Alt text to fill

Baking Soda untuk Gigi: Memutihkan Gigi dan Manfaatnya Lainnya

Baking soda adalah salah satu bahan makanan yang umum digunakan untuk pembuatan kue. Lebih dari itu, diketahui bahwa bahan makanan ini memiliki manfaat lain dari sekedar mengembangkan adonan. Salah satu contohnya adalah sebagai obat maag. Sifatnya yang basa mampu menetralisir asam lambung dalam jangka pendek. Selain itu, ada banyak lagi kegunaannya. Sebut saja untuk mengangkat sel kulit mati, mencegah rambut cepat lepek, menghaluskan bagian tumit dan telapak kaki, digunakan sebagai deodoran sendiri, hingga membuat kuku lebih mengkilap. Yang tidak kalah penting adalah adanya manfaat yang juga dapat diberikan oleh baking soda untuk gigi, berikut penjelasannya.

Manfaat Baking Soda untuk Gigi

 

Memutihkan Gigi

Bagi Anda yang mengalami masalah kurangnya rasa percaya diri karena gigi yang berwarna kuning, ini adalah jawaban yang Anda cari. Dari sudut pandang kimia, baking soda (Sodium Bikarbonat) memiliki sifat sedikit abrasif, sehingga dapat menghilangkan noda pada gigi baik karena sering minum teh, kopi, atau merokok.

 

Melawan Bakteri

Manfaat lain yang sama hebatnya adalah kemampuan baking soda dalam melawan bakteri [PA1]   yang pada akhirnya dapat membantu mengurangi potensi gigi menjadi rusak.

 

Mencegah Pembentukan Plak Gigi

Plak gigi merupakan gabungan antara sisa makanan dan air liur yang menempel di gigi dan menjadi sarang berkembangbiaknya bakteri. Plak gigi memiliki sifat asam dan dapat merusak gigi dan gusi. Di sini lah baking soda mengambil peran selaku zat bersifat basa. Kehadirannya akan mengurangi tingkat keasaman mulut dan membersihkan gigi dari plak. Dengan mulut yang sudah lebih netral, fluoride dalam pasta gigi dapat dengan lebih mudah untuk mengembalikan enamel gigi yang rusak.

 

Penggunaan Baking Soda yang Tepat untuk Gigi

Jika gigi Anda sensitif atau memiliki masalah gusi, ada baiknya untuk berkonsultasi lebih dahulu dengan dokter gigi agar lebih aman. Jika tidak, maka Anda dapat mengaplikasikannya. Semakin banyak baking soda yang dipakai, semakin efektif juga manfaat yang diberikan. Bagaimanapun, jumlahnya juga tetap harus dibatasi. Penggunaan yang berlebihan malah akan membuat gigi menjadi rusak. Ini kembali karena sifat abrasif yang dimiliki, sehingga enamel gigi akan semakin terkikis dan menjadi sensitif jika diaplikasikan terlampau banyak dan sering. Lantas, bagaimanakah penggunaan yang tepat?

 

Cara memutihkan gigi dengan baking soda dapat dicampur dengan air, pasta gigi, hidrogen peroksida, lemon, jeruk nipis, minyak kelapa, stroberi, atau cuka apel. Bahan-bahan tersebut dapat menjadi pasangan yang melengkapi baking soda. Hal yang patut diperhatikan adalah durasi tiap kali menggunakan baking soda yakni tidak sampai dua menit. Lalu langsung berkumur dengan air bersih. Selain itu, cara ini dapat diulang paling banyak 2-3 kali setiap minggu. Selain itu, tetaplah rutin menyikat gigi setelah sarapan dan sebelum tidur malam setiap hari.

 

Untuk cara yang lebih praktis, Anda dapat menggunakan pasta gigi khusus yang memang dirancang untuk memutihkan gigi seperti Pepsodent Plus Whitening yang mengandung fluoride dan kalsium untuk gigi sehat dan kuat, dan perlite yang merupakan bahan alami yang bisa membantu mengangkat noda pada gigi sehingga tampak putih alami dalam 2 minggu.

Bagikan ini

AddThis is disabled because of cookie consent