8 Makanan yang Cocok Untuk Orang Sakit Gigi

Jangan Lewatkan Sikat Gigi sebelum Tidur, Ini Manfaatnya

Gigi merupakan organ paling keras dan paling kuat dalam tubuh manusia. Kendati demikian, gigi tetap butuh perawatan intensif agar kondisinya tetap kuat dan sehat seiring berjalannya waktu. Salah satu proses perawatan gigi yang paling mudah dan bisa dilakukan secara mandiri adalah menyikat gigi dua kali sehari, termasuk sebelum tidur. Faktanya, manfaat sikat gigi sebelum tidur sangat besar dalam menjaga kesehatan gigi dalam jangka panjang. 

Sayangnya, hingga saat ini masih banyak orang yang belum melakukan rutinitas menyikat gigi dua kali sehari di waktu yang tepat; setelah sarapan di pagi hari dan sebelum tidur di malam hari. Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2018 mengungkap bahwa hanya 2,8% masyarakat tanah air yang menjalani kebiasaan baik tersebut. Padahal, perannya sangat krusial bagi kesehatan gigi dan mulut bahkan sistem pernapasan dan pencernaan. 

Sekarang, mari ketahui pentingnya sikat gigi sebelum tidur terlebih supaya Anda termotivasi melakukan kebiasaan baik tersebut secara disiplin. 

Beragam Manfaat Sikat Gigi sebelum Tidur 

Anda bisa mendapatkan beberapa manfaat berikut ini bila melakukan rutinitas menyikat gigi sebelum tidur: 

  • Mendukung proses remineralisasi gigi: remineralisasi adalah pembentukan kembali mineral secara berkesinambungan pada permukaan gigi. Proses tersebut dapat berlangsung secara otpimal bila Anda selalu menyikat gigi secara teratur. Kandungan fluoride dalam pasta gigi akan membantu proses remineralisasi ketika Anda tidur dengan lebih optimal tanpa intervensi dari konsumsi makanan dan minuman yang biasa terjadi pada siang hari. Hal tersebut akan mendukung remineralisasi gigi sehingga strukturnya menjadi lebih kuat.  

  • Mencegah pembentukan plak dan karang gigi: produksi air liur mengalami penurunan saat tidur sehingga risiko pembentukan plak jadi lebih besar. Namun, Anda tak perlu terlalu khawatir sebab hal ini bisa diatasi dengan mengandalkan manfaat gosok gigi sebelum tidur. Menyikat gigi sebelum tidur dapat menghilangkan sisa-sisa makanan pada gigi sampai tuntas. Dengan demikian, tidak ada sisa makanan yang bercampur dengan bakteri dan menimbulkan pembentukan plak pada permukaan gigi. Sebaliknya, jarang atau tidak pernah menyikat gigi sebelum tidur menyebabkan plak cepat terbentuk. Plak yang terakumulasi secara terus-menerus akan mengeras kemudian membentuk karang gigi.  

  • Mengurangi risiko gigi berlubang: plak pada permukaan gigi bukan hanya berisiko berkembang menjadi karang bila Anda tidak rutin menyikat gigi sebelum tidur. Lebih dari itu, plak juga bisa mendukung bakteri penyebab gigi berlubang. Bila bakteri tersebut terus berkembang biak pada permukaan gigi, permukaan keras gigi akan melunak dan gigi menjadi berlubang. Gejala gigi berlubang biasanya terjadi tak kasat mata kemudian lambat laun berkembang menjadi lebih parah bahkan bisa disertai rasa sakit. Menggosok gigi sebelum tidur dapat membantu membasmi bakteri penyebab gigi berlubang. Bahkan, kerusakan gigi pada tahap awal masih dapat diantisipasi jika Anda menggunakan pasta gigi khusus gigi berlubang. 

  • Meminimalkan risiko radang gusi (gingivitis): gingivitis adalah kondisi peradangan yang membuat gusi memerah, bengkak, dan terasa nyeri. Pada kondisi yang lebih parah, radang gusi bisa menyebabkan nafsu makan hilang bahkan berkembang menjadi periodontitis. Kemunculan plak akibat tidak menyikat gigi secara teratur merupakan penyebab utama gingivitis. Itulah sebabnya rutin menyikat gigi dapat membantu meminimalkan risiko radang gusi secara signifikan. 

  • Mencegah bau mulut: risiko bau mulut semakin besar bila Anda jarang atau tidak pernah menyikat gigi sebelum tidur. Hal tersebut bisa terjadi karena bakteri penyebab bau mulut akan bertahan dalam rongga mulut bila Anda tidak menyikat gigi. Selanjutnya, produksi air liur yang berkurang sewaktu Anda tidur mengakibatkan bakteri tersebut lebih cepat berkembang biak. Oleh sebab itu, manfaat sikat gigi sebelum tidur penting untuk membuat napas tetap segar.  

