Bahan-bahan Alami Untuk Menjaga Nafas Tetap Segar

Minum Kopi Sebabkan Gigi Kuning? Atasi dengan Cara Ini!

Popularitas kopi sebagai salah satu minuman paling populer di dunia tentu tak perlu diragukan lagi. Data International Coffee Organization (ICO) tahun 2021 mencatat bahwa Indonesia menempati urutan kelima untuk kategori negara dengan tingkat konsumsi kopi terbanyak di dunia yang mencapai 5 juta kantong berukuran 60 kg. Meskipun minum kopi terasa nikmat dan memberikan banyak manfaat, jangan lupa kalau minuman tersebut juga bisa menyebabkan perubahan warna gigi menjadi kekuningan. 

Jika Anda termasuk pencinta kopi dan tidak ingin warna gigi berubah menjadi tampak kekuningan, berarti Anda juga harus memahami cara mengatasi yang tepat supaya  gigi tidak semakin terlihat kusam. 

Mengapa Minum Kopi Membuat Gigi Jadi Kuning? 

Orang-orang yang rutin mengonsumsi kopi lebih dari satu cangkir sehari lebih rentan mengalami masalah gigi kuning dibandingkan orang yang sama sekali tidak minum kopi. Perubahan warna gigi disebabkan senyawa tanin yang terkandung dalam kopi. 

Tanin merupakan jenis senyawa antioksidan kuat bercita rasa pahit yang mudah terurai di air. Sifat tersebut membuat tanin dalam kopi gampang menempel pada gigi. Jumlah tanin yang terus terakumulasi dan menempel di permukaan gigi lama-kelamaan membuat warna gigi semakin kuning.  

Tak cuma menyebabkan gigi jadi kuning, konsumsi kopi yang tidak diimbangi dengan perawatan gigi secara intensif juga berisiko menimbulkan beberapa hal berikut ini: 

  • Kerusakan enamel gigi: kandungan asam dalam kopi akan menempel di gigi kemudian menyebabkan kerusakan enamel seiring berjalannya waktu. Enamel yang rusak membuat gigi rentan berlubang menembus bagian dentin dan pulpa sehingga sensitivitas gigi meningkat. 

  • Gigi berlubang: masalah gigi berlubang terjadi akibat kerusakan enamel yang tidak langsung ditangani secara serius. Bahkan, risiko gangguan kesehatan ini akan semakin parah bila Anda terbiasa mengonsumsi kopi dengan tambahan gula atau krimer. Sisa gula atau krimer yang tertinggal pada gigi memicu perkembangbiakan bakteri penyebab gigi berlubang. Pengikisan lapisan gigi secara terus-menerus dan kontaminasi bakteri akan menciptakan lubang yang semakin besar hingga mengakibatkan gangguan kesehatan lainnya, seperti nyeri gigi, abses (nanah pada gigi), dan radang gusi (gingivitis). 

  • Rasa ngilu yang mengganggu: gigi yang retak, patah, atau enamelnya sudah terkikis acapkali terasa ngilu saat terpapar suhu ekstrem. Dengan kata lain, mengonsumsi kopi yang panas atau dingin akan memicu rasa ngilu yang mengganggu kenyamanan. Ngilu bahkan sulit hilang kalau kerusakan gigi tergolong parah. 

  • Kebiasaan menggemeretakkan gigi secara tidak sadar (bruxism): kafein dalam kopi pada kadar yang tepat dapat meningkatkan fokus serta membuat Anda tetap terjaga. Namun, asupan kafein yang berlebihan justru membuat tubuh jadi stres dan sulit tidur nyenyak. Dampak buruk lainnya yang terjadi bila tubuh kelebihan kafein adalah kebiasaan menggemeretakkan gigi secara tidak sadar sewaktu tidur yang dikenal dengan istilah bruxism. Selain membuat gigi dan rahang terasa nyeri, bruxism yang terjadi terus-menerus juga bisa berujung pada pengikisan enamel, perubahan bentuk gigi, serta kondisi gigi patah. 

