Ketahui Penyebab Gusi Bengkak Saat Hamil

Ketahui Penyebab Gusi Bengkak Saat Hamil

Selain akan mengalami perubahan bentuk tubuh, kehamilan nyatanya juga dapat memengaruhi kesehatan gigi dan mulut. Saat hamil, jaringan gusi akan lebih sensitif sehingga wanita akan lebih rentan mengalami gusi bengkak. Meski jadi kondisi yang umum terjadi, sebaiknya gusi bengkak saat hamil jangan dianggap remeh. Apalagi bila sebelum kehamilan gusi sudah mengalami masalah, karena saat hamil kondisinya bisa saja semakin parah.

 

Penyebab Gusi Bengkak saat Hamil

Perubahan hormon selama masa kehamilan nyatanya dapat menjadi penyebab gusi bengkak. Ini karena perubahan hormon selama masa kehamilan menyebabkan peningkatan aliran darah ke jaringan gusi. Alhasil, gusi jadi lebih sensitif, sehingga lebih mudah meradang dan mengalami perdarahan, terutama saat mengunyah dan menyikat gigi.

Di sisi lain, perubahan hormonal ini juga menghambat respon normal tubuh terhadap bakteri di dalam mulut. Akibatnya, plak lebih mudah menumpuk di gigi sehingga membuat ibu hamil lebih rentan mengalami radang gusi atau gingivitis. Faktor lain seperti merokok dan riwayat penyakit diabetes juga membuat ibu hamil lebih rentan mengalami gusi bengkak. Dalam banyak kasus, wanita yang sebelum kehamilan sudah mengalami masalah gusi harus lebih berhati-hati. Sebab, masalah gusinya bisa saja semakin buruk saat hamil.

Seringnya gusi bengkak saat hamil muncul pada trimester kedua dan bakal terus berlanjut hingga memasuki trimester ketiga. Kabar baiknya, kondisi ini umumnya hilang atau sembuh dengan sendirinya setelah ibu melahirkan.

Cara Mengatasi Gusi Bengkak saat Hamil yang Bisa Dilakukan

Gusi bengkak saat hamil dapat menimbulkan sensasi nyeri dan rasa tidak nyaman. Tak jarang, kondisi ini juga memicu hilangnya nafsu makan karena rasa nyeri yang ditimbulkan begitu melemahkan. Sebagai pertolongan pertama sebelum ke dokter, berikut beberapa hal yang bisa dicoba untuk meredakan benjolan di gusi saat hamil:

  • Berkumur air garam hangat setidaknya 2-3 kali sehari
  • Kompres sisi pipi yang terasa sakit menggunakan air dingin atau air hangat untuk mengurangi rasa nyut-nyutan
  • Mengonsumsi makanan yang mudah dilumat, seperti bubur
  • Memenuhi asupan nutrisi dengan banyak makan buah dan sayur, terutama yang mengandung vitamin C untuk mempercepat proses penyembuhan
  • Tetap rajin menyikat gigi dua kali sehari pada pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur. Namun, pastikan gunakan sikat gigi yang berbulu lembut, lalu sikatlah gigi secara perlahan dan hati-hati untuk mengurangi iritasi pada gusi.

Jika benjolan di gusi saat hamil tidak juga mereda dengan berbagai cara yang sudah disebutkan di atas, jangan ragu untuk segera berobat ke dokter gigi. Gusi bengkak yang dibiarkan tanpa pengobatan dapat menyebabkan penyakit gusi yang lebih serius bahkan sampai memengaruhi kondisi janin di dalam kandungan. Oleh karena itu, ibu hamil sebaiknya tidak menganggap remeh gusi bengkak saat hamil. Penting juga untuk selalu menjaga kesehatan mulut selama hamil untuk menghindari berbagai masalah di kemudian hari.

 

Jaga Kesehatan Gigi dan Mulut dengan Pepsodent Sensitive Mineral Expert Gum Care

Menjaga kesehatan gigi dan mulut selama kehamilan adalah kunci penting untuk me

nghindari berbagai gangguan mulut yang mungkin terjadi. Nah, salah satu cara efektif dan termudah yang bisa dilakukan adalah dengan memilih produk pasta gigi yang tepat, yakni Pepsodent Sensitive Mineral Expert Gum Care.

Pepsodent Sensitive Mineral Expert Gum Care adalah pasta gigi mutakhir dari Pepsodent yang dapat memberikan perlindungan menyeluruh untuk kesehatan mulut keluarga.  Pasta gigi ini mengandung Zinc, Fluoride dan diperkaya dengan mineral HAP untuk perlindungan sehari-hari terhadap plak yang disebabkan oleh bakteri dan gigi berlubang. Bukan hanya itu, pasta gigi Pepsodent Sensitive Mineral Expert Gum Care pun ampuh menghilangkan rasa ngilu di gigi dalam 30 detik* dan mengatasi masalah gusi.

Bagikan ini