8 Makanan yang Cocok Untuk Orang Sakit Gigi

Akibat Sering Konsumsi Minuman Bersoda terhadap Kesehatan Gigi

Minuman bersoda memang nikmat sebagai pelepas dahaga terutama ketika cuaca sedang panas. Tak mengherankan bila varian minuman tersebut sangat populer dan digemari seluruh kalangan usia. Sesekali mengonsumsi minuman yang mengandung soda tentu boleh-boleh saja. Namun, sebaiknya Anda tidak terlalu sering menikmati minuman bersoda sebab konsumsi berlebihan bisa berdampak buruk bagi kesehatan. 

Faktanya, soda bisa jadi penyebab gigi keropos, obesitas, serta sejumlah gangguan kesehatan serius lainnya. Jangan sampai ancaman penyakit mengintai Anda hanya karena sering menghilangkan haus dengan soda. Ini saatnya untuk lebih peduli terhadap kesehatan dan waspada terhadap dampak negatif minuman soda. 

Efek Samping Konsumsi Minuman Bersoda Berlebihan 

Beberapa gangguan kesehatan yang rentan terjadi akibat konsumsi soda berlebihan adalah sebagai berikut: 

  • Dehidrasi: kondisi tubuh kekurangan cairan adalah salah satu dampak buruk minuman bersoda yang paling ringan. Kafein dalam soda bersifat diuretik atau memicu pembuangan air seni. Alhasil, minum soda dalam jumlah banyak dan sering membuat Anda lebih rentan mengalami dehidrasi. 

  • Diabetes: kandungan gula dan sirop fruktosa yang tinggi dalam soda berisiko mengakibatkan resistensi insulin yang berujung pada diabetes tipe dua. Lebih parahnya lagi, diabetes yang tidak ditangani secara serius bisa menyebabkan berbagai komplikasi penyakit serius seperti penurunan fungsi ginjal, retinopati diabetik (kebutaan akibat kadar gula darah tinggi), serta penyakit jantung. 

  • Kelebihan berat badan dan obesitas: kalori minuman bersoda yang jumlahnya banyak akan disimpan menjadi cadangan lemak ketika masuk ke tubuh. Semakin banyak jumlah soda yang Anda konsumsi, maka semakin besar pula risiko kelebihan berat badan dan obesitas. 

  • Kekurangan vitamin: asupan soda dapat menghambat penyerapan vitamin D bahkan membuat kalsium yang terbuang dalam urine semakin banyak. Bila hal ini terjadi terus-menerus, kemungkinan besar tubuh akan kekurangan vitamin dan risiko pengeroposan tulang serta gigi bertambah parah. 

Hati-hati! Soda Bisa Jadi Penyebab Gigi Keropos dan Penyakit Gigi Lainnya 

Hingga saat ini belum banyak orang tahu kalau minuman bersoda bisa jadi penyebab utama gangguan kesehatan gigi dan mulut berikut ini: 

  • Erosi gigi: gangguan kesehatan gigi ini lebih populer disebut gigi keropos. Enamel gigi memang mempunyai struktur yang lebih kuat daripada tulang. Kendati demikian, bukan berarti enamel tidak bisa rusak. Kandungan asam sitrat dalam soda bisa membuat enamel gigi kian terkikis hingga gigi jadi keropos. Gejala awal gigi keropos biasanya kurang disadari karena hanya berupa kemunculan bintik putih pada gigi (white spot) yang lambat laun ukuran serta warnanya mengalami perubahan. Pengeroposan akan membuat gigi jadi rentan retak bahkan patah. 

  • Gigi berlubang: bukan hanya asam sitrat pada soda yang mengakibatkan kerusakan gigi. Kandungan gula yang tinggi dalam soda juga meningkatkan risiko gigi berlubang. Sisa soda yang tertinggal pada permukaan gigi akan memicu perkembangbiakan bakteri penyebab gigi berlubang. Bakteri tersebut akan mengonsumsi sisa-sisa soda hingga berubah menjadi asam yang merusak enamel. 

  • Gigi sensitif: erosi gigi tak sekadar membuat gigi gampang retak dan patah. Kondisi enamel gigi yang terkikis hingga ke lapisan dentin membuat rangsangan berupa suhu langsung mengenai pulpa. Suhu makanan dan minuman yang ekstrem (terlalu panas atau terlalu dingin) membuat saraf-saraf gigi bereaksi memunculkan ngilu. Rasa ngilu yang muncul tiba-tiba dengan sensasi tajam pasti mengganggu kenyamanan Anda ketika makan atau minum.  