Cara Mengatasi Gigi Kuning Akibat Minum Kopi 

Jangan panik bila kondisi gigi Anda mulai menguning karena sering mengonsumsi kopi. Lakukan beberapa cara mengatasi gigi kuning berikut ini secara konsisten agar warna gigi kembali putih alami: 

  • Menyikat gigi dua kali sehari dengan pasta gigi khusus: penggunaan pasta gigi biasa kurang ampuh mengatasi gigi kuning akibat minum kopi. Jadi, sebaiknya kamu menyikat gigi dua kali sehari dengan produk perawatan gigi yang diformulasikan khusus seperti Pasta Gigi Pepsodent Complete 8 Plus Whitening. Pasta gigi Pepsodent ini mengandung 8 manfaat yang telah terbukti secara ilmiah efektif untuk mencegah gigi berlubang, menjaga kesehatan gusi, membantu mengurangi plak, mengurangi noda gigi, melawan kuman, membuat gigi lebih putih, melindungi email gigi, dan membuat napas segar. Kandungan Pasta Gigi Pepsodent Complete 8 Plus Whitening mengandung perlite yang dapat membantu menghilangkan 100% noda kuning* dan mengembalikan warna putih alami gigi. 

  • Menggunakan sikat gigi yang ampuh membersihkan secara menyeluruh: Sempurnakan proses menyikat gigi dengan memilih produk sikat gigi yang tepat, yaitu Sikat Gigi Pepsodent Nanosoft Clean. Tekstur sikat gigi ini sangat lembut dengan bulu sikat membundar dan tipis 0.01 mm. Teknologi Nanosoft pada Sikat Gigi Pepsodent Nanosoft Clean mampu menghilangkan 4 lapis plak hanya dalam satu kali sikat. Tak hanya itu, varian sikat gigi Pepsodent ini juga dilengkapi leher sikat tiga sudut yang fleksibel dan mampu menjangkau bagian mulut terdalam. Membersihkan permukaan gigi jadi lebih mudah dan optimal bila Anda mengandalkan sikat gigi berkualitas persembahan Pepsodent. 

  • Membiasakan diri untuk berkumur setelah minum kopi: berkumur dengan air mineral sesaat setelah minum kopi adalah kebiasaan sederhana yang efektif mengurangi risiko gigi kuning. Sebagian kandungan tanin yang menempel pada gigi sewaktu Anda menikmati kopi akan larut dan terbuang bersama air ketika Anda berkumur. Untuk perlindungan ekstra dan optimal, disarankan berkumur dengan mouthwash Pepsodent yang tersedia dalam 3 varian, yaitu Active Defense, Herbal, dan Siwak. 

  • Menikmati kopi dengan sedotan: penggunaan sedotan akan mengurangi paparan kopi pada permukaan depan gigi sehingga risiko gigi kuning dapat diminimalkan. 

  • Mengonsumsi buah yang kaya serat: kandungan serat alami dalam buah dapat membantu membersihkan gigi ketika Anda mengunyahnya. Bila Anda sering minum kopi, berusahalah mengimbanginya dengan mengonsumsi buah kaya serat seperti stroberi, lemon, kiwi, dan mangga. 

  

Anda tak harus menghentikan kebiasaan minum kopi hanya karena khawatir dengan masalah gigi kuning. Mari nikmati kopi dengan cara yang lebih bijak sembari menjaga kesehatan gigi secara konsisten supaya gigi Anda tetap sehat dan putih alami setiap saat. 

Jika Anda masih memiliki pertanyaan terkait kesehatan gigi, Pepsodent menyediakan konsultasi kesehatan gigi dan mulut GRATIS via ponsel. Tanyakan semua hal mengenai kesehatan gigi dan mulut pada dokter gigi melalui layanan konsultasi gratis kami dengan klik link berikut ini: http://bit.ly/Teledentistry-2023

Anda dapat memilih berkonsultasi langsung dengan Dokter Gigi saat online hour (08.00-21.00 WIB) atau dapatkan informasi kesehatan gigi dan mulut yang telah direkomendasikan oleh PDGI saat offline hour (21.00 – 08.00 WIB). 

*berdasarkan studi in-vitro pada noda ekstrinsik, dengan sikat gigi teratur 2x sehari, hasil dapat bervariasi 

Artikel telah ditinjau oleh drg. Fatimah Rahmatya Gita Isjwara 

  

 

Referensi: 

  • alodokter.com/berbagai-efek-samping-kopi-yang-penting-diketahui 
  • dataindonesia.id/agribisnis-kehutanan/detail/konsumsi-kopi-indonesia-terbesar-kelima-di-dunia-pada-2021 
  • health.kompas.com/read/23D19150000568/kenapa-minum-kopi-bisa-membuat-gigi-kuning-?page=all  
  • healthline.com/health/dental-and-oral-health/what-does-coffee-do-to-your-teeth 
  • hellosehat.com/gigi-mulut/perawatan-oral/efek-kopi-pada-gigi-kuning/  
  • klikdokter.com/info-sehat/gigi-mulut/cara-ampuh-mencegah-dan-menghilangkan-noda-kopi-di-gigi