8 Makanan yang Cocok Untuk Orang Sakit Gigi

Gigi Berlubang Bikin Bau Mulut? Ini Cara Mengatasinya!

Gigi berlubang merupakan salah satu gangguan kesehatan mulut yang dialami banyak masyarakat Indonesia. Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2018 menunjukkan bahwa 88,80% pernah mengalami masalah gigi berlubang. Selain menyebabkan kerapuhan dan rasa ngilu, gigi berlubang juga dapat menimbulkan bau mulut tak sedap. Anda harus mengidentifikasi lubang gigi terlebih dahulu agar dapat mempraktikkan cara menghilangkan bau mulut karena gigi berlubang. 

Benarkah gigi berlubang bisa mengakibatkan bau tak sedap dan bagaimana cara mengatasinya? 

Mari cari tahu faktanya melalui ulasan berikut ini!  

Lubang pada Gigi: Biang Keladi Penyebab Bau Mulut 

Banyak orang tidak menyadari bahwa gigi berlubang bisa membuat bau mulut jadi tak sedap. Hal ini dapat terjadi karena sisa-sisa makanan mudah masuk dan melekat pada lubang gigi. Akumulasi sisa makanan tersebut akan memicu kemunculan bakteri penyebab bau mulut untuk terus berkembang biak. Reaksi yang terjadi ketika bakteri penyebab bau mulut mengonsumsi sisa makanan akan menghasilkan gas sulfur yang baunya menyengat. Alhasil, bau mulut akibat gigi berlubang pun tak dapat dihindari lagi. 

Pertolongan pertama ketika ingin melakukan cara mengatasi bau mulut karena gigi berlubang adalah menemukan lubang gigi terlebih dahulu. Meskipun terkesan mudah, hal ini bisa terasa sulit bila lubang berada di gigi bagian dalam sehingga sulit dilihat secara sekilas. Jadi, Anda wajib curiga bila semua gigi tampak sehat dan Anda telah menyikat gigi dengan teratur tetapi bau mulut masih mengganggu. Bisa saja ada lubang gigi tersembunyi yang mengakibatkan bau tak sedap. Selain susah ditemukan, lubang gigi yang letaknya tidak terlihat jelas biasanya juga sulit dibersihkan sehingga membuat bau mulut semakin parah. 

Cara Menghilangkan Bau Mulut karena Gigi Berlubang 

Masalah kecil seperti gigi berlubang penyebab bau mulut tidak boleh mengusik kepercayaan diri Anda sewaktu beraktivitas. Sebaiknya, Anda melakukan beberapa hal berikut ini supaya bau mulut tak sedap segera lenyap: 

  • Melakukan penambalan gigi: cara menghilangkan bau mulut karena gigi berlubang paling ampuh adalah menangani lubangnya terlebih dahulu. Kalau kondisi gigi yang rusak tidak terlalu parah, dokter akan menyarankan proses penambalan untuk menutup lubang. Beberapa bahan populer untuk menambal gigi berlubang, antara lain komposit, resin, amalgam, dan porselen. Selain menutup lubang agar tidak menampung sisa-sisa makanan lagi, penambalan juga penting untuk mengembalikan tampilan alami gigi seperti semula. Bahan yang kerap digunakan untuk membuat crown gigi juga variatif, antara lain resin, porselen, dan logam. 

  • Menyikat gigi secara teratur: kalau Anda belum sempat berkonsultasi dengan dokter gigi untuk mengatasi masalah gigi berlubang, maka setidaknya Anda wajib menyikat gigi secara teratur. Cara menghilangkan bau mulut karena gigi berlubang secara alami ini akan membersihkan lubang gigi sampai tuntas sehingga tak ada sisa-sisa makanan yang menimbulkan bau tak sedap. Upaya mengatasi bau mulut akan berlangsung lancar jika Anda menyikat gigi dengan Pasta Gigi Pepsodent Pencegah Gigi Berlubang . Produk Pepsodent ini dapat membantu melawan kuman bakteri dan memberikan perlindungan maksimal dari gigi berlubang*. Di samping itu, Pasta Gigi Pepsodent Pencegah Gigi Berlubang juga mengandung Formula Double Action yang diperkaya Mikro Kalsium Aktif dan Pro-fluoride kompleks untuk perlindungan gigi terbaik bagi keluarga pada siang dan malam hari**. Penggunaan pasta gigi ini terbukti 2x lebih efektif memperbaiki lubang kecil tak kasat mata sebelum berkembang menjadi gigi berlubang***. 

