8 Makanan yang Cocok Untuk Orang Sakit Gigi

Mulut Bau Bawang Bombay setelah Makan? Atasi dengan Cara Ini!

Ketersediaan jenis bumbu yang melimpah di tanah air menghasilkan cita rasa makanan yang sedap dan aromatik. Di sisi lain, ada beberapa jenis bumbu yang dapat mengakibatkan bau mulut bila konsumsinya tidak diimbangi dengan upaya menjaga kebersihan mulut yang tepat. Salah satu bumbu dapur penyebab mulut bau yang kerap dialami banyak orang adalah bawang bombay. Lebih parahnya lagi, bau bawang bombay terbilang sulit dihilangkan hingga membuat napas terasa kurang segar selama beberapa hari. 

Ingin tahu mengapa bawang bombay bisa mengakibatkan bau mulut serta cara menghilangkannya? Mari simak dulu ulasan lengkap berikut ini! 

Mengapa Bawang Bombay Bisa Jadi Penyebab Mulut Bau? 

Bawang bombay sama seperti bawang merah dan bawang putih yang berasal dari keluarga tanaman Allium. Keduanya mempunyai kesamaan komposisi serta kandungan sulfur yang menghasilkan rasa khas pada makanan. Selain mengandung sulfur, bawang bombay juga memiliki kandungan gas alliin yang dapat berubah menjadi allicin saat kulit bawang dikupas.  Keberadaan gas tersebut tidak cuma menimbulkan sensasi rasa perih di mata, melainkan juga membuat aroma bawang bombay semakin menyengat. 

Senyawa sulfur yang masuk ke tubuh ketika mengonsumsi bawang bombay akan diserap sistem pencernaan dan aliran darah. Selanjutnya, proses tersebut menghasilkan produk sampingan berupa bau tak sedap yang keluar melalui napas dan pori-pori kulit. Senyawa sulfur yang tertinggal di mulut turut memicu kemunculan bakteri penyebab mulut. 

Bagaimana Cara Menghilangkan Bau Bawang Bombay di Mulut? 

Anda tak perlu menahan keinginan menyantap makanan yang mengandung bawang bombay hanya karena bawang tersebut adalah salah satu penyebab mulut bau. Lakukan beberapa cara efektif berikut ini untuk menghilangkan bau bawang bombay di mulut: 

  • Meminum air putih dalam jumlah banyak: cara paling mudah untuk menghilangkan bawang bombay di mulut adalah meminum air putih dalam jumlah banyak. Air putih dapat membantu melarutkan senyawa sulfur pada sela-sela gigi dan lidah sehingga baunya berkurang. Selain itu, konsumsi air putih juga menstimulasi produksi air liur untuk menghambat perkembangbiakan bakteri penyebab bau mulut.  

  • Mengunyah permen karet mint: salah satu cara menghilangkan bau bombay di mulut yang paling mudah adalah mengunyah permen karet mint. Kandungan mint yang beraroma kuat bisa membantu menyamarkan bau bawang bombay sehingga napas kembali segar. Bahkan, American Dental Association menganjurkan aktivitas mengunyah permen karet mint tanpa gula selama 20 menit untuk membantu menjaga kesehatan gigi.  

  • Mengonsumsi susu dan produk olahannya: kandungan lemak yang tinggi pada susu dan produk olahannya dapat menyamarkan bau mulut tak sedap yang disebabkan senyawa sulfur. Oleh sebab itu, konsumsi susu dan produk olahan lainnya sangat disarankan untuk mengatasi masalah bau mulut usai menyantap bawang bombay. Studi kesehatan yang dirilis pada Jurnal Molecules 2023 menyatakan bahwa konsumsi susu mampu mengurangi 99% gas yang mudah menguap pada bawang sehingga risiko bau mulut dapat diminimalkan. 

  • Mencampurkan air perasan lemon dalam minuman: rasa asam yang kuat pada lemon terbukti efektif menyamarkan bau mulut tak sedap usai makan bawang bombay. Selain itu, lemon kaya kandungan bahan aktif alami berupa flavonoid, saponin, dan karotenoid yang bersifat sebagai anti bakteri. Menambahkan perasan lemon pada air minum bisa membantu mengembalikan kesegaran napas agar bebas bau bawang. 

  • Menyikat gigi dengan pasta gigi yang tepat: cara menghilangkan bau bawang bombay di mulut yang sebenarnya paling mudah dilakukan adalah menyikat gigi. Proses membersihkan gigi yang dilakukan secara tepat dapat menghilangkan sulfur dan sisa-sisa makanan penyebab mulut bau. Salah satu rekomendasi produk yang bisa membantu Anda mengatasi bau mulut usai makan bawang bombay adalah pasta gigi Pepsodent Complete 8 Herbal. Varian pasta gigi Pepsodent ini mengandung daun sirih yang dikenal sebagai anti bakterial alami agar gigi dan mulut tetap sehat. Di samping itu, pasta gigi Pepsodent Complete 8 Herbal juga mengandung garam yang dikenal sebagai bahan alami yang bermanfaat bagi mulut serta jeruk nipis yang memberikan rasa segar. Mulut jadi adem dan napas segar hingga 18 jam bila Anda menyikat gigi dengan pasta gigi Pepsodent tersebut secara teratur. 

  • Menggunakan benang gigi dan obat kumur (mouthwash): bau bawang yang tetap tertinggal di mulut setelah menyikat gigi berasal dari sisa makanan di sela-sela gigi. Namun, Anda tak perlu khawatir sebab masalah ini bisa diatasi dengan benang gigi dan obat kumur (mouthwash). Gunakan benang gigi bertekstur lembut untuk membersihkan sela gigi usai menyikat gigi. Lakukan proses pembersihan secara perlahan-lahan supaya semua sisa makanan terangkat Kemudian, akhirilah proses membersihkan gigi dengan menggunakan obat kumur. Kini, ada Obat Kumur Pepsodent Mouthwash Herbal Natural Anti Bakteri. Formulanya yang terbukti halal dan tanpa alkohol efektif membantu melawan bakteri dan memberikan rasa nyaman di mulut. Alhasil, mulut jadi bersih maksimal dan bebas bau tak sedap bila Anda menggunakan Obat Kumur Pepsodent Mouthwash Herbal Natural Anti Bakteri secara teratur. 

  

Kini, Anda tak perlu kapok menikmati makanan yang mengandung bawang bombay bila sudah tahu cara mengantisipasi baunya yang menyengat di mulut. Kebersihan mulut yang selalu terjaga akan membuat Anda terbebas dari bau tak sedap penyebab minder. 

Jika Anda memiliki pertanyaan atau masalah terkait kesehatan gigi dan mulut, Pepsodent menyediakan konsultasi kesehatan gigi dan mulut GRATIS via ponsel. Tanyakan semua hal mengenai kesehatan gigi dan mulut pada dokter gigi melalui layanan konsultasi gratis kami dengan klik link berikut ini: http://bit.ly/Teledentistry-2023

Anda dapat memilih berkonsultasi langsung dengan Dokter Gigi saat online hour (08.00-21.00 WIB) atau dapatkan informasi kesehatan gigi dan mulut yang telah direkomendasikan oleh PDGI saat offline hour (21.00 – 08.00 WIB). 

Artikel telah ditinjau oleh drg. Nanditha Puspadewi 

 

Referensi: 

healthline.com/health/get-rid-of-garlic-onion-breath#1.-Eat-produce-like-apples,-spinach,-or-mint-