8 Makanan yang Cocok Untuk Orang Sakit Gigi

Cara Ampuh Hilangkan Bau Durian di Mulut yang Mengganggu

Apakah Anda gemar menyantap buah durian? 

Cita rasa buah yang mendapat julukan king of fruit tersebut memang sangat istimewa. Namun, ada satu persoalan yang kerap dialami para pencinta durian, yaitu bau yang tertinggal usai menikmatinya. Jika Anda termasuk pecinta durian, sebaiknya perlu tahu caranya untuk menghilangkan bau durian di mulut dan tangan supaya napas kembali segar. 

Jangan sampai bau durian yang tertinggal membuat Anda jadi enggan menyantap buah berduri tersebut, ya. Mari pelajari cara menghilangkan bau durian di mulut supaya Anda bisa lekas mencobanya di rumah. 

Penyebab Durian Beraroma Menyengat 

Sebuah penelitian yang dilakukan di Technical University of Munich Jerman mengungkap bahwa aroma durian yang menyengat berasal dari kandungan asam amino yang bernama etionin. Etionin dalam durian akan melepaskan senyawa sulfur volatil (VSC), menghasilkan bau menyengat yang kita kenali sebagai aroma durian. Studi serupa yang dipublikasikan dalam Journal of Agriculture and Food Chemistry menyatakan bahwa semakin matang sebuah durian maka kadar etionin yang terkandung semakin meningkat. 

Minum dan Cuci Tangan dari Kulit Durian Ampuh Hilangkan Baunya? Ini Faktanya! 

Ada satu tips makan durian agar mulut tidak bau yang populer di kalangan penyuka buah tersebut, yaitu minum dan cuci tangan dengan kulit durian. Sebagian orang masih menganggap hal tersebut adalah mitos. Faktanya, penelitian yang dilakukan di Universitas Indonesia menyatakan bahwa kulit durian mengandung senyawa 5-Hydroxymethylfurfural (5-HMF) yang dapat menetralkan senyawa sulfur penyebab bau durian. 

Cara menghilangkan bau durian dengan minum dan cuci tangan harus dilakukan dengan cara yang tepat supaya hasilnya maksimal. Tuangkan sedikit air matang bersuhu hangat pada bagian dalam kulit durian lalu gosok dengan ujung jari agar lapisan lilin alaminya terlepas. Minumlah sebagian air dalam kulit durian tersebut lalu gunakan sisanya untuk mencuci tangan. 

Lapisan lilin merupakan mekanisme alami yang menjaga agar aroma daging durian tetap utuh sebelum durian dibuka. Hal tersebut membuat lapisan lilin dalam kulit durian bisa dimanfaatkan untuk mengatasi bau yang tertinggal di mulut dan tangan. Kendati demikian, minum dan cuci tangan di kulit durian tidak sepenuhnya efektif bila aroma durian matang terlalu kuat sehingga Anda harus mengimbanginya dengan melakukan berbagai cara lain. 

Cara Menghilangkan Bau Durian di Mulut  

Menghilangkan bau durian yang menempel di tangan tidak terlalu sulit sebab Anda hanya perlu mencuci tangan dengan bahan beraroma kuat. Beberapa bahan yang ampuh menyingkirkan bau durian di tangan, antara lain air perasan lemon, daun kemangi, ampas kopi, atau sabun cuci tangan yang mengandung bahan antiseptik. Sebaliknya, mengatasi bau durian di mulut justru terasa lebih sukar karena bau khas tersebut melekat kuat pada rongga mulut. 

Jika tidak ingin minum air yang direndam dengan  kulit durian, beberapa cara menghilangkan bau durian di mulut berikut ini juga bisa Anda lakukan di rumah: 

  • Mengonsumsi air dalam jumlah cukup: cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi bau durian di mulut adalah minum air. Konsumsi air akan membantu menetralkan senyawa sulfur yang tertinggal di rongga mulut. Selain itu, air juga menstimulasi produksi air liur yang berperan sebagai zat pembersih alami bagi mulut. 

