wanita itu tersenyum

Senyum Gigi Putih Alami dengan Paduan Bahan Natural

Gigi kuning seringkali menjadi penghalang untuk bisa tersenyum lepas. Anda tentunya selalu ingin tampil sempurna dan terlihat bersih, termasuk gigi dengan gigi putih alami, bersih dan sehat. Namun, tahukah Anda bahwa, pada dasarnya warna gigi turut ditentukan oleh DNA Anda, dimana gigi berwarna gading merupakan warna alami yang ada pada sebagian besar orang.

Penyebab Gigi Kuning

Warna kuning sendiri sebenarnya tidak selalu merupakan tanda buruknya kesehatan mulut atau gigi. Warna kuning gigi selain karena faktor alami, juga dipengaruhi oleh kebiasaan-kebiasaan yang membuat warna gigi semakin menguning. Apa sajakah kebiasaan-kebiasaan tersebut?

  • Tidak Rajin atau Rutin Membersihkan Gigi Tidak rajin atau rutin membersihkan gigi akan menyebabkan timbunan plak yang menjadi salah satu penyebab gigi kuning. Timbunan plak disebabkan oleh penumpukan jaringan ludah dan sisa-sisa makanan yang tidak dibersihkan dengan benar. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk rajin dan rutin membersihkan gigi Anda setiap pagi selepas sarapan dan sebelum tidur untuk menghindari tumpukan plak.
  • Merokok Merokok memiliki banyak efek buruk untuk tubuh, termasuk pada gigi Anda. Kebiasaan merokok terutama bagi para perokok berat, akan membuat gigi Anda semakin cepat menguning. Kandungan nikotin dan tar yang ada pada rokok akan menempel pada email gigi. Semakin banyak dan semakin lama Anda merokok, gigi Anda bahkan akan menjadi kecoklatan dan menghitam.
  • Cara Menyikat Gigi yang Terlalu Keras dan Kasar Menyikat gigi pada dasarnya tentu merupakan upaya untuk membuat agar gigi dan mulut selalu bersih. Namun, dalam menyikat gigi ternyata ada cara yang tepat, karena bila Anda menyikat gigi dengan cara yang salah, akan menjadi salah satu penyebab gigi menguning. Bila Anda menyikat gigi terlalu keras justru akan merusak lapisan enamel pada gigi yang akan membuat gigi menguning.
  • Penggunaan Obat Gigi yang kuning juga bisa disebabkan oleh penggunaan obat-obatan tertentu. Obat-obatan tersebut diantaranya tetracycline, doxycyclie atau obat-obatan alergi dan tekanan darah yang bila digunakan secara berlebih akan menyebabkan gigi menjadi kuning.
  • Konsumsi Kopi, Teh atau Soda Kopi, teh atau soda tentu menjadi sajian minuman yang sering dikonsumsi, baik saat di rumah, ketika di kantor atau di berbagai tempat hangout. Namun, sajian minuman tersebut memiliki kandungan yang dapat mengikis lapisan enamel pada gigi dan akan menempel di dentin yang pada dasarnya berwarna kuning dan membuat gigi akan semakin menguning.

Namun, kebiasaan ini pada dasarnya bisa Anda atasi dengan perawatan gigi yang rutin dan menggunakan produk yang tepat, sehingga Anda tetap bisa menikmati sajian minuman yang Anda sukai tanpa khawatir gigi akan menjadi kuning.

Ya, beberapa kebiasaan di atas pada dasarnya dapat membuat gigi Anda menjadi semakin kuning bila Anda tidak mengantisipasinya dengan cara-cara yang efektif untuk menjaga gigi putih alami.

Cara Efektif dalam Memutihkan Gigi

Memiliki gigi yang putih tentu menjadi keinginan banyak orang. Dengan gigi yang putih, Anda dapat tersenyum alami dengan percaya diri, karena gigi pun akan tampak lebih cemerlang dan sehat. Untuk itu, ada beberapa cara efektif yang bisa lakukan untuk memutihkan gigi.

