan minuman berwarna. Tak perlu terlalu resah sebab perubahan warna gigi bisa dicegah dengan menyikat gigi menggunakan jenis dan takaran pasta gigi yang benar. 

  • Meminimalkan berbagai gangguan kesehatan gigi: menyikat gigi dengan pasta gigi berkualitas akan membuat kondisi gigi dan mulut terhindar dari berbagai masalah kesehatan. Beberapa gangguan kesehatan yang rentan terjadi bila Anda malas menyikat gigi, antara lain gigi berlubang, bau mulut, radang gusi, serta karang gigi. 

Cara Menentukan Takaran Pasta Gigi yang Benar 

Hingga saat ini, masih banyak orang menganggap bahwa penggunaan pasta gigi harus dilakukan sepanjang ukuran bulu sikat. Padahal, anggapan tersebut ternyata keliru. Anda tidak membutuhkan jumlah pasta gigi yang terlalu banyak untuk membuat gigi bersih maksimal. American Dental Association menyatakan bahwa takaran pasta gigi yang benar untuk orang dewasa hanya sebesar biji kacang polong atau biji jagung. Jumlah tersebut sudah cukup untuk membersihkan gigi bila dibarengi dengan cara menggosok gigi yang tepat. 

Sementara itu, anak yang belum tumbuh gigi tidak membutuhkan pasta gigi sekali karena proses membersihkan rongga mulut hanya butuh kain kasa basah yang bersih. Anak-anak yang sudah punya gigi dan usianya masih di bawah 3 tahun (batita) membutuhkan pasta gigi sebanyak butiran beras saja. 

Takaran pasta gigi tersebut sudah cukup karena biasanya batita belum mampu berkumur dan membuang air kumur dengan benar sehingga pasta gigi rentan tertelan. Batita sering menelan pasta gigi dalam jumlah banyak berisiko mengalami fluorosis, yaitu kerusakan permukaan gigi akibat asupan fluoride berlebihan. Jumlah pasta gigi dapat ditingkatkan sedikit demi sedikit seiring dengan pertambahan usia anak hingga mencapai takaran sebesar kacang polong atau biji jagung menjelang dewasa. 

Hindari Beberapa Kesalahan Ini saat Menggosok Gigi 

Selain menentukan takaran pasta gigi yang benar, Anda juga patut menghindari beberapa kesalahan ini sewaktu menggosok gigi: 

  • Memilih pasta gigi sembarangan: proses pemilihan pasta gigi tidak boleh dilakukan sembarangan berdasarkan harga atau varian rasa. Anda justru harus cermat mengidentifikasi risiko masalah gigi supaya dapat menentukan pilihan pasta gigi terbaik. Salah satu contohnya yaitu penggunaan Pasta Gigi Pepsodent Pencegah Gigi Berlubang bagi Anda yang rentan mengalami masalah tersebut. Produk Pepsodent ini mengandung Formula Double Action yang diperkaya Mikro Kalsium Aktif dan Pro-fluoride kompleks untuk perlindungan gigi terbaik bagi keluarga pada siang dan malam hari*. Pasta Gigi Pepsodent Pencegah Gigi Berlubang terbukti 2x lebih efektif memperbaiki lubang kecil tak kasat mata sebelum berkembang menjadi gigi berlubang**. Melawan bakteri dan melindungi gigi secara maksimal dari risiko gigi berlubang jadi makin mudah bila Anda menggunakan pasta gigi Pepsodent yang satu ini. 

  • Mengabaikan manfaat sikat gigi: bukan hanya pemilihan pasta gigi saja yang penting untuk merawat gigi, melainkan juga kualitas sikat gigi. Penggunaan sikat gigi berkualitas akan membantu Anda membersihkan gigi secara maksimal hingga ke sela-sela terdalam. Salah satu rekomendasi terbaik untuk Anda adalah Sikat Gigi Pepsodent Brilian Soft. Bulu sikatnya halus dan lebih rapat sehingga lebih efektif membersihkan dan menghilangkan plak hingga ke sela gigi. Desain pegangannya juga nyaman digenggam sehingga lebih mudah digunakan***. Lebih hebatnya lagi, Sikat Gigi Pepsodent Brilian Soft juga dilengkapi pembersih lidah untuk membuat napas lebih segar. 

  • Menggosok gigi asal-asalan: cara menggosok gigi sangat berpengaruh terhadap kebersihan gigi Anda secara keseluruhan. Jadi, Anda patut memahami teknik yang tepat supaya bisa melakukannya dengan benar. Genggamlah sikat gigi hingga kepalanya membentuk sudut 450 terhadap permukaan gusi. Lakukan gerakan menyapu secara berputar pada permukaan gigi depan untuk melepaskan plak yang menempel. Ulangi gerakan ini pada seluruh gigi depan, belakang, hingga bagian gigi terdalam. Terakhir, lakukan gerakan melingkar untuk menyelesaikan proses menggosok gigi bagian depan. Dengan demikian, tak akan ada sisa-sisa makanan yang tertinggal jika Anda melakukan tahapan menggosok gigi secara cermat.  

  

Sekarang, sudah saatnya Anda memperbaiki cara menggosok gigi yang keliru serta menentukan takaran pasta gigi dengan benar. Merawat gigi secara mandiri akan terasa mudah bila Anda sudah memahami setiap tahapannya. 

Jika Anda memiliki pertanyaan atau masalah terkait kesehatan gigi dan mulut, Pepsodent menyediakan konsultasi kesehatan gigi dan mulut GRATIS via ponsel. Tanyakan semua hal mengenai kesehatan gigi dan mulut pada dokter gigi melalui layanan konsultasi gratis kami dengan klik link berikut ini: http://bit.ly/Teledentistry-2023

Anda dapat memilih berkonsultasi langsung dengan Dokter Gigi saat online hour (08.00-21.00 WIB) atau dapatkan informasi kesehatan gigi dan mulut yang telah direkomendasikan oleh PDGI saat offline hour (21.00 – 08.00 WIB). 

*Dengan sikat gigi teratur 2 kali sehari. 

**Mengacu pada aktivitas pengembalian mineral yang hilang pada email gigi. 

 ***Dibandingkan sikat gigi Pepsodent lainnya. 

Artikel telah ditinjau oleh drg. Nanditha Puspadewi 

 

Referensi: 

  • health.detik.com/berita-detikhealth/d-6963710/tak-perlu-banyak-banyak-cukup-segini-takaran-odol-saat-menyikat-gigi  
  • hellosehat.com/gigi-mulut/perawatan-oral/kandungan-pasta-gigi/  
  • kompas.com/sains/read/2022/01/16/103100323/ternyata-ini-takaran-pasta-gigi-yang-aman-untuk-dewasa-dan-anak-anak  
  • orami.co.id/magazine/manfaat-pasta-gigi