Mengapa Gigi Terasa Ngilu Saat Memakan Makanan Dingin?

Tingkatkan Percaya Diri dengan Mulai Rutin Menyikat Gigi

Penampilan menarik bukan sekadar tentang paras yang rupawan dan sedap dipandang. Ada berbagai hal kecil lainnya yang turut memengaruhi penampilan Anda, termasuk kondisi kesehatan gigi. Kebiasaan menyikat gigi secara teratur ternyata berdampak signifikan bagi penampilan. Proses perawatan tersebut pasti membuat gigi bersih dan bebas gangguan kesehatan sehingga Anda makin percaya diri. 

Hubungan antara Kesehatan Gigi dan Rasa Percaya Diri 

Studi yang dirilis sebuah organisasi layanan kesehatan dunia tahun 2019 menunjukkan korelasi antara kesehatan gigi dan kepercayaan diri. Berdasarkan survei tersebut, 93% responden dengan senyum yang sehat memiliki kepercayaan diri yang tinggi. Para peneliti kesehatan juga mengungkapkan fakta menarik tentang kebiasaan mengunjungi dokter gigi. Orang yang rutin melakukan perawatan ke dokter gigi dengan intensitas dua kali setahun atau lebih memiliki tingkat percaya diri jauh lebih tinggi daripada orang yang perawatan giginya hanya sekali setahun atau tidak sama sekali. 

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa senyum yang indah merupakan cerminan dari kesehatan gigi dan mulut yang terjaga dengan baik. Salah satu cara agar percaya diri di depan umum adalah melakukan perawatan gigi secara konsisten dimulai dari kebiasaan sederhana seperti menyikat gigi. Bila Anda menyikat gigi secara teratur, risiko perubahan warna gigi, kemunculan plak, karang gigi, gigi berlubang, dan berbagai masalah mulut lainnya tentu semakin kecil. 

Kenalan Lebih Dekat dengan Berbagai Manfaat Menyikat Gigi 

Beberapa manfaat menyikat gigi berikut ini pasti membuat Anda tergugah melakukannya secara rutin: 

  • Membersihkan sisa-sisa makanan: tujuan utama menyikat gigi adalah membersihkan sisa-sisa makanan pada permukaan dan sela-sela gigi. Bila Anda malas menyikat gigi, maka sisa makanan akan memicu kemunculan bakteri penyebab kerusakan gigi dan bau mulut. Masalah kesehatan gigi pun tak dapat dihindari lagi jika Anda malas atau sama sekali tidak pernah menyikat gigi. 

  • Mencegah dan menghilangkan bau mulut: sisa makanan dalam rongga mulut juga dapat menimbulkan bau tak sedap yang dikenal dengan istilah halitosis. Kondisi mulut bau bahkan semakin parah bila sisa makanan tersangkut di gigi yang berlubang hingga mengalami pembusukan. Jangan sampai masalah ini terjadi sampai membuat Anda minder dan orang-orang sekitar tidak nyaman berinteraksi dengan Anda. 

  • Meminimalkan risiko pembentukan plak dan karang gigi: plak dan karang adalah gangguan kesehatan gigi yang timbul karena malas menyikat gigi. Sisa makanan yang menempel pada gigi akan memunculkan plak. Bila plak tersebut tidak dibersihkan secara maksimal, maka lama-kelamaan teksturnya mengeras menjadi karang gigi. Pembentukan plak dan karang gigi dapat dicegah sejak dini hanya dengan membersihkan gigi secara teratur. 

  • Menghilangkan noda pada gigi: noda gigi yang disebabkan faktor eksternal seperti konsumsi makanan dan minuman tertentu bisa diatasi dengan menyikat gigi. Anda hanya perlu memilih pasta gigi dengan kandungan pemutih alami untuk mengembalikan warna gigi seperti sedia kala. Jangan biarkan noda melekat terus-menerus karena hal tersebut membuat gigi terlihat kusam. 

  • Mengurangi risiko berbagai penyakit gigi dan mulut lainnya: selain efektif meminimalkan risiko kemunculan plak dan karang gigi, kebiasaan menyikat gigi juga dapat mengurangi risiko penyakit lainnya, seperti radang gusi (gingivitis), gigi ngilu, abses gusi dan gigi, penyakit gusi (periodontitis), radang lidah (glositis), dan infeksi jamur.  

