gigi anak tumbuh berlapis

Penyebab dan Cara Mengatasi Gigi Anak yang Tumbuh Berlapis

Perawatan kesehatan dan estetika gigi biasanya dimulai sejak dini, saat gigi susu si Kecil mulai tumbuh. Walaupun gigi susu akan tanggal dan digantikan dengan gigi permanen, bukan berarti gigi susu tidak perlu dirawat, lho.

Gigi susu yang tidak sehat bisa berdampak untuk jangka panjang, bahkan mengganggu tumbuhnya gigi permanen hingga menyebabkan gigi anak tumbuh berlapis. Situasi ketika gigi permanen tumbuh di belakang gigi susu yang belum tanggal.

Sebenarnya apa saja penyebab gigi tumbuh berlapis? Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

 

1. Gigi permanen tumbuh sebelum gigi susu tanggal

Saat si kecil berusia 4-6 tahun, gigi susunya akan mulai tanggal dan gigi permanennya akan mulai tumbuh untuk menggantikannya. Idealnya, pergantian gigi susu menjadi gigi permanen ini akan berjalan dengan lancar.

Gigi permanen akan mendorong akar gigi susu, sehingga gigi susu akan segera tanggal dan gigi permanen akan tumbuh dengan rapi dan tidak menyebabkan si kecil mengalami sakit gigi. Tapi terkadang gigi permanen tidak berhasil mendorong gigi susu, sehingga gigi permanen tumbuh miring dan menyebabkan gigi anak tumbuh berlapis.

2. Genetik

Ukuran gigi permanen memang lebih besar daripada gigi susu. Bila lengkung rahang terlalu sempit dan gigi permanen tidak memiliki ruang yang cukup untuk tumbuh, arah tumbuh gigi permanen pun menjadi tidak rapi dan menyebabkan gigi berlapis.

Masalahnya, bentuk dan ukuran lengkung rahang bersifat genetik, sehingga bila orang tua memiliki gigi tumbuh berlapis akibat lengkung rahang yang terlalu sempit, sang anak juga memiliki risiko besar untuk memiliki masalah yang sama.

gigi anak tumbuh berlapis

Lalu apa yang bisa kamu lakukan bila si kecil mulai mengalami gigi berlapis? Kunjungan rutin ke dokter gigi setidaknya tiap enam bulan sekali adalah salah satu langkah terbaik untuk mencegah dan mengatasi masalah gigi berlapis.

Ketika gigi susu si kecil tak kunjung tanggal dan menghalangi tumbuhnya gigi permanen, dokter gigi pun bisa membantu mengambil langkah yang diperlukan, misalnya dengan melakukan pencabutan gigi susu. Idealnya, gigi si kecil mulai diperiksa secara rutin oleh dokter gigi sejak si Kecil berusia 1 tahun atau sejak giginya mulai tumbuh.

Langkah lain yang tak kalah pentingnya dalam mencegah masalah gigi tumbuh berlapis adalah rajin menggosok gigi setidaknya 2 kali sehari. Langkah ini membantu mencegah gigi berlubang yang bisa menyebabkan gigi berlapis.

Karena itu, ajarkan kebiasaan menggosok gigi secara rutin kepada si kecil sejak dini. Penggunaan pasta gigi yang mengandung fluoride seperti Pasta Gigi Anak Pepsodent Sweet Strawberry tak hanya membantu menjaga kesehatan gigi si kecil, tapi juga membuat si kecil menjadi lebih bersemangat untuk menggosok gigi setiap hari. Kesehatan gigi si kecil terjaga dan gigi si kecil tumbuh rapi dan sehat.

Bagikan ini