  • Menyikat gigi: bau durian di mulut yang tak kunjung hilang juga dapat diatasi dengan menyikat gigi. Pilihlah pasta gigi berkualitas yang ampuh menangkal bau tak sedap pada mulut, salah satunya yaitu Pasta Gigi Pepsodent Complete 8 Herbal. Produk Pepsodent ini mengandung daun sirih yang dikenal sebagai anti bakteri alami agar mulut dan gigi tetap sehat. Di samping itu, Pasta Gigi Pepsodent Complete 8 Herbal juga terdiri dari kandungan garam yang merupakan bahan alami kaya manfaat bagi mulut serta jeruk nipis yang memberikan sensasi segar. Masalah bau mulut akibat makan durian atau makanan lainnya akan lekas teratasi bila Anda menyikat gigi dengan benar menggunakan Pasta Gigi Pepsodent Complete 8 Herbal yang dapat membuat napas kembali segar selama 18 jam. 

  • Mengonsumsi makanan dan minuman penghilang bau mulut: bau durian di mulut dapat diatasi dengan mengonsumsi makanan dan minuman tertentu. Bahan makanan kaya vitamin C seperti jeruk, apel, mangga, dan brokoli ternyata ampuh menghalau bau menyengat dan membasmi bakteri penyebab bau mulut. Selain beberapa bahan makanan tersebut, air kelapa dan yoghurt juga dapat diandalkan untuk mengatasi masalah bau mulut tak sedap akibat durian. Air kelapa mengandung elektrolit dan anti bakteri alami yang dapat menetralkan bau, sedangkan yoghurt mengandung probiotik yang menekan kadar sulfur dalam rongga mulut. 

  • Membersihkan rongga mulut dengan obat kumur: obat kumur (mouthwash) juga bisa membantu Anda menghilangkan bau mulut setelah makan durian. Sekarang, ada Obat Kumur Pepsodent Mouthwash Herbal Natural Anti Bakteri yang siap jadi andalan Anda. Produk obat kumur Pepsodent ini diformulasikan tanpa alkohol yang efektif membantu melawan bakteri sekaligus memberikan rasa aman di mulut. Gunakan Obat Kumur Pepsodent Mouthwash Herbal Natural Anti Bakteri setelah menyantap durian untuk menetralkan bau menyengat di rongga mulut. 

  

Setelah memahami cara menghilangkan bau durian di mulut dan di tangan, tentu tak ada keraguan lagi saat ingin menikmati buah favorit tersebut. Mulut bersih dan segar tanpa sisa bau durian akan membuat Anda percaya diri saat melanjutkan aktivitas. 

Pilihlah pasta gigi berkualitas yang ampuh menangkal bau tak sedap pada mulut, salah satunya yaitu Pasta Gigi Pepsodent Complete 8 Herbal. Anda tidak perlu khawatir lagi akan bau mulut tak sedap setelah memakan makanan dengan aroma tajam termasuk durian, karena menyikat gigi dengan pasta gigi Pepsodent Complete 8 Herbal dapat membuat napas segar selama 18 jam. Jangan lupa juga berkumur dengan Obat Kumur Pepsodent Mouthwash Herbal Natural Anti Bakteri untuk perlindungan optimal. 

Jika Anda masih memiliki pertanyaan atau mungkin memiliki masalah terkait kesehatan gigi dan mulut, Pepsodent kini menyediakan konsultasi kesehatan gigi dan mulut GRATIS via ponsel. Tanyakan semua hal mengenai kesehatan gigi dan mulut pada dokter gigi melalui layanan konsultasi gratis kami dengan klik link berikut ini: http://bit.ly/Teledentistry-2023

Anda dapat memilih berkonsultasi langsung dengan Dokter Gigi saat online hour (08.00-21.00 WIB) atau dapatkan informasi kesehatan gigi dan mulut yang telah direkomendasikan oleh PDGI saat offline hour (21.00 – 08.00 WIB). 

Artikel telah ditinjau oleh drg. Fatimah Rahmatya Gita Isjwara 

 

  

Referensi: 

  • cnnindonesia.com/gaya-hidup/20230606144125-262-958292/ternyata-ini-yang-bikin-buah-durian-punya-bau-menyengat 
  • goodyfeed.com/netizen-posted-scientific-explanation-to-why-drinking-salt-water-from-durian-husks-cool-you-down/ 
  • hellosehat.com/nutrisi/tips-makan-sehat/cara-menghilangkan-bau-durian/  
  • sains.kompas.com/read/2017/10/10/200700923/mengapa-bau-durian-sangat-tajam-ini-penjelasan-ilmiahnya 
  • sayurbox.com/blog/10-cara-menghilangkan-bau-durian  
  • sehatq.com/forum/bagaimana-cara-menghilangkan-bau-durian-di-mulut-q50766