Bagaimana Cara Mengatasi Gusi Anak yang Bengkak?

Apa Penyebab Gigi Anak Hitam dan Bagaimana Menghilangkannya?

Setiap orang tua tentu ingin buah hatinya tumbuh sehat dengan gigi yang putih bersih. Namun seiring dengan bertambahnya usia, ada beberapa anak yang giginya justru berubah menjadi hitam dan keropos. Gigi hitam pada anak jelas sangat mengganggu. Tidak jarang, anak menjadi kurang percaya diri karena gigi yang rusak.

Masalah seperti gigi anak hitam tidak boleh dibiarkan begitu saja. Jika tidak segera diatasi, masalah tersebut justru bisa semakin parah dan merembet ke gigi-gigi yang lain. Jadi  apa penyebab gigi anak rusak dan menghitam? Berikut beberapa penyebabnya.

Penyebab Gigi Anak Hitam

1. Jarang menyikat  gigi

Agar bersih dan tidak rusak, gigi harus dibersihkan secara rutin. Disarankan sikat gigi dua kali sehari di waktu pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur. Saat jarang dibersihkan, gigi akan menjadi tempat bersarang bakteri yang menyebabkan gigi berlubang.

 

2. Terlalu banyak makan makanan manis

Anak-anak umumnya memang suka dengan makanan manis. Tapi orang tua juga harus waspada bahwa banyak mengonsumsi makanan manis bisa merusak gigi. Makanan manis merupakan bahan bakar bagi bakteri untuk berkembang. Sisa hasil fermentasi oleh bakteri inilah yang kemudian membuat gigi anak menjadi berlubang dan keropos.

Mengonsumsi makanan manis sebenarnya tidak dilarang. Hanya saja, orang tua harus bisa membatasi. Beri pemahaman pada anak tentang mengapa tidak baik mengonsumsi  makanan atau minuman manis terlalu banyak.

3. Sering minum susu dari botol

Susu memang bagus untuk membantu melengkapi kebutuhan nutrisi anak. Kandungan nutrisinya juga baik untuk menunjang pertumbuhannya. Namun jika terlalu sering minum susu dari botol, hal tersebut justru berpotensi merusak gigi si kecil.

Selain mengandung nutrisi yang bagus untuk tumbuh kembang si kecil, susu formula juga mengandung gula yang cukup tinggi. Kandungan gula ini harus diwaspadai. Saat susu formula dikonsumsi lewat botol, terjadi kontak antara gula dengan gigi yang cukup intens. Inilah yang kemudian berpotensi merusak gigi si kecil. Risiko ini dapat dikurangi dengan berkumur atau minum dengan air mineral sesaat setelah minum susu botol. Dan pastikan si kecil menyikat gigi secara teratur.

Cara Mengatasi Gigi Hitam pada Anak

Jika gigi si kecil berubah menjadi hitam, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Beberapa diantaranya adalah dengan menambal  gigi dan modifikasi diet makanan agar gigi yang lain tidak menjadi hitam dan keropos juga.

Ajarkan dan berikan contoh pada si kecil untuk rutin menggosok gigi. Jika si kecil masih merasa enggan untuk menyikat gigi, tunjukkan bahwa menggosok gigi itu tidak sulit dan bisa jadi menyenangkan. Agar si kecil lebih semangat menggosok gigi, ganti pasta gigi biasa dengan Pepsodent Kids Pasta Gigi Anak Sweet Strawberry. Pasta gigi ini diformulasikan khusus untuk gigi susu anak dan disempurnakan dengan fluoride yang bermanfaat untuk menjaga kekuatan gigi si kecil sejak dini, dan rasa buah yang disukai anak.

Artikel telah ditinjau oleh drg.Fatimah Rahmatya Gita Isjwara

Referensi:

  • https://www.hopkinsmedicine.org/health/conditions-and-diseases/tooth-decay-caries-or-cavities-in-children https://hellosehat.com/gigi-mulut/gigi-anak/penyebab-gigi-anak-hitam/ 

  • https://hellosehat.com/gigi-mulut/gigi/cara-menghilangkan-gigi-hitam/#:~:text=Warna%20hitam%20bisa%20menjadi%20tanda,seluruh%20gigi%20jika%20tidak%20ditangani.  

  • https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3644719/penyebab-gigi-anak-hitam-dan-cara-mengatasinya