8 Makanan yang Cocok Untuk Orang Sakit Gigi

Mengapa Makanan Manis Jadi Penyebab Gigi Berlubang?

Apakah Anda suka menyantap makanan manis?

Selain menjadi sumber energi, makanan yang rasanya manis juga menstimulasi produksi serotonin di otak sehingga efektif memperbaiki suasana hati sehingga tidak heran bahwa makanan manis digemari seluruh kalangan usia. Sayangnya, aneka makanan yang manis juga menjadi salah satu biang keladi penyebab gigi berlubang.

Mengenal Definisi Gigi Berlubang

Gigi berlubang (karies) adalah masalah kerusakan gigi yang terjadi akibat pengikisan lapisan enamel hingga menembus dentin. Gangguan kesehatan ini biasanya tidak terdeteksi pada tahap awal karena tidak menimbulkan gejala tertentu. Mayoritas orang baru menyadari kalau giginya berlubang ketika muncul berbagai gejala berupa nyeri hebat pada gigi, sensitivitas gigi meningkat, dan lubang besar yang terlihat jelas pada gigi. Konsumsi makanan manis secara berlebihan tanpa disertai proses perawatan gigi yang tepat merupakan cikal bakal masalah gigi berlubang.

Benarkah Makanan Manis Sebabkan Gigi Berlubang?

Sebenarnya, makanan manis bukanlah penyebab langsung yang mengakibatkan gigi berlubang. Gangguan kesehatan gigi tersebut terjadi akibat kebiasaan mengonsumsi makanan manis tanpa membersihkan gigi sampai tuntas. Sisa-sisa gula yang tertinggal di gigi dan rongga mulut usai menyantap makanan manis adalah asupan utama bagi bakteri penyebab gigi berlubang seperti Streptococcus mutans.

Bakteri tersebut akan mengonsumsi sisa gula pada gigi hingga zat tersebut berubah menjadi asam. Kumpulan zat asam yang terakumulasi terus-menerus di rongga mulut akan merusak gigi secara bertahap. Tanda awal gigi berlubang dimulai dengan kemunculan bercak putih (white spot) pada gigi. Selanjutnya, bercak tersebut akan berubah warna menjadi cokelat kehitaman lalu menyebabkan lubang yang ukurannya semakin besar bila tidak lekas diatasi.

Tips Merawat Gigi untuk Para Penyuka Makanan Manis

Hobi menikmati makanan manis tak akan jadi masalah kalau Anda mengimbanginya dengan proses perawatan gigi yang tepat. Lakukan beberapa kebiasaan baik ini secara konsisten supaya makanan yang manis tak jadi penyebab gigi berlubang:

  • Menyikat gigi dua kali sehari: salah satu rutinitas sederhana yang paling ampuh mencegah gigi berlubang adalah menyikat gigi dua kali sehari. Gunakan sikat gigi yang mampu menjangkau sela-sela gigi secara maksimal sehingga seluruh permukaan gigi bersih menyeluruh. Soal urusan pasta gigi, Anda tentu bisa mengandalkan Pepsodent untuk menjaga kesehatan gigi. Varian Pasta Gigi Pepsodent Pencegah Gigi Berlubang dapat membantu melawan kuman bakteri dan memberikan perlindungan maksimal dari risiko gigi berlubang*. Formula Double Action pada pasta gigi ini diperkaya Mikro Kalsium Aktif dan Pro-fluoride kompleks untuk memberikan proteksi terbaik bagi keluarga Anda pada pagi dan malam hari**. Aksi pagi hari mencegah gigi berlubang akibat kontaminasi bakteri pada sisa makanan dan minuman, sedangkan aksi malam hari bekerja keras dua kali** mendeteksi dan memperbaiki*** lubang kecil tak kasat mata bahkan berjam-jam setelah Anda menyikat gigi. Mengurangi risiko gigi berlubang jadi makin mudah bila Anda senantiasa menyikat gigi dengan Pasta Gigi Pepsodent Pencegah Gigi Berlubang .

