Cara Memilih Pasta Gigi yang Ampuh Mencegah Karang Gigi

Cara Memilih Pasta Gigi yang Ampuh Mencegah Karang Gigi

Pilihan jenis pasta gigi yang semakin beragam memberi konsumen lebih banyak pilihan. Setiap pasta gigi hadir dengan keunggulan yang berbeda-beda. Ada pasta gigi yang mampu memutihkan gigi, ada juga pasta gigi untuk menghilangkan karang gigi. Dengan banyaknya pilihan, konsumen pun bisa memilih jenis pasta gigi sesuai dengan kebutuhan.

Masalahnya, menemukan pasta gigi yang bagus untuk menghilangkan karang gigi tidaklah mudah. Sebagian besar pasta gigi hanya mampu mengatasi penyebab awalnya saja. Hingga saat ini, karang gigi hanya bisa dihilangkan dengan scaling gigi. Namun untuk mencegah karang gigi, setidaknya kamu perlu mencermati apakah pasta gigi yang dipilih memiliki kandungan-kandungan berikut ini.

 

1. Fluoride

Fluoride merupakan bahan utama dalam pasta gigi. Bahan ini membantu memperkuat lapisan enamel dan mencegah pembusukan gigi. Karena perannya yang begitu vital, fluoride bisa dijumpai di hampir semua jenis pasta gigi.

Manfaat fluoride dalam mencegah karang gigi telah dibuktikan dalam beberapa penelitian. Salah satunya adalah penelitian yang dilakukan pada tahun 2019 di China. Dalam penelitian tersebut, ditemukan bahwa orang-orang yang menggosok gigi dengan pasta gigi yang mengandung fluoride cenderung memiliki gigi yang lebih sehat. Plak yang merupakan cikal bakal karang gigi juga jauh lebih terkontrol.

2. Zinc Citrate

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2008, para peneliti menguji kaitan antara zinc citrate terhadap dampaknya bagi kesehatan gigi. Penelitian tersebut dilakukan dengan membagi dua kelompok, yakni kelompok orang-orang yang menggosok gigi dengan pasta gigi yang mengandung zinc citrate dengan orang-orang yang menggosok gigi tanpa zinc.

Dalam penelitian tersebut, kelompok yang menggosok gigi dengan pasta gigi yang mengandung zinc citrate menunjukkan pengurangan bakteri di gigi antara 24%-52% dibandingkan pada kelompok yang tidak. Akibatnya, resiko terbentuknya plak yang merupakan cikal bakal karang gigi dapat ditekan.

 

3. Kalsium Karbonat

Bahan yang satu ini dikenal memiliki sifat abrasif dan mampu membersihkan gigi dari noda membandel. Hanya dalam waktu beberapa hari, kalsium karbonat akan membantu mengurangi noda di gigi.

Manfaat kalsium karbonat dalam mencegah karang gigi juga semakin diperkuat dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2019 di Jepang. Dalam penelitian tersebut, menggosok gigi dengan pasta gigi yang mengandung kalsium karbonat terbukti mampu mengurangi plak lebih banyak. Penelitian tersebut juga menunjukkan bahwa kalsium karbonat terbukti tidak merusak jaringan gusi.

 

4. Silica

Bahan kimia yang satu ini banyak dijumpai di pasta gigi. Bahan silica sendiri memang telah lama dikenal sebagai abrasif yang lebih kuat dari kalsium karbonat sehingga mampu mencegah munculnya karang gigi dan juga memutihkan gigi.

***

Karang gigi memang hanya bisa dihilangkan dengan cara scaling gigi. Meski demikian, bukan berarti tidak ada cara untuk mencegahnya. Dengan Pasta Gigi Sensitive Mineral Expert by Pepsodent Enamel Care, gigi tidak hanya jadi lebih kuat, namun karang gigi juga dapat dihindari. Kandungan Zinc dan Fluoride di dalamnya ampuh untuk perlindungan sehari-hari terhadap plak yang disebabkan oleh bakteri dan gigi berlubang.