atasi bau mulut saat bulan puasa

Dapatkah Odol Siwak Herbal Atasi Bau Mulut selama Berpuasa?

Bau mulut merupakan salah satu masalah yang sering terjadi ketika sedang menjalankan ibadah puasa. Mengapa hal tersebut dapat terjadi? Itu karena selama berpuasa, tubuh kita tidak mendapatkan asupan makanan dan air dalam waktu yang cukup lama. Masalah bau mulut ini  tentunya akan membuat seseorang   tidak percaya diri ketika bertegur sapa dengan orang lain maupun sekedar berbincang sebentar. Tetapi jangan khawatir, banyak sekali cara untuk atasi bau mulut alami tanpa mengganggu puasa kamu. Namun, sebelum mengetahui tips tersebut, ada baiknya untuk mengetahui penyebab masalah bau mulut agar kamu dapat mengatasinya.

 

Penyebab dan Cara Mengatasi Bau Mulut

Ada beberapa penyebab yang dapat menjadi pemicu munculnya bau mulut tak sedap ketika berpuasa, yaitu:

1. Berkurangnya Produksi Air Liur

Kurangnya cairan yang masuk ke dalam tubuh selama berpuasa dapat menyebabkan berkurangnya produksi air liur di mulut. Salah satu fungsi air liur merupakan cairan pembersih alami yang mengandung enzim sebagai pencerna serat dan glikoprotein untuk melindungi mukosa mulut. Bila bekerja dengan sempurna, air liur tersebut dapat mengatasi bau mulut alami. Jika cairan yang masuk berkurang, produksi air liur juga berkurang akibatnya rongga mulut menjadi kering dan berpotensi untuk berkembangnya bakteri-bakteri dalam rongga mulut.

2. Kesehatan Gigi  dan Gangguan Pencernaan

Sisa-sisa makanan yang menumpuk di permukaan lidah, gusi, dan sela-sela gigi yang dapat menjadi tempat berkembang biaknya bakteri terutama jika ada masalah pada gigi seperti gigi berlubang.  Selain itu, gangguan pencernaan seperti maag atau gastroesophageal reflux disease (GERD) pun bisa menjadi penyebab timbulnya bau mulut saat berpuasa.

Selain itu adanya proses metabolisme  menggunakan cadangan lemak dalam tubuh  yang dapat melepaskan bahan kimia keton  keluar bersamaan dengan hembusan nafas.  Kondisi ini dapat mempengaruhi lapisan perut sehingga memicu bau busuk seperti makanan basi. Itulah mengapa kamu perlu mengetahui cara atasi bau mulut alami agar ibadah puasa berjalan tanpa hambatan.   

Lantas, bagaimana cara atasi bau mulut alami supaya mulut terasa segar saat berpuasa agar kamu dapat percaya diri saat bertegur sapa dengan orang lain?

JPEG - Pepsodent-Agile-Festive

 

Cara Mengatasi Bau Mulut ketika Berpuasa

Berikut ini terdapat beberapa cara atasi bau mulut alami tanpa perlu mengganggu puasa kamu, antara lain:

1. Sikat Gigi

Baik saat berpuasa atau hari-hari biasa, menyikat gigi merupakan suatu kewajiban karena dapat membantu membersihkan sisa-sisa makanan yang tersangkut di gigi. Gunakan pasta gigi Pepsodent Complete 8 Siwak untuk kesegaran tahan lama.

2. Bersihkan Lidah

Selain gigi, lidah juga dapat menjadi sarang bakteri yang menyebabkan timbulnya bau mulut saat berpuasa. Untuk itu alat pembersih lidah menjadi salah satu cara atasi bau mulut alami ketika berpuasa. Alat tersebut saat ini sudah banyak dijual di pasaran sehingga kamu tidak akan sulit menemukannya

3. Menggunakan Mouthwash

Mulut menjadi salah satu tempat berkembangya bakteri yang dapat menyebabkan bau mulut tak sedap ketika berpuasa. Untuk itu gunakan cairan kumur (mouthwash) untuk meminimalisir tumbuhnya bakteri. Hindari obat kumur yang mengandung alkohol namun tetap efektif membunuh kuman yang bersarang di mulut seperti Pepsodent Mouthwash Siwak yang dapat menjaga kekuatan gigi, menyegarkan nafas dan melindungi gigi selamat 18 jam* dari pertumbuhan plak. Selain itu, obat kumur Pepsodent ekstra siwak ini mengandung  fluoride  yang berguna untuk membantu remineralisasi gigi dan mencegah adanya  gigi berlubang.

Itulah beberapa penyebab dan cara atasi bau mulut alami ketika berpuasa.  Dengan menggunakan pasta gigi Pepsodent Complete 8 Siwak secara rutin selama berpuasa, kesehatan mulut dan gigi akan terjaga. Dengan ekstrak siwak yang dikenal sebagai anti bakterial alami dan mint, rawat kekuatan gigi dan segarkan nafas.

Jika kamu memiliki masalah gigi dan mulut silahkan konsultasikan bersama para dokter gigi dalam program Tanya Dokter Gigi by Pepsodent yang dilakukan via WhatsApp gratis tanpa dipungut biaya apapun. Kunjungi website tanya pepsodent untuk informasi lebih lanjut.