8 Makanan yang Cocok Untuk Orang Sakit Gigi

Mengenal 4 Manfaat Pasta Gigi Charcoal untuk Gigi

Masyarakat modern semakin peduli terhadap manfaat bahan-bahan alami dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir. Salah satu bahan alami yang populer digunakan untuk makanan, produk perawatan kulit, dan pasta gigi adalah arang aktif atau charcoal. Pasta gigi charcoal mengandung banyak manfaat yang baik untuk proses perawatan gigi dibandingkan jenis pasta gigi lainnya. 

Benarkah manfaat charcoal sangat baik untuk kesehatan gigi dan mulut? Mari cari tahu faktanya! 

Memahami Definisi Arang Aktif atau Charcoal 

Kini, manfaat charcoal untuk gigi semakin dikenal banyak orang sehingga produk pasta gigi charcoal sangat laris manis. Namun, masih banyak orang yang belum mengetahui perbedaan antara arang aktif dan arang biasa. Jika dilihat sekilas, kedua jenis arang tersebut memang sangat mirip. Kendati demikian, arang aktif melalui tahapan pembuatan yang lebih panjang daripada arang biasa sehingga teksturnya menjadi berpori-pori, kaya manfaat, dan aman dikonsumsi dalam batas jumlah tertentu.  

Arang aktif biasanya terbuat dari bahan dasar kayu lunak seperti bambu atau tempurung kelapa. Pembuatan jenis arang tersebut melalui 3 proses sebagai berikut: 

  • Karbonisasi: pemanasan bahan baku pada suhu 3000C hingga 9000C. 

  • Penggilingan: bahan baku yang telah berubah jadi arang akan digiling hingga berbentuk bubuk. 

  • Aktivasi: ada dua jenis metode aktivasi yang kerap digunakan, yaitu aktivasi kimia dan aktivasi fisika. Aktivasi kimia memakai bahan-bahan tertentu untuk memutus rantai karbon dari senyawa organik, antara lain klorida, sulfat, fosfat, dan hidroksida logam alkali garam-garam karbonat. Sementara itu, aktivasi fisika dilakukan melalui proses pemanasan pada suhu 8000C hingga 9000C selama 2 jam. 

Mengenal Manfaat Charcoal untuk Gigi 

Penggunaan charcoal dalam pasta gigi terbukti dapat memberikan beberapa manfaat istimewa berikut ini: 

 

  • Membantu memutihkan gigi: pertanyaan tentang apakah charcoal bisa memutihkan gigi selalu jadi pembahasan menarik karena perubahan warna gigi adalah masalah yang sangat mengganggu. Noda yang menempel di enamel gigi biasanya berasal dari berbagai faktor eksternal, seperti makanan dan minuman berwarna seperti kopi, kebiasaan merokok, dan konsumsi alkohol. Kandungan arang aktif dalam pasta gigi terbukti ampuh menyerap noda tersebut sehingga membuat gigi tampak lebih putih. Namun, arang aktif tidak dapat memutihkan gigi bila penyebab perubahan warna berasal dari faktor internal, seperti gigi berlubang atau keropos. 

 

 

  • Mengurangi risiko pembentukan plak gigi: manfaat charcoal untuk gigi juga dapat mengurangi risiko pembentukan plak gigi. Cikal bakal plak berasal dari sisa-sisa makanan yang menempel di gigi. Sisa makanan yang tidak dibersihkan hingga tuntas akan dikonsumsi bakteri hingga menghasilkan senyawa asam yang turut membentuk lapisan putih kekuningan bernama plak. Hasil penelitian kesehatan menyatakan bahwa arang aktif bisa mengikat asam sehingga efektif menetralkan pH mulut. Kondisi pH mulut tidak asam akan menghambat pembentukan plak. Kamu pun akan terbebas dari berbagai risiko gangguan kesehatan gigi lainnya, seperti karang gigi dan gigi berlubang. 

 

 

  • Mengatasi masalah bau mulut: kemunculan plak gigi bukan hanya mengakibatkan karang, tetapi juga menimbulkan bau tak sedap. Bau napas tak sedap berasal dari gas sulfur yang dihasilkan bakteri ketika mengonsumsi sisa-sisa makanan di rongga mulut. Penggunaan arang aktif yang mengurangi risiko pembentukan plak gigi ternyata juga baik untuk mengatasi bau mulut. Kondisi gigi yang bebas dari plak juga membuat bau mulut tak sedap berangsur-angsur hilang. 

 

  • Membasmi bakteri pada gigi dan mulut: sifat antibakteri alami yang terkandung dalam arang aktif terbukti efektif membasmi bakteri gigi dan mulut. Kemunculan bakteri gigi dan mulut merupakan awal dari berbagai gangguan kesehatan, seperti plak dan karang gigi, gigi berlubang, serta bau mulut. Jika kondisi mulutmu bebas bakteri berbahaya, tentu saja gigi dan gusi selalu sehat dan membuatmu merasa nyaman. 

Jika kamu ingin menggunakan pasta gigi charcoal untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan gigi, kini ada Pasta Gigi Pepsodent Complete 8 Charcoal yang siap jadi andalanmu. Kandungan pasta gigi Pepsodent ini merupakan perpaduan bahan-bahan unik dari alam. Pasta Gigi Pepsodent Complete 8 Charcoal mengandung charcoal berkualitas tinggi serta ekstrak lemon dan formula aktif untuk membantu menghilangkan noda gigi dengan lembut serta  memutihkan gigi secara alami. 

Manfaat Pepsodent charcoal tersebut akan makin sempurna jika kamu memadukannya dengan Sikat Gigi Pepsodent Nanosoft Silver Charcoal. Jenis sikat gigi Pepsodent ini memiliki 100% bulu sikat antibakteri yang mengandung charcoal dan antibacterial silver ion. Penggunaan Sikat Gigi Pepsodent Nanosoft Charcoal dapat membantu mengurangi 99.9% pertumbuhan bakteri selama 3 bulan*. Selain itu, leher sikat 3 sudutnya bersifat fleksibel sehingga dapat membantu menjangkau dan membersihkan hingga gigi paling belakang**.   

Merawat gigi jadi makin mudah jika kamu mengenal manfaat bahan-bahan alami yang baik untuk kesehatan gigi dan mulut. Setelah mengenal berbagai manfaat charcoal untuk gigi, kamu pasti makin yakin menggunakan pasta gigi charcoal sesuai dengan kebutuhan dan kondisi gigimu. Tak perlu repot-repot mencari pasta gigi berbahan charcoal karena Pepsodent sudah menyiapkannya untukmu. Manfaat Pepsodent charcoal yang istimewa siap menjaga kesehatan gigi dan membuatnya lebih putih alami  

  

*Berkaitan dengan bulu sikat, berdasarkan hasil tes laboratorium, bulu sikat tidak membunuh bakteri di mulut. 

**Dibandingkan sikat gigi bergagang lurus.  

 Artikel telah ditinjau oleh drg.Nanditha Puspadewi 

Referensi: 

  • healthline.com/health/dental-and-oral-health/charcoal-toothpaste#the-cons  

  • hellosehat.com/hidup-sehat/charcoal-arang-memutihkan-gigi/  

  • news-medical.net/health/Charcoal-Toothpaste-Benefits-and-Risks.aspx 

  • smiledentalcenterct.com/blog/cosmetic-dentistry/charcoal-oral-health/ 

  • warstek.com/arang-aktif/