  • Mempertahankan warna alami gigi: manfaat gosok gigi sebelum tidur juga berkaitan dengan warna alami gigi. Konsumsi makanan dan minuman sepanjang hari bisa menyebabkan warnanya tertinggal pada permukaan gigi. Warna tersebut tidak akan melekat kuat bila Anda senantiasa gosok gigi sebelum tidur.

 

 

Dampak Buruk Jika Tidak Menyikat Gigi sebelum Tidur 

Bila Anda sudah memahami manfaat sikat gigi sebelum tidur dan melakukannya secara teratur, niscaya Anda akan terhindar dari beberapa dampak buruk berikut ini: 

  • Permukaan gigi dipenuhi plak dan karang gigi. 

  • Masalah gigi berlubang tidak dapat dihindari, bahkan berisiko menimbulkan rasa ngilu dan kerapuhan bila tidak lekas ditangani. 

  • Bau mulut yang sangat mengganggu (halitosis). 

  • Radang gusi yang tak kunjung sembuh bahkan bisa mengakibatkan abses (nanah) dan periodontitis. 

  • Kontaminasi bakteri pada rongga mulut memperbesar risiko gangguan kesehatan sistem pernapasan dan pencernaan karena saluran Telinga, Hidung, Tenggorokan (THT) saling terhubung satu sama lain. 

  

Bila Anda sudah memulai kebiasaan baik menyikat gigi sebelum tidur, sempurnakan dengan menggunakan pasta gigi berkualitas. Kini, ada Pasta Gigi Pepsodent Pencegah Gigi Berlubang yang efektif membantu melawan kuman bakteri dan beri perlindungan maksimal dari gigi berlubang. Formula Double Action yang diperkaya Mikro Kalsium Aktif dan Pro-fluoride kompleks dalam pasta gigi ini memberikan perlindungan gigi terbaik bagi keluarga pada siang dan malam hari*. Penggunaan Pasta Gigi Pepsodent Pencegah Gigi Berlubang terbukti 2x lebih efektif memperbaiki lubang kecil tak kasat mata sebelum berkembang menjadi gigi berlubang**. 

Setelah menyikat gigi dengan pasta gigi Pepsodent, lengkapi perlindungan terhadap gigi dan mulut dengan menggunakan Obat Kumur Pepsodent Mouthwash Active Defense Anti Bakteri. Teknologi Cetylpridnium Chloride (CPC) yang terkandung di dalamnya dapat membantu melawan bakteri penyebab plak, radang gusi, dan bau mulut. Di samping itu, Obat Kumur Pepsodent Mouthwash Active Defense Anti Bakteri juga diperkaya fluoride agar gigi lebih kuat dan gusi sehat. Formulanya unik, lembut, dan bebas alkohol sehingga efektif membuat napas segar dan cocok untuk gigi sensitif. 

  

Jangan tunggu sampai kesehatan gigi terganggu karena malas menyikat gigi. Kini saatnya Anda memulai perawatan gigi intensif secara mandiri setelah mengenal pentingnya sikat gigi sebelum tidur. 

Jika Anda memiliki pertanyaan atau masalah terkait kesehatan gigi dan mulut, Pepsodent menyediakan konsultasi kesehatan gigi dan mulut GRATIS via ponsel. Tanyakan semua hal mengenai kesehatan gigi dan mulut pada dokter gigi melalui layanan konsultasi gratis kami dengan klik link berikut ini: http://bit.ly/Teledentistry-2023

Anda dapat memilih berkonsultasi langsung dengan Dokter Gigi saat online hour (08.00-21.00 WIB) atau dapatkan informasi kesehatan gigi dan mulut yang telah direkomendasikan oleh PDGI saat offline hour (21.00 – 08.00 WIB). 

*Dengan sikat gigi teratur 2 kali sehari. 

**Mengacu pada aktivitas pengembalian mineral yang hilang pada email gigi. 

Artikel telah ditinjau oleh drg. Nanditha Puspadewi 

 

Referensi: 

fimela.com/health/read/5059806/sering-lupa-menggosok-gigi-sebelum-tidur-malam-cek-bahayanya?page=3 

halodoc.com/artikel/jarang-sikat-gigi-sebelum-tidur-tingkatkan-risiko-gingivitis  

kompas.id/baca/humaniora/2022/09/12/sikat-gigi-sehabis-makan-dan-sebelum-tidur-bukan-sekadar-jargon 

kompas.com/tren/read/2022/03/14/203000865/benarkah-tak-gosok-gigi-sebelum-tidur-membahayakan-jantung-ini-penjelasan 

klikdokter.com/info-sehat/gigi-mulut/5-alasan-anda-perlu-menyikat-gigi-sebelum-tidur