  • Menjaga kesehatan sistem pernapasan: menyikat gigi bukan sekadar membuat gigi bersih. Lebih dari itu, kebiasaan tersebut juga penting untuk menjaga kesehatan sistem pernapasan. Kondisi mulut yang kotor membuat mikroorganisme berupa bakteri dan virus lebih mudah masuk ke tenggorokan dan paru-paru hingga memicu berbagai penyakit, seperti bronkitis, pneumonia, dan tuberkulosis (TBC). 

  • Mendukung upaya penurunan berat badan: sebuah studi kesehatan menyatakan bahwa aktivitas membersihkan gigi memberikan sinyal kenyang pada otak. Itulah sebabnya mayoritas orang enggan makan lagi setelah menyikat gigi. Meskipun terkesan sederhana, manfaat ini krusial untuk mendukung upaya penurunan berat badan. Anda jadi tidak gampang tergugah untuk ngemil atau mengonsumsi minuman dengan perasa setelah menyikat gigi. 

  • Memutihkan gigi yang kuning: menyikat gigi secara rutin membantu mempertahankan warna alami gigi Anda. Ini mencegah penumpukan noda dan perubahan warna gigi. Pilih pasta gigi yang dapat membuat gigi lebih putih, yaitu Pasta Gigi Pepsodent Complete 8 Plus Whitening. Produk Pepsodent ini mengandung perlite yang dapat menghilangkan 100% noda kuning* dan mengembalikan warna putih alami gigi. Kandungannya diformulasikan secara khusus untuk mengatasi 8 masalah gigi dan mulut: mencegah gigi berlubang, menjaga kesehatan gusi, membantu mengurangi plak, mengurangi noda gigi, melawan kuman, membuat gigi lebih putih, melindungi email gigi, dan membuat napas segar. 

  

Proses menyikat gigi akan makin sempurna bila Anda juga menggunakan Sikat Gigi Pepsodent Nanosoft Clean. Tekstur sikat gigi ini sangat lembut dengan bulu sikat membundar dan tipis 0.01 mm serta teknologi Nanosoft yang mampu menghilangkan 4 lapis plak hanya dalam satu kali sikat. 

Nah, sekarang Anda paham kan kalau cara agar percaya diri di depan umum tidak sesulit yang Anda bayangkan. Rutinitas menyikat gigi yang dilakukan dengan cara yang tepat bisa menjadi salah satu trik jitu untuk tampil lebih menarik dan percaya diri.  

Punya gigi bersih yang sehat dan bikin percaya diri adalah impian yang bisa jadi kenyataan bila Anda terbiasa menyikat gigi secara teratur. Jangan sampai penyesalan menghampiri di kemudian hari hanya karena Anda malas membersihkan gigi. 

Jika Anda memiliki pertanyaan atau masalah terkait kesehatan gigi dan mulut, Pepsodent menyediakan konsultasi kesehatan gigi dan mulut GRATIS via ponsel. Tanyakan semua hal mengenai kesehatan gigi dan mulut pada dokter gigi melalui layanan konsultasi gratis kami dengan klik link berikut ini: http://bit.ly/Teledentistry-2023

Anda dapat memilih berkonsultasi langsung dengan Dokter Gigi saat online hour (08.00-21.00 WIB) atau dapatkan informasi kesehatan gigi dan mulut yang telah direkomendasikan oleh PDGI saat offline hour (21.00 – 08.00 WIB). 

*berdasarkan studi in-vitro pada noda ekstrinsik, dengan sikat gigi teratur 2x sehari, hasil dapat bervariasi 

Artikel telah ditinjau oleh drg. Nanditha Puspadewi 

 

Referensi: 

  • cantika.com/read/1757089/senyum-dan-kesehatan-mulut-punya-dampak-pada-rasa-percaya-diri-menurut-studi 
  • herstory.co.id/read138994/7-cara-agar-gigi-terlihat-lebih-putih-senyum-jadi-percaya-diri-deh  
  • hype.grid.id/read/433296356/gigi-putih-cemerlang-bikin-makin-percaya-diri-siapa-sangka-kuncinya-cuma-pakai-wortel-dan-kulit-pisang-begini-caranya?page=all  
  • kompas.com/tren/read/2019/12/09/055200165/kurang-percaya-diri-karena-gigi-kuning-berikut-6-tips-mengatasinya?page=all  
  • tanyapepsodent.com/tips-kesehatan-gigi/kesehatan-gusi-dan-mulut/tujuh-manfaat-gosok-gigi-dua-kali-sehari.html