8 Makanan yang Cocok Untuk Orang Sakit Gigi

Mulut Bau Bawang Putih setelah Makan? Atasi dengan Cara Ini

Rempah-rempah  tidak hanya membuat hidangan menjadi kaya cita rasa, tetapi juga sarat manfaat kesehatan. Salah satu rempah yang paling populer di tanah air dan digunakan dalam aneka hidangan adalah bawang putih. Sayangnya, bau bawang putih yang menyengat akan menimbulkan sensasi kurang nyaman di mulut setelah Anda mengonsumsinya.  

Anda tak perlu kuatir apalagi berhenti menyantap hidangan berbahan dasar bawang putih hanya karena kuatir dengan aromanya yang menyengat. Namun Anda perlu tahu cara menghilangkan bau bawang putih di mulut yang efektif sehingga tetap bisa menikmatinya dan mendapatkan berbagai khasiatnya. 

Mengapa Bawang Putih Beraroma Menyengat? 

Aroma khas pada bawang putih berasal dari kandungan enzim alliinase. Molekul enzim tersebut akan keluar ketika bawang putih dipotong, dimemarkan, atau dihaluskan. Proses kimiawi yang terjadi pada alliinase akan mengubah allin menjadi allicin, suatu molekul belerang yang menghasilkan bau menyengat. 

Keberadaan molekul tersebut akan memunculkan bau tak sedap yang tahan lama, antara berjam-jam hingga berhari-hari.  

Proses Terjadinya Bau Mulut akibat Bawang Putih  

Ada dua mekanisme yang menyebabkan mulut bau bawang putih, yaitu: 

  • Molekul belerang hasil pemecahan enzim aliinase melekat pada gigi dan rongga mulut usai mengonsumsi bawang putih hingga memicu bau tak sedap. Kondisi bau mulut tersebut dapat dihilangkan jika Anda membersihkan mulut sampai tuntas atau mengonsumsi makanan yang dapat menetralkan bau tersebut. 

  • Senyawa gas bernama Allyl Methyl Sulfide (AMS) yang diserap aliran darah selama proses metabolisme bawang putih berlangsung dalam tubuh. Selanjutnya, aliran darah akan membawa AMS menuju paru-paru sehingga menyebabkan mulut bau bawang putih. AMS juga memicu bau badan bila dikeluarkan melalui kelenjar keringat pada pori-pori kulit. Kecenderungan ini tak cuma membuat Anda harus melakukan berbagai cara menghilangkan bau bawang putih di mulut, tetapi juga di seluruh tubuh. 

Cara Menghilangkan Bau Bawang Putih di Mulut 

Jangan panik bila mengalami masalah bau mulut setelah mengonsumsi bawang putih. Anda bisa melakukan beberapa cara menghilangkan bau mulut setelah makan bawang putih agar aroma mulut kembali segar: 

  • Minum air dalam jumlah cukup:  konsumsi air yang cukup merupakan pertolongan pertama pada mulut yang bau bawang putih. Air akan membantu melarutkan molekul belerang yang masih menempel pada gigi, gusi, dan rongga mulut. Selain itu, asupan air juga menstimulasi pembentukan air liur yang menjadi bahan pembersih alami bagi mulut. 

  • Konsumsi makanan dan minuman tertentu: cara menghilangkan bau bawang putih di mulut secara cepat juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi jenis makanan dan minuman tertentu yang memiliki senyawa aktif untuk menetralisasi atau menutupi bau bawang putih, antara lain apel, selada, teh hijau, bubuk kopi, susu, daun peterseli dan daun mint. Setiap bahan tersebut memiliki keistimewaan tersendiri yang ampuh mengatasi mulut bau bawang putih. Contohnya, apel mengandung enzim yang fungsinya menyerupai deodoran alami, asam sitrat dalam lemon berkhasiat menetralkan alliinase, lemak dalam susu ampuh menetralkan bau tak sedap akibat konsumsi bawang putih, serta peterseli dan daun mint yang kandungan minyaknya beraroma lebih kuat daripada bau bawang putih. 