Kurangi atau Berhenti Merokok Seperti yang sudah Anda ketahui bahwa merokok adalah salah satu penyebab utama gigi menjadi kuning atau bahkan berubah warna ke cokelat dan menghitam. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mengurangi atau bahkan berhenti merokok yang tidak hanya untuk gigi Anda, tetapi untuk tubuh Anda.

Perawatan ke Dokter Gigi Penting juga untuk Anda secara rutin melakukan perawatan ke dokter gigi setiap 6 (enam) bulan sekali. Selain untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut secara umum, di dokter gigi juga Anda bisa melakukan perawatan berupa pemutihan gigi secara aman. Di dokter gigi, Anda bisa melakukan perawatan seperti bleaching, polishing, bonding atau veneers untuk memutihkan gigi.

Rajin Bersihkan Gigi Cara berikutnya adalah rajin membersihkan gigi Anda dengan menyikat gigi dan dental floss. Sikat gigi Anda dengan cara yang tepat dan benar secara lembut dengan gerakan memutar dan jangan menekan sikat terlalu keras pada gigi. Sikat gigi Anda setiap hari setelah Anda sarapan dan sebelum tidur. Selain itu, gunakan dental floss untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang masuk di sela-sela gigi Anda. Dengan perawatan gigi yang rutin dan tepat, maka Anda tidak perlu khawatir untuk menikmati berbagai jenis makanan dan minuman yang Anda sukai.

Gunakan Pasta Gigi yang Tepat Penggunaan pasta gigi yang tepat juga akan memberikan hasil yang lebih untuk membuat putih alami gigimu. Gunakan pasta gigi yang tepat dengan sikat gigi secara rutin pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur gigi Anda sehat putih.

Cara mengembalikan putih alami gigi

Anda bisa mempraktikkan cara-cara mengembalikan putih alami gigi berikut ini:

Menyikat gigi dengan bubuk soda kue Jika Anda tidak memiliki pasta gigi pemutih di rumah, untuk sementara Anda dapat menggunakan bubuk soda kue yang dicampur air dengan perbandingan 2:1 hingga membentuk pasta. Bubuk soda kue merupakan bahan alami yang dapat membantu menghilangkan noda pada gigi. Namun karena sifatnya yang abrasive, sebaiknya tidak digunakan secara rutin. Untuk mengetahui lebih jauh, simak artikel kami tentang manfaat bahan-bahan alami untuk gigi dan khasiat lemon dan baking soda untuk memutihkan gigi.

Mempraktikkan perawatan gigi dan mulut yang baik. Ketika bicara tentang cara memutihkan gigi kuning yang membandel, yang terbaik adalah dengan pencegahan dan perawatan yang konsisten. Terapkan kebiasaan membersihkan mulut dan gigi yang teratur; sikat gigi setiap pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur. Ingatlah untuk tidak menyikat gigi segera setelah makan- tunggu kira-kira 30 menit sebelum menyikat gigi untuk mencegah asam dari makanan malah merusak gigi. Gunakan pasta gigi yang mengandung bahan alami seperti Pepsodent Charcoal dengan formula aktif untuk membantu mengembalikan putih alami gigi dan menghilangkan noda pada gigi dengan lembut. 

Menerapkan pola makan sehat. Mengurangi makanan-makanan manis atau asam, kopi dan teh, serta berhenti merokok tidak hanya merupakan cara terhindar dari permasalahan gigi kuning yang jitu, namun juga bermanfaat bagi kesehatan Anda keseluruhan. Makanan yang tinggi serat juga merangsang produksi air liur yang berfungsi sebagai pembasuh mulut dan anti-bakterial alami.

Cara-cara memutihkan gigisecara alami di atas dapat Anda coba untuk hasil yang efektif. Namun jika Anda belum puas dan ingin memutihkan gigi dengan bantuan profesional, jangan ragu untuk mengunjungi dokter gigi Anda untuk berkonsultasi. Dokter gigi bisa merekomendasikan perawatan pemutihan yang aman dan sesuai untuk Anda. Simak pula artikel kami yang lain tentang cara memutihkan gigi dan perawatannya.

Bagikan ini

AddThis is disabled because of cookie consent