Apa Itu Kalkulus Gigi dan Bagaimana Mengatasinya

Apa Itu Kalkulus Gigi dan Bagaimana Mengatasinya?

Tolok ukur gigi sehat bisa dilihat dari warnanya yang putih bersih dan terbebas dari berbagai masalah kesehatan. Mulai dari plak, gigi berlubang hingga kalkulus pada gigi, gigi bisa dikatakan sehat jika terbebas dari itu semua. Namun dari beberapa masalah gigi, karang gigi atau kalkulus gigi adalah satu dari beberapa masalah yang paling sulit ditangani. Selain mengganggu penampilan, kalkulus gigi juga dapat mengurangi kekuatan gigi.

 

Apa Itu Kalkulus Gigi?

Mengatasi karang atau kalkulus gigi bisa menjadi perkara yang cukup sulit. Opsi untuk menghilangkan karang gigi juga tidak banyak. Namun, apa sebenarnya yang dimaksud dengan kalkulus gigi?

Kalkulus gigi adalah lapisan kotoran yang menempel dan mengeras pada permukaan gigi. Lapisan ini tidak bisa dibersihkan dengan cara disikat. Saat dipegang, kalkulus gigi terasa keras dan memiliki permukaan tidak rata layaknya karang. Karena itulah, kalkulus gigi juga kerap disebut dengan istilah karang gigi.

 

Apa yang Menyebabkan Kalkulus Gigi?

Pada dasarnya, kalkulus gigi berawal dari sisa-sisa makanan yang menumpuk di gigi hingga. Sisa makanan ini kemudian berkembang menjadi lapisan tipis dan lengket yang disebut plak. Plak yang dibersihkan dalam waktu yang lama kemudian berubah menjadi kalkulus gigi.

Ada beberapa faktor yang dapat memengaruhi munculnya kalkulus gigi. Selain kebersihan gigi yang buruk, makanan manis seperti kue, permen dan es krim juga bisa memicu kalkulus gigi. Selain itu, faktor terbentuknya kalkulus gigi juga cenderung meningkat pada mereka yang memiliki kebiasaan merokok dan jarang minum air putih.

Usia juga turut berperan dalam meningkatkan risiko terjadinya kalkulus gigi. Semakin bertambahnya usia, maka risiko terbentuknya kalkulus gigi cenderung akan meningkat.

Cara Mengatasi Kalkulus Gigi

Seperti yang sempat dijelaskan sebelumnya, karang atau kalkulus gigi tidak bisa dibersihkan dengan cara disikat. Perawatan gigi biasa tidak akan mampu menghilangkan kalkulus gigi yang sudah terlanjur melekat kuat. Jika sudah seperti ini, scaling gigi adalah satu-satunya cara untuk menghilangkannya.

Scaling gigi merupakan tindakan mengikis karang yang menempel di permukaan gigi. Proses mengikis karang gigi ini tidak bisa dilakukan sembarangan. Dibutuhkan peralatan khusus yang disebut alat scaler untuk melakukannya.

Scaler terdiri dari dua jenis, yakni manual dan ultrasonik. Fungsi keduanya pada dasarnya sama. Hanya saja, ada perbedaan dalam mekanisme kerjanya.

Dalam hal kecepatan, scaler ultrasonik jauh lebih unggul dibandingkan scaler manual. Scaler ultrasonik juga relatif lebih minim rasa nyeri. Itulah kenapa scaler ultrasonik lebih sering digunakan dalam pengobatan kalkulus gigi.

 

Tips Mencegah Kalkulus Gigi

Mengacu pada pengertian kalkulus gigi, masalah ini pada dasarnya tidak akan muncul selama gigi rutin dibersihkan. Membersihkan gigi akan mengeliminasi penyebab munculnya karang gigi, khususnya sisa-sisa makanan yang menjadi makanan bakteri.

Saat membersihkan gigi, gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride dan gunakan benang gigi untuk membersihkan sela-sela gigi. Lakukan dengan hati-hati. Menggosok gigi terlalu keras justru bisa menyebabkan gusi berdarah. Agar lebih sempurna, jangan lupa berkumur dengan obat kumur yang mengandung antiseptik.

Selain rutin membersihkan gigi, pola makanan juga harus dijaga. Pastikan untuk mengurangi makanan manis. Makanan manis sangat disukai bakteri penyebab kalkulus gigi. Selain itu, jangan lupa minum air putih lebih banyak dan hindari kebiasaan merokok.

Pepsodent Complete 8 Multi Protection diciptakan untuk membantu menjaga kebersihan gigi sekaligus menguatkannya. Kandungan fluoride di dalamnya mampu melindungi gigi dari pengeroposan.

Bagikan ini