  • Sikat gigi secara rutin: menyikat gigi secara rutin adalah salah satu cara menghilangkan bau bawang putih di mulut yang paling ampuh. Anda wajib menyikat gigi minimal dua kali sehari untuk membersihkan gigi. Jangan lewatkan untuk menyikat bagian pangkal lidah untuk menghilangkan bau tak sedap. Proses menyikat gigi wajib dilakukan secara cermat supaya tidak ada molekul penyebab aroma bawang putih yang tertinggal pada permukaan gigi. 

  • Bersihkan rongga mulut dengan obat kumur: Setelah menyikat gigi, sempurnakan proses membersihkan gigi dengan berkumur menggunakan obat kumur. Pilihlah obat kumur yang bebas kandungan alkohol agar tidak menimbulkan sensasi terbakar pada rongga mulut. Rasa obat kumur yang segar akan membuat bau bawang putih hilang sehingga mulut bebas bau tak sedap. 

  

Cara hilangkan bau bawang putih di mulut akan terasa lebih mudah bila Anda memilih pasta gigi yang tepat, seperti Pasta Gigi Pepsodent Complete 8 Herbal. Varian pasta gigi Pepsodent ini mengandung daun sirih yang dikenal sebagai anti bakteri alami agar mulut dan gigi tetap sehat. Selain daun sirih, Pasta Gigi Pepsodent Complete 8 Herbal juga memiliki kandungan garam yang merupakan bahan alami kaya manfaat bagi mulut serta jeruk nipis yang memberikan sensasi segar. 

Lengkapi pasta gigi Pepsodent Complete 8 Herbal andalan Anda dengan penggunaan Sikat Gigi Pepsodent Nanosoft Korean Bamboo Salt Gum Care+. Pepsodent Nanosoft Bamboo Salt memiliki kandungan Bamboo Salt asli Taiwan pada setiap helai bulunya. Efektif utuk membersihkan dan merawat kesehatan gusi. 

Dengan teknologi Nanosoft, mampu menghilangkan 4 lapis plak dalam sekali sikat. Dilengkapi dengan leher sikat 3 sudut yang fleksibel, mampu menjangkau hingga bagian mulut terdalam sehingga tidak ada lagi sisa-sisa makanan. 

Masalah mulut bau bawang putih pasti membuat Anda tak ragu mengonsumsi bahan makanan sehat tersebut karena Anda sudah paham cara mengatasinya. Kebiasaan membersihkan mulut secara telaten pasti berhasil menjauhkan Anda dari bau mulut tak sedap yang mengganggu kepercayaan diri. 

Jika Anda memiliki masalah dengan bau mulut tak sedap dan gangguan kesehatan gigi dan mulut lainnya, Pepsodent menyediakan konsultasi kesehatan gigi dan mulut GRATIS via ponsel. Tanyakan semua hal mengenai kesehatan gigi dan mulut pada dokter gigi melalui layanan konsultasi gratis kami dengan klik link berikut ini: http://bit.ly/Teledentistry-2023

Anda dapat memilih berkonsultasi langsung dengan Dokter Gigi saat online hour (08.00-21.00 WIB) atau dapatkan informasi kesehatan gigi dan mulut yang telah direkomendasikan oleh PDGI saat offline hour (21.00 – 08.00 WIB). 

Artikel telah ditinjau oleh drg. Fatimah Rahmatya Gita Isjwara 

 

  

Referensi: 

  • hellosehat.com/gigi-mulut/gusi-mulut/bau-bawang-di-mulut/  
  • klikdokter.com/info-sehat/gigi-mulut/cara-mudah-hilangkan-bau-mulut-akibat-makan-bawang  
  • kompas.com/food/read/2023/01/06/070500175/3-cara-hilangkan-nafas-bau-bawang-putih-?page=all 
  • livestrong.com/article/107965-causes-garlic-body-odor/ 
  • sehatq.com/artikel/mulut-bau-bawang-dapat-diatasi-dengan-cara-ini