  • Membiasakan diri untuk berkumur usai menyantap makanan manis: berkumur dengan air bersih atau mengonsumsi air mineral setelah menyantap makanan manis merupakan kebiasaan yang baik untuk menetralkan rongga mulut. Sisa-sisa makanan manis yang tertinggal di mulut akan larut bersama air sehingga risiko kontaminasi bakteri penyebab gigi berlubang makin kecil. Jangan ragu mengulangi proses berkumur bila Anda merasa masih ada sisa-sisa makanan yang tertinggal di sela gigi.

  • Mengurangi konsumsi makanan manis bertekstur lengket: beragam makanan manis bertekstur lengket seperti permen kunyah, jeli, dodol, dan selai lebih berisiko tertinggal di permukaan dan sela-sela gigi sehingga memicu gigi berlubang. Sehingga sebaiknya kurangi konsumsi makanan manis bertekstur lengket demi menekan risiko perkembangbiakan bakteri penyebab gigi berlubang.

  • Mengunyah permen karet bebas gula setelah makan: permen karet bebas gula bisa jadi pertolongan pertama untuk membersihkan sisa-sisa makanan manis pada gigi. Usahakan memilih permen karet yang mengandung xylitol karena zat tersebut efektif mencegah peradangan gusi sekaligus membantu membersihkan sisa makanan penyebab plak dan gigi berlubang. Kandungannya yang bebas gula juga membuat Anda tak perlu mengkhawatirkan risiko timbunan kalori berlebih pada tubuh.

  • Menggunakan obat kumur secara teratur: menyikat gigi saja sering kali belum cukup untuk menghalau risiko gigi berlubang. Ada satu hal penting lain yang patut Anda lakukan usai menyikat gigi, yaitu menggunakan obat kumur (mouthwash). Sekarang, ada Obat Kumur Pepsodent Mouthwash Active Defense Anti Bakteri yang ampuh melawan bakteri penyebab plak, radang gusi, dan bau mulut. Obat kumur Pepsodent ini diformulasikan dengan teknologi CPC (Cetylpridinium Chloride) yang membantu mencegah gigi berlubang dengan cara melawan bakteri yang menimbulkan plak penyebab gigi berlubang. Tak hanya ampuh mengantisipasi gigi berlubang, Obat Kumur Pepsodent Mouthwash Active Defense Anti Bakteri juga tidak mengandung alkohol sehingga aman untuk gigi sensitif. Formulanya yang lembut dan unik akan membuat mulut Anda bersih dan napas terasa segar sewaktu beraktivitas.

 

Jangan biarkan makanan manis favorit Anda menyebabkan lubang gigi yang mengganggu kesehatan dan kenyamanan. Tidak perlu ragu untuk segera memulai kebiasaan baik hari ini untuk kesehatan gigi dan mulutmu nanti. 

Pepsodent menyediakan konsultasi kesehatan gigi dan mulut GRATIS via ponsel. Tanyakan semua hal mengenai kesehatan gigi dan mulut pada dokter gigi melalui layanan konsultasi gratis kami dengan klik link berikut ini: http://bit.ly/Teledentistry-2023

Anda dapat memilih berkonsultasi langsung dengan Dokter Gigi saat online hour (08.00-21.00 WIB) atau dapatkan informasi kesehatan gigi dan mulut yang telah direkomendasikan oleh PDGI saat offline hour (21.00 – 08.00 WIB).

*Berdasarkan kandungan maksimal fluoride sebagai cavity agent yang diizinkan pada pasta gigi.

**Dengan sikat gigi teratur dua kali sehari.

***Mengacu pada aktivitas mengembalikan mineral yang hilang pada email gigi.

Artikel telah ditinjau oleh drg. Fatimah Rahmatya Gita Isjwara

 

Referensi:

  • halodoc.com/artikel/ini-alasan-makanan-manis-bisa-buat-gigi-berlubang
  • health.kompas.com/read/2016/03/28/140700523/.Sweet.Tooth.Bukan.Kecanduan.Gula 
  • hellosehat.com/gigi-mulut/gigi/makanan-manis-menyebabkan-gigi-berlubang/ 
  • klikdokter.com/info-sehat/gigi-mulut/tips-merawat-gigi-untuk-pencinta-makanan-manis