8 Makanan yang Cocok Untuk Orang Sakit Gigi

Sebenarnya, Kapan Waktu Terbaik untuk Menyikat Gigi?

Apakah selama ini Anda sudah menyikat gigi secara teratur? 

Kebiasaan baik tersebut memang harus dijadikan rutinitas harian. Namun, menyikat gigi tentu tidak boleh dilakukan sembarangan agar manfaatnya semakin maksimal. Salah satu hal penting yang patut jadi perhatian Anda adalah waktu sikat gigi yang benar. 

Faktanya, waktu sikat gigi yang tepat sangat berpengaruh terhadap manfaatnya secara keseluruhan. Jadi, pastikan Anda menyimak ulasan ini supaya dapat mengetahui momen terbaik untuk menyikat gigi setiap hari. 

Kapan Waktu yang Tepat untuk Menyikat Gigi? 

Dua waktu terbaik untuk menyikat gigi setiap hari, yaitu: 

  • Pagi hari setelah makan: banyak orang belum tahu bahwa waktu sikat gigi yang benar di pagi hari adalah setelah makan. Kebiasaan menyikat gigi segera setelah bangun tidur pada kelompok tertentu, seperti ibu hamil, dapat menimbulkan rasa mual. Rasa mual yang mengakibatkan muntah justru berisiko membuat gigi rapuh sebab asam lambung yang naik ke mulut dapat merusak enamel gigi. Di samping itu, sikat gigi sebelum makan pagi juga kurang efektif sebab sisa-sisa makanan akan menempel kembali di gigi pasca menyantap sarapan. Sisa makanan yang bercampur dengan bakteri di rongga mulut dalam waktu lama dapat memicu bau mulut, plak, karang gigi, serta gigi berlubang. 

  • Malam hari sebelum tidur: satu lagi waktu yang tepat untuk menyikat gigi adalah malam hari sebelum tidur. Produksi air liur berkurang selama Anda tidur sehingga risiko perkembangbiakan bakteri meningkat. Namun, Anda tidak perlu terlalu resah sebab manfaat sikat gigi malam akan membuat rongga mulut bersih selama Anda tidur. Rutinitas sikat gigi malam juga ampuh menyingkirkan sisa-sisa makanan sehingga risiko gangguan kesehatan gigi pun berkurang drastis. Sebaiknya Anda tidak menyantap makanan dan minuman apa pun setelah sikat gigi malam, kecuali air putih. 

Apa Saja Faktor Penting yang Harus Diperhatikan saat Menyikat Gigi? 

Waktu sikat gigi yang benar harus ditunjang beberapa faktor penting berikut ini supaya manfaatnya semakin maksimal: 

  • Jeda waktu antara makan dan sikat gigi: sebaiknya Anda tidak langsung menyikat gigi setelah makan, khususnya usai menyantap makanan dan atau minuman asam. Sisa asam yang tertinggal di mulut justru rentan membuat gigi rapuh bila Anda langsung menyikat gigi. Berkumurlah terlebih dahulu untuk menetralkan asam tersebut lalu tunggu selama 15 hingga 30 menit bila ingin menyikat gigi. 

  • Durasi sikat gigi: proses menyikat gigi pagi dan malam hari membutuhkan durasi kurang lebih 2 menit untuk memastikan gigi bersih maksimal, yaitu 1 menit untuk rahang atas dan 1 menit untuk rahang bawah. Rentang waktu tersebut membuat Anda bisa membersihkan bagian depan, belakang, atas, dan bawah gigi secara cermat untuk memastikan tak ada sisa-sisa makanan yang tertinggal. Jadi, Anda tak perlu menyikat gigi terlalu lama dan terlalu keras sebab hal tersebut malah berisiko merusak enamel gigi. 

  • Teknik sikat gigi: sikat gigi malam maupun pagi sama-sama harus dilakukan dengan teknik yang tepat. Peganglah gagang sikat gigi dengan mantap lalu arahkan hingga membentuk sudut 450 terhadap gusi. Lakukan gerakan melingkar untuk membersihkan seluruh permukaan gigi. Jangan lupa menjangkau setiap sudut gigi agar tidak ada sisa makanan tertinggal. Bila proses sikat gigi sudah selesai, berkumurlah secukupnya agar rongga mulut bersih. 