  • Noda gigi: dampak buruk minuman bersoda yang juga tak kalah mengganggu adalah noda pada gigi. Kandungan gula yang berasal dari soda rentan menempel pada permukaan gigi dan bereaksi dengan sisa-sisa makanan lainnya hingga berubah menjadi plak. Selain bisa mengeras menjadi karang gigi, plak juga menyebabkan noda kuning atau kecokelatan yang membuat gigi tampak kusam. 

Upaya Mencegah Gigi Rusak akibat Konsumsi Minuman Bersoda 

Anda tak perlu terlalu resah soal kesehatan gigi karena beberapa cara ini terbilang ampuh mengurangi risiko kerusakan gigi akibat konsumsi minuman bersoda: 

  • Batasi konsumsi minuman soda: sebaiknya Anda mengonsumsi soda maksimal dua kaleng dalam seminggu supaya tubuh mendapatkan jeda waktu yang cukup untuk mengolah kandungan soda. Intensitas konsumsi minuman soda yang rendah juga membuat gigi tidak terlalu sering terpapar gula serta asam sitrat penyebab gigi keropos. 

  • Gunakan sedotan: penggunaan sedotan saat minum soda bermanfaat agar soda tidak langsung mengenai gigi, terutama gigi bagian depan. Dengan demikian, risiko kerusakan gigi akibat soda pun jadi semakin kecil. 

  • Minum air mineral dan berkumur setelah mengonsumsi soda: air mineral dapat membantu menetralkan sisa-sisa soda di mulut. Setelah minum air mineral, jangan lupa berkumur agar rongga mulut semakin bersih. 

  • Beri jeda waktu untuk menyikat gigi: Tunggu selama minimal 30 menit bila ingin menyikat gigi setelah minum soda. Langsung menyikat gigi setelah mengonsumsi minuman bersoda justru meningkatkan risiko gigi keropos karena rongga mulut masih dalam keadaan asam.  

  

Sekarang, ada Pasta Gigi Pepsodent Pencegah Gigi Berlubang yang siap membantu melawan bakteri dan memberikan perlindungan menyeluruh bagi gigi Anda. Gunakan pasta gigi Pepsodent ini dua kali sehari untuk memperbaiki lubang kecil tak kasat mata sebelum berkembang menjadi gigi berlubang. Lengkapi pula proses perawatan gigi dengan Sikat Gigi Pepsodent Nanosoft Clean yang bulunya membundar berukuran ekstra tipis 0,01 mm sehingga dapat membersihkan gigi secara optimal. 

Jika sudah menyikat gigi, jangan lupa gunakan Obat Kumur Pepsodent Mouthwash Anti Defense dengan teknologi CPC (Cetylpridinium Chloride) yang membantu melawan bakteri penyebab plak, radang gusi, dan bau mulut. Mouthwash Active Defense dari Pepsodent tidak mengandung alkohol dan telah tersertifikasi halal. 

Proses perawatan gigi yang dilakukan secara intensif niscaya membuat gigi Anda terlindung dari bahaya minuman bersoda. Jangan tunggu sampai gigi keropos atau mengalami gangguan kesehatan lainnya akibat terlalu sering menikmati minuman mengandung soda tanpa disertai perawatan yang tepat. 

Ingin konsultasi dokter gigi gratis? Pepsodent menyediakan konsultasi kesehatan gigi dan mulut GRATIS via ponsel. Tanyakan semua hal mengenai kesehatan gigi dan mulut pada dokter gigi melalui layanan konsultasi gratis kami dengan klik link berikut ini: http://bit.ly/Teledentistry-2023

Anda dapat memilih berkonsultasi langsung dengan Dokter Gigi saat online hour (08.00-21.00 WIB) atau dapatkan informasi kesehatan gigi dan mulut yang telah direkomendasikan oleh PDGI saat offline hour (21.00 – 08.00 WIB). 

Artikel telah ditinjau oleh drg. Nanditha Puspadewi 

 

Referensi: 

  • alodokter.com/mari-kita-cegah-gigi-keropos-sebelum-terlambat  
  • cnnindonesia.com/gaya-hidup/20221226164652-255-892245/10-bahaya-minuman-soda-bukan-cuma-diabetes/2 
  • halodoc.com/artikel/jenis-makanan-dan-minuman-yang-bisa-menyebabkan-gigi-berlubang  
  • health.kompas.com/read/2020/11/09/060600768/hati-hati-hobi-minum-soda-bisa-merusak-kesehatan-gigi?page=all  
  • hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/efek-air-berkarbonasi-pada-tubuh/  
  • klikdokter.com/info-sehat/pencernaan/efek-yang-timbul-pada-gigi-jika-sering-minum-soda