8 Makanan yang Cocok Untuk Orang Sakit Gigi

Manfaat Mouthwash untuk Mencegah Terjadinya Masalah Mulut

 

Mouthwash atau obat kumur merupakan salah satu bahan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut yang menimbulkan pro kontra. Sebagian orang merasa fungsi mouthwash hanya untuk memberikan sensasi segar dan mengurangi bau mulut. Jika sudah merasa menyikat gigi dengan bersih, apakah mouthwash masih diperlukan? Ingin tahu lebih banyak terkait manfaat obat kumur ini? Yuk simak informasi berikut ini!

Apa Manfaat Mouthwash Sebenarnya?

Obat kumur atau mouthwash memiliki manfaat yang beragam. Ada yang hanya menyegarkan nafas, sampai membantu penyembuhan radang gusi (gingivitis). Tentunya menggunakan mouthwash tidak bisa sembarangan. Kamu perlu memperhatikan jenis dan kandungannya juga agar tidak salah pilih. Nah, berikut ini adalah manfaat mouthwash berdasarkan jenis-jenis nya, antara lain:

Keutamaan Mouthwash dengan Kandungan Fluoride

Zat aktif fluoride merupakan bahan yang umum ditemui di pasta gigi dan juga sering ditemukan dalam produk mouthwash. Manfaat mouthwash dengan kandungan ini yaitu untuk mengurangi risiko  gigi berlubang, membantu pembentukan enamel gigi yang terkikis dan mengatasi gejala awal karies gigi. Kandungan ini  baik digunakan oleh individu usia lanjut, pengguna kawat gigi, dan orang-orang yang kurang merawat kesehatan gigi dan mulut (disabilitas).

Keutamaan Mouthwash dengan Kandungan Cetylpyridinium Chloride (CPC)

Kandungan CPC sudah digunakan  dalam produk mouthwash sejak tahun 1914. Obat kumur CPC biasanya mengandung zat aktif lain yang bekerja sama untuk membunuh bakteri seperti Eucalyptol, Menthol, Methyl Salicylate, dan Thymol. Manfaat CPC adalah untuk membasmi kuman dan plak gigi, serta melemahkan pertumbuhan bakteri.

Mengapa Sikat Gigi Saja Tidak Cukup Mencegah Terjadinya Masalah Mulut?

Manfaat mouthwash tidak hanya sekedar menghilangkan bau mulut saja. Seperti yang telah dijelaskan di atas, penggunaan obat kumur juga bisa membantu mengurangi  plak gigi hingga mencegah gigi berlubang. Itulah kenapa menggunakan  mouthwash bisa menjadi salah satu cara untuk melawan masalah gigi dan mulut karena dapat menjangkau daerah yang tidak tercapai oleh sikat gigi dan tempat-tempat bersembunyinya bakteri seperti sela-sela gigi dan gusi, pangkal lidah dan tenggorokan.

Masalah Gigi yang Mungkin Terjadi Jika Tidak Rutin Gunakan Mouthwash

Seperti yang telah diketahui sebelumnya bahwa manfaat mouthwash  adalah untuk menyegarkan nafas, mencegah gigi berlubang, mencegah penumpukan  plak gigi, mencegah pengeroposan gigi, menghilangkan infeksi gusi, dan mengurangi gejala awal karies gigi. Jika tidak rutin menggunakan mouthwash maka semua masalah gigi dan mulut tersebut berisiko kamu alami.

Pepsodent Active Defense Mouthwash yang mampu mengurangi  99,9% kuman dan bakteri  dengan teknologi CPC yang terbukti ampuh mengurangi virus dan bakteri hanya dalam 30 detik berkumur. Mouthwash ini  mengandung surfaktan antimikroba serta dapat mengurangi plak hingga 5x lebih bersih setelah 30 hari penggunaan. Terdapat juga kandungan fluoride yang baik untuk kesehatan gigi dan mulut. Obat kumur ini tidak mengandung alkohol sehingga tidak akan menimbulkan rasa pedas juga memberikan rasa nyaman di mulut tanpa mengurangi manfaat mouthwash tersebut.

Itulah beberapa manfaat yang akan didapatkan jika rutin menggunakan mouthwash. Perlu diingat juga obat kumur hanya membantu mengoptimalkan upaya menjaga kesehatan gigi dan mulut bukan menggantikan efektivitas menyikat gigi. Jika kamu ingin berkonsultasi terkait masalah gigi dan mulut. Segera kunjungi laman Tanya Dokter Gigi by Pepsodent untuk mendapatkan konsultasi online gratis via WhatsApp bersama  dental expert atau scan barcode yang tertera dalam setiap produk Pepsodent.

Artikel telah ditinjau oleh drg.Fatimah Rahmatya Gita Isjwara

Referensi:

  • https://journals.sagepub.com/doi/full/10.1177/00220345211029269 

  • https://www.signal.sa/en/mouthwash-cpc.html 

  • https://www.alodokter.com/usir-bau-mulut-dengan-rutin-menggunakan-mouthwash 

  • https://hellosehat.com/gigi-mulut/perawatan-oral/obat-kumur-segudang-manfaat/

Bagikan ini