  • Jenis pasta gigi yang tepat: pemilihan pasta gigi juga menjadi faktor penting yang tak boleh diacuhkan dalam rutinitas menyikat gigi. Kalau gigi Anda pernah berlubang atau berisiko tinggi mengalami hal tersebut, maka sebaiknya Anda menggunakan pasta gigi khusus gigi berlubang. Salah satu rekomendasi produk yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut adalah Pasta Gigi Pepsodent Pencegah Gigi Berlubang. Varian pasta gigi Pepsodent ini dapat membantu melawan kuman bakteri dan memberikan perlindungan maksimal dari gigi berlubang*. Formula Double Action pada Pasta Gigi Pepsodent Pencegah Gigi Berlubang diperkaya Mikro Kalsium Aktif dan Pro-fluoride kompleks untuk perlindungan gigi terbaik bagi keluarga pada siang dan malam hari**. Penggunaan pasta gigi ini terbukti 2x lebih efektif memperbaiki lubang kecil tak kasat mata sebelum berkembang menjadi gigi berlubang***. 

  • Sikat gigi yang berkualitas: satu lagi pertimbangan utama yang penting untuk mendukung proses menyikat gigi adalah penggunaan sikat gigi berkualitas. Masalah gigi sensitif yang rentan ngilu pun tak jadi halangan untuk menyikat gigi karena ada Sikat Gigi Pepsodent Nanosoft Sensitive Soft sebagai solusinya. Sikat gigi Pepsodent yang satu ini diformulasikan khusus untuk gigi dan gusi sensitif dengan bulu sikat 20x lebih lembut. Sikat Gigi Pepsodent Nanosoft Sensitive Soft juga dilengkapi teknologi Nanosoft yang mampu menghilangkan 4 lapis plak dalam sekali sikat. Komponennya terdiri dari leher sikat 3 sudut yang fleksibel mampu menjangkau hingga ke bagian mulut terdalam. Sikat gigi malam dan pagi tentu terasa nyaman karena tidak lagi menimbulkan ngilu pada gigi. 

  

Mewujudkan kondisi gigi sehat dan kuat tak mustahil lagi bila Anda sudah tahu waktu sikat gigi yang benar. Sekarang, sudah waktunya Anda mempraktikkan cara menyikat gigi yang tepat. 

Jika Anda memiliki pertanyaan atau masalah terkait kesehatan gigi dan mulut, Pepsodent menyediakan konsultasi kesehatan gigi dan mulut GRATIS via ponsel. Tanyakan semua hal mengenai kesehatan gigi dan mulut pada dokter gigi melalui layanan konsultasi gratis kami dengan klik link berikut ini: http://bit.ly/Teledentistry-2023

Anda dapat memilih berkonsultasi langsung dengan Dokter Gigi saat online hour (08.00-21.00 WIB) atau dapatkan informasi kesehatan gigi dan mulut yang telah direkomendasikan oleh PDGI saat offline hour (21.00 – 08.00 WIB).  

*Berdasarkan kandungan maksimal fluoride sebagai anti cavity agent yang diizinkan pada pasta gigi. 

**Dengan sikat gigi teratur 2 kali sehari. 

***Mengacu pada aktivitas pengembalian mineral yang hilang pada email gigi. 

Artikel telah ditinjau oleh drg. Nanditha Puspadewi 

 

Referensi:  

  • alomedika.com/menyikat-gigi-sebelum-atau-sesudah-makan  
  • health.kompas.com/read/23C22080000868/kapan-waktu-sikat-gigi-yang-tepat-simak-penjelasan-ahli-berikut?page=all  
  • hellosehat.com/gigi-mulut/perawatan-oral/lama-durasi-menggosok-gigi/  
  • klikdokter.com/info-sehat/gigi-mulut/kapan-waktu-yang-tepat-untuk-menyikat-gigi  
  • liputan6.com/citizen6/read/5082770/4-alasan-mengapa-jangan-sikat-gigi-setelah-bangun-tidur?page=3 
  • momsmoney.id/news/kapan-waktu-sikat-gigi-yang-tepat-berikut-ini-jawabannya  
  • telemed.ihc.id/artikel-detail-983-Kapan-Waktu-Yang-Baik-Menggosok-Gigi.html