Bagaimana Cara Mengatasi Gusi Anak yang Bengkak?

Bagaimana Cara Mengatasi Gusi Anak yang Bengkak?

Masalah kesehatan mulut dan gigi bisa terjadi pada siapa saja, termasuk anak-anak. Gusi bengkak pada anak merupakan gangguan kesehatan yang jarang disadari dan rentan membuat anak rewel. Lebih parahnya lagi, masalah gusi bengkak juga membuat anak kehilangan nafsu makan sehingga orang tua jadi panik karena mengkhawatirkan kesehatan anak.

Oleh sebab itu, kamu harus cermat mengenali gejala gusi bengkak yang dialami anak agar bisa mengatasinya sesegera mungkin. Ulasan berikut ini akan menambah wawasanmu tentang ciri-ciri, penyebab gusi anak bengkak, serta cara mengatasinya dengan benar.

 

Ciri-Ciri Gusi Bengkak pada Anak

Beberapa ciri gusi bengkak yang kerap terjadi pada anak, antara lain:

  • Gusi anak ada benjolan
  • Anak kehilangan selera makan, bahkan tidak mau minum
  • Rewel, susah menangis, dan sulit tidur
  • Mengeluarkan banyak air liur
  • Sering menggigit barang-barang di sekitarnya
  • Demam

 

Hal-Hal yang Menyebabkan Anak Mengalami Gusi Bengkak

Gusi bengkak yang dialami anak biasanya disebabkan beberapa hal berikut ini:

●       Tumbuh gigi: pertumbuhan gigi merupakan salah satu penyebab yang paling sering membuat gusi anak bengkak. Penyebab yang satu ini membuat gusi anak ada benjolan pada bagian tertentu saja, tepatnya di bagian yang akan tumbuh gigi.

●       Kondisi mulut kurang bersih: anak-anak harus diajarkan menyikat gigi secara rutin sejak dini supaya tidak mengalami masalah gigi dan gusi. Bakteri yang menumpuk pada gigi dapat menimbulkan plak sehingga gusi iritasi dan bengkak.

●       Kekurangan vitamin B atau vitamin C: penyebab gusi bengkak yang satu ini sering dianggap remeh padahal anak-anak butuh asupan vitamin B dan C agar kesehatan mulut selalu terjaga.

●       Gingivitis (radang gusi): penumpukan plak pada gigi yang dibiarkan begitu saja dapat menyebabkan gangguan yang lebih parah, yaitu radang gusi. Penyakit ini dapat membuat gusi anak bengkak, memerah, bahkan berdarah.

●       Abses gigi: gangguan kesehatan gusi ini terjadi akibat infeksi bakteri di sekitar gigi. Salah satu gejala khasnya adalah gusi anak ada benjolan berisi nanah.

Cara Mengatasi Gusi Bengkak pada Anak

Para orang tua harus tetap tenang menghadapi anak yang rewel karena masalah gusi bengkak. Kalau buah hatimu sedang mengalami masalah kesehatan yang satu ini, ajaklah anak melakukan beberapa hal berikut ini supaya kondisi gusi bengkak lekas mereda:

●     Menyikat gigi secara rutin 2 kali sehari dengan cara yang benar serta menggunakan benang gigi (dental floss) untuk membersihkan sela-sela gigi secara maksimal.

●     Membersihkan seluruh rongga mulut dengan cara berkumur menggunakan air garam hangat. Garam berperan sebagai antibakteri alami yang dapat membasmi bakteri penyebab gigi bengkak.

●     Mengompres bagian pipi di sekitar gusi bengkak dengan air dingin agar bengkak dan rasa nyerinya lekas hilang.

●     Berkumur untuk membersihkan rongga mulut secara rutin, terutama setelah makan.

●     Mengurangi konsumsi makanan dan minuman manis. Karena makanan dan minuman manis rentan menimbulkan plak dan memicu perkembangbiakan bakteri perusak gigi sehingga masalah gusi bengkak akan semakin parah.

●     Membatasi konsumsi makanan yang bertekstur lengket dan rentan mengotori gigi, misalnya popcorn, permen kenyal, dan keripik.

Berkonsultasi dengan dokter gigi bila gusi bengkak tidak kunjung sembuh. Biasanya dokter gigi akan menganjurkan konsumsi obat sesuai resep (berupa paracetamol dan ibuprofen) atau langkah perawatan intensif lainnya, misalnya pencabutan gigi yang infeksi.

Bagaimana Cara Mengatasi Gusi Anak yang Bengkak?

Agar si kecil termotivasi menyikat gigi secara teratur, kamu patut menyiapkan pasta gigi yang tepat sesuai kebutuhan anak. Sekarang, ada pasta gigi anak Pepsodent Sweet Strawberry yang akan membuat si kecil rajin menyikat gigi. Varian pasta gigi Pepsodent khusus anak yang satu ini diformulasikan khusus untuk gigi susu anak dan disempurnakan dengan fluoride, kalsium, dan rasa buah yang disukai anak.

Pasta gigi anak Pepsodent Sweet Strawberry juga diformulasikan dengan sedikit busa dan aman digunakan tanpa rasa khawatir bila disertai pengawasan orang tua. Takaran pasta gigi Pepsodent yang tepat untuk si kecil adalah sebesar biji beras untuk anak usia kurang dari 2 tahun dan sebesar biji jagung untuk anak usia lebih dari 2 tahun.

Jika kamu memberikan teladan yang baik dengan menyikat gigi secara teratur, niscaya si kecil akan mencontoh teladan tersebut sehingga masalah kesehatan gusi dan gigi anak tak akan terjadi lagi.

Bagikan ini