  • Menggunakan obat kumur anti bakteri: kadang kala menyikat gigi saja belum cukup untuk menyingkirkan sisa-sisa makanan pada lubang gigi. Jadi, sebaiknya Anda menyempurnakan proses membersihkan gigi dengan menggunakan Obat Kumur Pepsodent Mouthwash Active Defense Anti Bakteri. Obat kumur ini dilengkapi teknologi Cetylpridnium Chloride (CPC) yang membantu melawan bakteri penyebab plak, radang gusi, dan bau mulut. Di samping itu, Obat Kumur Pepsodent Mouthwash Active Defense Anti Bakteri juga diperkaya kandungan fluoride yang menjaga gig kuat dan gusi tetap sehat. Kandungannya yang bebas alkohol membuat obat kumur Pepsodent ini cocok untuk gigi sensitif. Sela-sela gigi yang tidak terjangkau sikat gigi akan bebas dari sisa-sisa makanan bila Anda membersihkannya dengan obat kumur. 

  • Memakai crown gigi: ternyata, penambalan gigi bukan satu-satunya cara untuk mengatasi gigi berlubang. Ada cara lain yang bisa dilakukan untuk mengembalikan tampilan gigi, yaitu pemasangan crown gigi. Tak cuma ampuh memperbaiki gigi berlubang, pemakaian crown juga dapat menyatukan bagian-bagian gigi yang retak sehingga kerusakan tidak semakin parah. Risiko pembusukan akibat lubang pada gigi pun berkurang drastis pasca pemasangan crown. Untuk penambalan, bahan yang biasa digunakan adalah resin komposit dan semen ionomer kaca atau glass ionomer cement. 

  • Mencabut gigi: kerusakan gigi pada tahap lebih parah membuatnya tak bisa lagi ditambal. Biasanya hal ini dibarengi dengan berbagai gejala lain, seperti gigi sakit sepanjang hari dan ukuran lubang sangat besar. Pencabutan gigi membuatnya tak lagi terasa nyeri dan masalah bau mulut pun akan segera hilang. 

  

Pengalaman buruk dengan masalah gigi berlubang pasti membuat Anda lebih cermat merawat gigi. Bergegaslah mengatasi lubang pada gigi secara intensif supaya Anda terhindar dari risiko bau mulut tak sedap.  

Jika Anda memiliki pertanyaan atau masalah terkait kesehatan gigi dan mulut, Pepsodent menyediakan konsultasi kesehatan gigi dan mulut GRATIS via ponsel. Tanyakan semua hal mengenai kesehatan gigi dan mulut pada dokter gigi melalui layanan konsultasi gratis kami dengan klik link berikut ini: http://bit.ly/Teledentistry-2023

Anda dapat memilih berkonsultasi langsung dengan Dokter Gigi saat online hour (08.00-21.00 WIB) atau dapatkan informasi kesehatan gigi dan mulut yang telah direkomendasikan oleh PDGI saat offline hour (21.00 – 08.00 WIB). 

*Berdasarkan kandungan maksimal fluoride sebagai anti cavity agent yang diizinkan pada pasta gigi. 

**Dengan sikat gigi teratur 2 kali sehari. 

***Mengacu pada aktivitas pengembalian mineral yang hilang pada email gigi. 

Artikel telah ditinjau oleh drg. Nanditha Puspadewi 

 

Referensi: 

  • alodokter.com/ketahui-cara-menghilangkan-bau-mulut-karena-gigi-berlubang-di-sini  
  • detik.com/bali/berita/d-6611700/15-cara-menghilangkan-bau-mulut-karena-gigi-berlubang  
  • honestdocs.id/cara-menghilangkan-bau-mulut-karena-gigi-berlubang  
     
    hellosehat.com/gigi-mulut/gusi-mulut/bau-mulut-karena-gigi-berlubang/  
  • liputan6.com/health/read/4067653/pada-bkgn-2019-riset-80-persen-masyarakat-indonesia-memiliki-masalah-gigi-berlubang 
  • sehatq.com/artikel/cara-menghilangkan-bau-mulut-karena-gigi-berlubang