Ketahui Penyebab Gusi Bengkak Saat Hamil

Benarkah Kumur dengan Air Garam Dapat Mengatasi Sariawan?

Sariawan merupakan salah satu penyakit mulut yang kerap dianggap remeh padahal sangat mengganggu. Tak hanya membuat mulut terasa nyeri, sariawan juga dapat membuatmu malas berbicara dan kehilangan nafsu makan. Banyak orang beranggapan bahwa kumur-kumur air garam adalah salah satu cara ampuh mengatasi sariawan.

Apakah anggapan tersebut memang benar?

Yuk, kupas tuntas soal penyebab sariawan dan manfaat kumur air garam untuk sariawan supaya nanti kamu bisa mengatasi gangguan kesehatan mulut tersebut secara tepat.

Mengenal Berbagai Penyebab Sariawan

Sariawan (Stomatitis aphthosa) adalah luka atau peradangan yang terjadi pada bibir, gusi, dan rongga mulut sehingga menimbulkan pembengkakan, nyeri, dan rasa tidak nyaman. Para orang tua kerap menganjurkan kumur-kumur air garam untuk mengatasi sariawan tanpa mencari tahu penyebabnya. Padahal, mengenal penyebab sariawan sangat penting agar risiko penyakit tersebut dapat diminimalkan. Biasanya sariawan disebabkan oleh satu atau kombinasi beberapa penyebab berikut ini:

  • Cedera pada rongga mulut ketika tidak sengaja menggigit lidah atau bibir.

  • Infeksi rongga mulut yang disebabkan mikroorganisme (virus, jamur, atau bakteri), salah satunya yaitu bakteri Helicobacter pylori.

  • Penyakit autoimun, misalnya lupus.

  • Tubuh kekurangan nutrisi tertentu, contohnya vitamin B12, vitamin C, zinc, folat, dan zat besi. Akibatnya, daya tahan tubuh melemah dan lebih rentan sariawan.

  • Perubahan hormon akibat stres atau masa menstruasi.

  • Sering mengonsumsi makanan atau minuman yang terlalu asam, pedas, atau berminyak.

Apakah Kumur dengan Air Garam Ampuh Mengatasi Sariawan?

Sariawan kumur air garam adalah salah satu kebiasaan yang telah dilakukan masyarakat tanah air secara turun temurun. Faktanya, air garam tidak langsung menyembuhkan sariawan tetapi dapat mengurangi rasa nyeri ketika kamu mengalami sariawan. Selain itu, garam juga memiliki sifat antibakteri alami yang dapat mengurangi risiko infeksi pada rongga mulut (1). 

Studi yang dipublikasikan di Journal of Indian Society of Pedodontics & Preventive Dentistry menyatakan bahwa air garam bisa membantu mengurangi timbunan plak pada gigi sehingga mulut terhindar dari berbagai penyakit akibat kemunculan plak, misalnya gigi berlubang, radang gusi, serta komplikasi penyakit lainnya (2).

Cara kumur air garam untuk sariawan sebaiknya mengikuti langkah-langkah ini agar hasilnya maksimal:

  • Larutkan 1 sdt garam ke dalam setengah cangkir air hangat.

  • Gunakan larutan air garam tersebut untuk berkumur selama 15 hingga 30 detik.

  • Proses kumur-kumur air garam bisa diulangi setiap beberapa jam sekali jika dibutuhkan, terutama saat sariawan terasa sangat nyeri.

Beberapa Cara Praktis Mengatasi Sariawan

Kumur air garam untuk sariawan memang tak sepenuhnya langsung menyembuhkan penyakit tersebut. Namun, setidaknya kamu dapat perlahan menyembuhkannya dengan beberapa cara berikut ini:

  • Mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B12, vitamin C, zinc, folat, dan zat besi supaya daya tahan tubuh meningkat dan sariawan berangsur-angsur sembuh. Beberapa jenis makanan yang baik untuk membantu mengatasi sariawan, antara lain telur, daging, aneka hasil laut, buah-buahan, sayuran hijau, serta susu dan produk olahannya.

  • Menyikat gigi 2 kali sehari agar kebersihan rongga mulut senantiasa terjaga. Sariawan akan lebih cepat sembuh jika rongga mulut tidak terkontaminasi bakteri.

  • Membersihkan rongga mulut dengan Obat Kumur Pepsodent Mouthwash Active Defense Anti Bakteri. Produk perawatan gigi dan mulut persembahan Pepsodent ini diformulasikan dengan teknologi CPC (Cetylpyridinium Chloride) yang dapat membantu melawan kuman dan bakteri yang menyebabkan sariawan, plak, radang gusi, dan bau mulut. CPC adalah bahan yang ampuh membunuh bakteri secara efektif sehingga bakteri tidak dapat menempel pada sel manusia. 

Mouthwash dengan kandungan CPC dapat mengurangi ≥99.9% jumlah kuman dan bakteri dalam 30 detik dan mengurangi plak hingga 5x setelah 30 hari penggunaan. Manfaat obat kumur Pepsodent yang satu ini juga disempurnakan oleh kandungan fluoride yang baik untuk kesehatan gigi dan mulut. Selain itu, obat kumur Pepsodent juga tidak mengandung alkohol sehingga tidak membuat kering dan tidak menimbulkan rasa pedih atau terbakar di mulut.

Usai menyimak ulasan kali ini, semoga kamu tak bingung lagi mengatasi sariawan yang mengganggu kenyamanan. Jika sariawan tak kunjung sembuh setelah 2 minggu, sebaiknya kamu lekas berkonsultasi dengan dokter agar bisa mendapatkan penanganan kesehatan secara intensif.

Artikel telah ditinjau oleh drg.Veni Emiriya

Referensi:

  • (1) Huynh, N. et. al. (2016). Rinsing with Saline Promotes Human Gingival Fibroblast Wound Healing In Vitro. 11(7): e0159843. 

  • (2) Aravinth, V.et.al. (2017). Comparative evaluation of salt water rinse with chlorhexidine against oral microbes: A school-based randomized controlled trial. 35(4):319-326.

  • alodokter.com/sariawan

  • halodoc.com/artikel/kumur-air-garam-bisa-obati-sariawan-benarkah  

  • health.kompas.com/read/2020/07/12/073200068/8-penyebab-sariawan-dan-cara-mengatasinya?page=all

  • healthline.com/health/dental-and-oral-health/how-to-get-rid-of-canker-sores#salt-water-rinse

  • kompas.com/sains/read/2020/11/18/200600523/mitos-atau-fakta--berkumur-air-garam-bisa-sembuhkan-sariawan-