Bahan-bahan Alami Untuk Menjaga Nafas Tetap Segar

Bahan-bahan Alami Untuk Menjaga Nafas Tetap Segar

Kebersihan mulut yang kurang terjaga biasanya menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Selain membuat gigi berlubang, kondisi mulut yang tidak bersih juga bisa menyebabkan nafas bau. Pasti kamu jadi kurang percaya diri saat beraktivitas jika nafas berbau tak sedap. Agar nafas segar dan tidak bau, kamu harus rutin menyikat gigi dua kali sehari, menggunakan obat kumur (mouth wash), dan membersihkan sela-sela gigi dengan benang gigi (dental floss).

Rutinitas membersihkan gigi dan mulut harus dilengkapi dengan manfaat beberapa bahan alami ini agar nafas tidak bau dan membuatmu kembali percaya diri:

 

Air Garam

Bahan paling sederhana yang dapat mengatasi masalah bau mulut adalah garam. Bumbu dapur yang satu ini mengandung antimikroba alami yang dapat menyingkirkan bakteri penyebab bau mulut. Larutkan 1 sdm garam dalam segelas air hangat lalu gunakan untuk berkumur selama 1 menit. Niscaya nafas jadi lebih segar dan bebas bau mulut usai berkumur dengan air garam.

 

Campuran Kayu Manis dan Cengkeh

Dilansir dari International Journal of Pharmaceutical Science and Health Care dan Archives of Oral Biology, kayu manis dan cengkeh merupakan jenis rempah yang dapat dimanfaatkan agar nafas segar dan tidak bau. Senyawa cinnamic aldehyde dalam kayu manis dan senyawa atsiri dalam cengkeh dapat menghambat bakteri penyebab bau mulut dan perusak gigi sekaligus menyegarkan nafas. Cara menggunakannya sangat mudah. Kamu hanya perlu menyiapkan segelas air hangat lalu campurkan dengan 10-15 tetes minyak cengkeh dan 10-15 tetes minyak kayu manis. Aduk campuran tersebut hingga merata lalu gunakan untuk berkumur selama kurang lebih 1 menit. Berkumur dengan campuran kayu manis dan cengkeh akan membuat nafasmu segar dan kamu pun terhindar dari risiko gigi berlubang.

 

Cuka Apel

Dikutip dari Healthline, kandungan asam asetat di dalam cuka apel dapat mengurangi perkembangbiakan bakteri penyebab bau mulut. Namun, kamu harus mencairkan cuka apel dengan takaran yang tepat supaya kandungan asamnya tidak menyebabkan kerusakan gigi. Caranya, siapkan 2 sdt cuka apel dan campurkan ke dalam segelas air. Gunakan larutan cuka apel untuk berkumur selama 1 menit. Selain menyegarkan nafas, larutan cuka apel juga membantu mengatasi produksi dahak berlebih. Gunakan larutan cuka apel untuk membersihkan tenggorokan (gargling) sehingga tenggorokan jadi bersih dan bebas dahak.

Campuran Daun Mint dan Soda Kue

Manfaat daun mint untuk kesehatan mulut memang tak perlu diragukan lagi. Bukan hanya memiliki aroma khas yang ampuh menyamarkan bau mulut, kandungan daun mint juga dapat membasmi bakteri penyebab nafas tak sedap. Jika ingin memanfaatkan daun mint agar nafas tidak bau, campurkan 8-9 helai daun mint dengan 2 sdt soda kue, 2 tetes tea tree oil, dan secangkir air hangat. Aduk campuran bahan tersebut hingga merata supaya tidak ada soda kue yang mengendap di dasar cangkir. Gunakan larutan daun mint untuk berkumur selama 1 menit.

 

Jeruk Nipis

Satu jenis bahan lagi yang dapat membuat nafas tetap segar dan bebas bau adalah jeruk nipis. Kandungan minyak limonoid dalam jeruk nipis memiliki aroma khas yang dapat menghilangkan bau mulut tak sedap. Bila ingin menggunakan jeruk nipis untuk mengatasi masalah nafas bau, campurkan 5 sdt air perasan jeruk nipis dengan sejumput garam dan segelas air hangat. Aduk campuran tersebut lalu gunakan untuk berkumur-kumur hingga seluruh rongga mulut jadi bersih dan bebas bau.

 

Sekarang, kamu bisa memperoleh manfaat jeruk nipis untuk mengatasi nafas bau dengan menggunakan Pasta Gigi Pepsodent Action 123 Herbal. Varian pasta gigi Pepsodent ini mengandung 3 bahan yang baik untuk kesehatan gigi, yaitu sirih yang dikenal sebagai antibakteri alami agar gigi dan mulut selalu sehat, garam yang bermanfaat bagi kesehatan mulut, dan jeruk nipis yang memberikan sensasi rasa segar untuk jadikan mulut adem dan nafasr segar.

Tak hanya menyegarkan nafas, penggunaan Pasta Gigi Pepsodent Action 123 Herbal secara teratur juga dapat membantu merawat kesehatan gigi dan mulut.