Mengapa Gigi Terasa Ngilu Saat Memakan Makanan Dingin?

Peran Fluoride Dalam Pencegahan Gigi Berlubang

Apakah kamu sudah mengenal beragam fungsi fluoride untuk gigi?

Jika belum, maka sebaiknya kamu menyimak ulasan berikut ini agar kamu semakin terampil melakukan perawatan gigi untuk meminimalkan risiko gigi berlubang.

Apa Itu Fluoride?

Fluoride adalah jenis mineral alami yang terdapat dalam tulang dan gigi. Selain menjadi senyawa penyusun tulang dan gigi, fluoride juga terdapat dalam air, tanah, batu, tanaman, dan udara.

Fungsi Fluoride untuk Kesehatan Gigi

Beberapa fungsi fluoride yang efektif untuk mengatasi maupun mencegah gigi berlubang adalah sebagai berikut:

  • Mengurangi risiko gigi berlubang: Fluoride dapat memicu remineralisasi dari gigi yang mengalami demineralisasi akibat suasana asam dari bakteri, serta menjadikannya lebih kuat dan tahan dari lubang. 

 

  • Mengantisipasi lubang pada gigi agar tidak semakin parah: kemunculan lubang pada gigi yang terdeteksi sejak awal dapat diantisipasi dengan fluoride. Jadi, kamu harus peka mengenali beberapa gejala gigi berlubang, seperti bercak putih (white spot) serta rasa nyeri atau ngilu pada gigi. Kandungan fluoride dalam pasta gigi dapat membantu memperbaiki lubang pada gigi sehingga lubang tersebut tidak berkembang menjadi lebih besar. Namun, jangan lupa bahwa kondisi lubang gigi yang sudah telanjur parah tetap harus mendapatkan penanganan intensif berupa penambalan.

 

 

  • Mempertahankan kekuatan gigi: American Dental Association menyatakan bahwa fluoride yang bersentuhan dengan email gigi akan langsung bereaksi dengan kalsium dan fosfat. Ketiga zat tersebut akan menciptakan sistem pertahanan yang kuat untuk mencegah gigi berlubang. Manfaat fluoride untuk menjaga kekuatan gigi tentu harus diimbangi dengan upaya membatasi konsumsi makanan yang mengandung gula agar pembentukan plak semakin minimal.

 

 

  • Mendukung proses remineralisasi email gigi: remineralisasi adalah proses pembentukan kembali lapisan mineral pada email gigi. Proses ini sangat penting untuk mencegah gigi berlubang karena email yang rusak membuat gigi jadi lebih rapuh dan sensitif. Fungsi fluoride yang membantu proses remineralisasi akan membuat gigi lebih kuat dan tidak gampang berlubang.

 

 

  • Mengurangi rasa tidak nyaman pada gigi: kerusakan email gigi biasanya menimbulkan gejala seperti nyeri atau ngilu karena gigi menjadi lebih sensitif. Masalah tersebut akan berangsur-angsur hilang bila terjadi proses remineralisasi pada gigi karena kondisi email gigi membaik.  

 

 

  • Mencegah perkembangbiakan bakteri: masalah gigi berlubang terjadi akibat perkembangbiakan bakteri dalam rongga mulut. Bakteri tersebut akan mengonsumsi sisa-sisa makanan dan mengubahnya menjadi asam yang menyebabkan lubang pada gigi. Pasta gigi yang mengandung fluoride dapat mencegah perkembangbiakan bakteri sehingga risiko gigi berlubang semakin kecil. Selain orang dewasa, anak-anak juga butuh pasta gigi fluoride untuk mewujudkan upaya pencegahan gigi berlubang sejak dini.

 

Mencegah Gigi Berlubang dengan Pasta Gigi yang Mengandung Fluoride 

Kini, kamu pasti makin termotivasi merawat gigi secara telaten setelah mengenal fungsi fluoride. Sebaiknya kamu mengikuti beberapa tips berikut ini ketika menggunakan pasta gigi fluoride agar risiko gigi berlubang semakin kecil: 

Pilih pasta gigi berkualitas yang diformulasikan khusus untuk mencegah gigi berlubang, yaitu Pepsodent Pencegah Gigi Berlubang. Kandungan fluoride dalam pasta gigi ini mampu memberi perlindungan maksimal* dari masalah gigi berlubang dan membuat gigi 10x lebih kuat**.   

Formula Double Action dalam Pasta gigi Pepsodent Pencegah Gigi Berlubang yang terdiri dari Mikro Kalsium Aktif dan Pro-fluoride Kompleks memberikan perlindungan terbaik bagi gigi pada siang dan malam hari. Kamu tak perlu khawatir lagi menghadapi risiko gigi berlubang jika sudah menggunakan pasta gigi Pepsodent ini secara teratur. 

Gunakan sikat gigi dengan karakteristik bulu bertekstur halus untuk mengurangi risiko pengikisan enamel gigi. Kamu bisa melengkapi perawatan gigimu dengan Sikat Gigi Pepsodent Brilian Soft yang siap membantumu merawat gigi secara maksimal sekaligus mencegah risiko gigi berlubang. Sikat gigi Pepsodent ini memiliki bulu sikat yang lebih halus dan rapat sehingga efektif membersihkan dan menghilangkan plak ke sela-sela gigi. Sikat Gigi Pepsodent Brilian Soft juga dilengkapi pembersih lidah yang dapat membuat nafas jadi lebih segar. Desain gagangnya lebih nyaman digenggam sehingga lebih mudah digunakan. 

Lengkapi proses menyikat gigi dengan menggunakan obat kumur dan benang gigi untuk membersihkan seluruh bagian gigi sampai tuntas. Obat kumur dapat membantu membersihkan seluruh bagian gigi dan membasmi bakteri, sedangkan benang gigi dapat mengangkat sisa-sisa makanan yang tidak dapat dijangkau sikat gigi. Hasilnya, gigi jadi lebih bersih dan tidak rentan berlubang jika kamu menggunakan obat kumur dan benang gigi usai menyikat gigi. 

Masalah gigi berlubang tak akan mengintaimu lagi jika kamu sudah merawat gigi secara telaten. Yuk, maksimalkan manfaat pasta gigi yang mengandung fluoride agar gigi jadi sehat, kuat, dan bersih setiap saat! 

  

*Berdasarkan kandungan maksimal fluoride untuk mencegah gigi berlubang yang diizinkan pada pasta gigi berbasis kapur. 

**Berdasarkan uji lab 10 kali peningkatan kekuatan permukaan selama 21 hari vs Baseline.    

 Artikel telah ditinjau oleh drg.Nanditha Puspadewi 

Referensi: 

  • ciputrahospital.com/penyebab-gigi-berlubang-dan-perawatannya/  

  • halodoc.com/artikel/apa-yang-menyebabkan-gigi-berlubang 

  • health.govt.nz/our-work/preventative-health-wellness/fluoride-and-oral-health  

  • nidcr.nih.gov/health-info/fluoride  

  • orami.co.id/magazine/manfaat-fluoride 

  • verywellhealth.com/how-to-manage-a-toothache-caused-by-tooth-decay-1059319