Alt text to fill

Ketahui Bedanya Infaq dan Sedekah

Tak seperti bulan-bulan lainnya, bulan Ramadan memiliki keistimewaan tersendiri bagi setiap umat muslim. Di bulan yang mulia tersebut, semua ibadah dan amalan akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda. Tidak hanya itu, pintu surga pun terbuka lebar dan pintu neraka akan tertutup rapat. Tidak heran bila umat muslim berlomba-lomba beribadah dan menebar kebaikan di bulan Ramadan.

Adapun amalan yang dianjurkan untuk dilakukan selama bulan Ramadan di antaranya:

1.  Membaca Alquran

Sekalipun hanya satu huruf, Allah SWT tetap akan memberikan umatnya pahala yang berlipat ganda.

2.  Berpuasa

Bulan Ramadan pasti identik dengan berpuasa. Namun, berpuasa di sini tidak hanya menahan lapar dan haus saja, melainkan juga harus menjaga hawa nafsu dan emosi.

3.  Solat Sunah

Salat sunah, terutama salat malam, juga sangat dianjurkan di bulan Ramadan. Salat sunah malam ini meliputi salat tarawih, witir, dan salat tahajud.

4.  Memberi Sedekah

Ada banyak keutamaan yang dapat dari bersedekah di bulan Ramadan. Mulai dari penghapus dosa, keberkahan harta benda, ketenangan hati, pahala yang berlipat-lipat hingga mendapatkan jaminan hari akhir.

 

Bulan Ramadan adalah bulan yang istimewa dan paling dinanti-nanti oleh muslim di seluruh dunia. Biasanya di bulan ini, orang-orang akan berlomba-lomba berbuat kebaikan dengan cara lebih rutin berinfaq ataupun memberi sedekah untuk mereka yang membutuhkan. Sayangnya, masih banyak orang yang masih keliru memahami bedanya infaq dan sedekah. Jika kamu adalah salah satunya, simak ulasan berikut untuk mengetahui penjelasan rinci tentang infaq dan sedekah.

 

Dari Pengertiannya

Jika ditelisik dari segi bahasa, infaq berasal dari bahasa arab, yakni anfaqa . Artinya adalah mengeluarkan atau membelanjakan harta. Sementara itu, secara istilah arti sedekah adalah pemberian kepada orang yang membutuhkan sebagai bentuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Di sisi lain, berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat, disebutkan bahwa pengertian infaq adalah harta yang dikeluarkan oleh seseorang atau badan usaha di luar zakat untuk kebaikan orang banyak. Sedangkan, sedekah adalah harta ataupun nonharta yang dikeluarkan oleh seseorang atau badan usaha di luar zakat untuk kebaikan orang banyak.

 

Ruang Lingkup

Meski sama-sama dikeluarkan untuk kebaikan banyak orang, infaq dan sedekah nyatanya adalah dua hal yang berbeda. Bedanya infaq dan sedekah ini berada di ruang lingkupnya. Infaq bentuknya berupa harta benda kekayaan seperti uang, sedangkan sedekah meliputi harta dan non-harta. Sederhananya, sedekah memiliki cakupan yang lebih luas karena tidak hanya berupa harta saja, melainkan perbuatan dan tingkah laku seperti tutur kata yang baik, senyuman yang tulus, dan lain sebagainya.

Untuk itu, sedekah dapat kamu lakukan kapanpun dan dengan cara apapun. Salah satunya adalah dengan menjadi #PahlawanSenyum melalui program Berbagi Senyum Pepsodent.

 

Berbagi Senyum Bersama Pepsodent

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, pada prinsipnya, beramal bisa dilakukan dengan berbagai cara. Mulai dari menyedekahkan sebagian harta melalui instansi resmi, mendonasikan uang langsung ke kotak amal yang ada di masjid, hingga memberikan sembako ke orang yang membutuhkan di lingkungan sekitar rumah. Selain itu, kamu juga bisa bersedekah melalui program program Berbagi Senyum Pepsodent.

Apa itu program Berbagi Senyum? Dalam rangka upaya meningkatkan kesadaran mengenai pentingnya kesehatan gigi dan mulut, Pepsodent juga turut serta bersama komunitas untuk memberikan dukungan bagi mereka yang membutuhkan dan mengembalikan senyuman pada kehidupan mereka.

Hal ini dilakukan melalui berbagai kegiatan inisiatif, seperti konsultasi gigi gratis secara online , Ide Aktivitas yang untuk sikat gigi pagi dan malam bersama si kecil, rangkaian kegiatan untuk mewujudkan #SetiapSenyumanBegituBerarti, donasi untuk panti asuhan bersama Pepsodent Siwak, dukungan untuk dokter gigi lewat webinar, dan donasi untuk menjaga senyum mereka yang ada di garis terdepan.

Kamu dapat turut serta berkontribusi dalam setiap kegiatan tersebut dengan memberikan dukungan melalui pembelian produk Pepsodent ataupun mengikuti langsung rangkaian acara tersebut. Jadikan bulan Ramadanmu semakin bermakna dengan Berbagi Senyum. Karena, #SetiapSenyumanBegituBerarti.

Bagikan ini

AddThis is disabled because of cookie consent