5 Tanda Terjadi Infeksi Pada Gigi Berlubang

Tips Memilih Sikat Gigi Anak agar Si Kecil Rajin Membersihkan Gigi

Bukan rahasia lagi kalau anak-anak adalah peniru ulung bagi segala hal di sekitarnya. Oleh sebab itu, orang tua perlu  memberikan teladan yang baik kepada si kecil dalam proses tumbuh kembangnya. Salah satu kebiasaan baik yang tak boleh diabaikan adalah menyikat gigi. Kalau Anda memilih sikat gigi anak yang tepat, niscaya mengajarkan kebiasaan menyikat gigi kepada anak jadi makin mudah.

Tips Memilih Sikat Gigi Anak Sesuai Kebutuhan

Memilih sikat gigi untuk anak tentu tak boleh sembarangan agar dapat mendukung kebersihan dan kesehatan gigi si kecil. Beberapa tips yang patut Anda perhatikan saat hendak menentukan jenis sikat gigi untuk anak adalah sebagai berikut:

1. Menentukan Sikat Gigi untuk Anak Sesuai Usianya

Ukuran sikat gigi anak biasanya berbeda-beda karena diklasifikasikan berdasarkan usia si kecil. Misalnya, sikat gigi untuk anak usia 1 tahun memiliki ujung lebih kecil dan gagang lebih besar dibandingkan sikat gigi untuk balita. Jadi, Anda patut cermat menentukan sikat gigi anak sesuai usianya. Jenis sikat gigi untuk anak yang tepat akan mempermudah Anda mengajarkan kebiasaan menyikat gigi kepada buah hati sejak dini.

2. Memperhatikan Tekstur Bulu Sikat Gigi Anak

Hal penting lainnya yang patut diperhatikan saat memilih sikat gigi anak adalah tekstur bulunya. Sikat gigi untuk anak harus memiliki tekstur bulu yang lembut untuk meminimalkan risiko iritasi gusi dan kerusakan email gigi ketika si kecil menyikat gigi. Bila Anda terlanjur membeli sikat gigi yang tekstur bulunya agak keras, cobalah merendam sikat gigi dalam air hangat selama 30 menit sebelum digunakan si buah hati.

3. Mencermati Bagian Gagang Sikat Gigi

Selain tekstur bulu, bagian gagang sikat gigi anak juga tak kalah penting. Anak-anak biasanya agak kesulitan mengontrol gerakan sikat ketika menyikat gigi, khususnya jika belum terbiasa. Namun, Anda tak perlu khawatir sebab hal tersebut bisa diatasi dengan memilih sikat gigi bergagang besar. Gagang sikat gigi yang besar akan lebih mudah digenggam sehingga anak-anak bisa mengarahkan ujung sikat gigi ke seluruh bagian rongga mulut.

4. Memprioritaskan Sikat Gigi yang Bentuk dan Warnanya Menarik

Fungsi utama sikat gigi anak juga harus diimbangi dengan bentuk dan warna dan menarik. Tampilan sikat gigi yang menarik sangat penting untuk menggugah semangat si kecil ketika diajak menyikat gigi. Jadi, sebaiknya Anda mengutamakan varian sikat gigi yang bentuk dan warnanya menarik. Saat ini, banyak sekali sikat gigi yang dipadukan dengan bentuk-bentuk binatang dan warna cerah sehingga efektif membuat anak semakin rajin sikat gigi.

 

JPEG - 02. Pepsodent May 2022 Sub Header.jpg

Saat mulai mengajarkan kebiasaan menyikat gigi kepada buah hati, Anda harus memberikan pendampingan hingga usia 6 tahun. Pendampingan tersebut penting untuk memastikan bahwa si kecil benar-benar sudah memahami dan melakukan cara menyikat gigi yang benar. Kalau ingin memberikan hadiah kecil untuk menyempurnakan momen menyikat gigi buah hati, Anda bisa memilih sikat gigi Pepsodent Kids yang istimewa.

Varian sikat gigi bulu halus Pepsodent ini didesain khusus untuk anak-anak di atas usia 2 tahun dengan bulu sikat lebih lembut. Tekstur sikat gigi Pepsodent Kids ampuh membersihkan sela-sela gigi tanpa melukai gusi. Bagian kepala sikat gigi Pepsodent berukuran kecil sehingga nyaman untuk mulut anak dan gagangnya tidak mudah slip sehingga gampang dipegang. Ada 4 karakter lucu yang terdapat pada sikat gigi Pepsodent Kids, yaitu singa, kanguru, tikus, dan kuda.

Kalau si kecil sudah bersemangat menyikat gigi menggunakan sikat gigi Pepsodent Kids, jangan lupa pula menyiapkan pasta gigi anak Pepsodent Sweet Strawberry. Produk Pepsodent khusus anak ini diformulasikan khusus untuk gigi susu anak serta disempurnakan dengan fluoride dan rasa buah yang disukai anak. Penggunaan pasta gigi anak Pepsodent White Strawberry secara teratur membantu melindungi dan menjaga gigi susu agar tetap kuat dan sehat.

Mari mendampingi si kecil belajar menyikat gigi agar momen membersihkan gigi menjadi pengalaman seru yang tak terlupakan.

 

Tanda Terjadinya Erosi Enamel Gigi

Masalah erosi enamel gigi cukup sering terjadi, terutama pada orang yang kurang menjaga kebersihan gigi. Beberapa gejala erosi enamel gigi yang perlu kamu waspadai adalah:

1. Warna gigi berubah

Ketika mulai terkikis, lapisan enamel akan menjadi semakin tipis dan berwarna transparan. Saat itulah lapisan dentin yang berwarna kekuningan akan mulai terlihat, sehingga warna gigi akan terlihat kuning pula.

2. Gigi lebih sensitif

Bila lapisan enamel terkikis dan lapisan dentin mulai terbuka, maka gigi akan menjadi lebih sensitif terhadap suhu dan rasa makanan, terutama pada makanan yang terlalu dingin, terlalu asam, dan pedas.

3. Gigi mulai retak dan tidak rata

Terkikisnya lapisan enamel akan membuat lapisan terluar gigi menjadi tidak rata. Bila lapisan enamel terus terkikis, lama-kelamaan gigi akan menjadi retak.

4. Gigi terasa sakit

Bila lapisan enamel gigi sudah terkikis cukup parah, maka gigi akan berlubang. Bila lubang sudah mencapai bagian dalam gigi, terutama ruang syaraf, maka gigi akan terasa sakit.

Bila kamu mulai mengalami gejala erosi enamel gigi yang disebutkan di atas, sebaiknya kamu segera berkonsultasi ke dokter gigi, terutama bila gigi terus terasa sakit. Apabila erosi dibiarkan semakin parah hingga berlubang, gigi menjadi rentan terhadap infeksi bakteri dan dapat menimbulkan kondisi abses pada gigi.

Cara Mengatasi Gigi Ngilu Akibat Erosi Enamel Gigi

Kalau gigi terasa ngilu namun kamu belum sempat berkonsultasi ke dokter, ada beberapa langkah sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mencoba mengatasi rasa ngilu tersebut, di antaranya:

1. Berkumur dengan air hangat untuk membersihkan sisa makanan yang tersangkut di sela gigi.

2. Konsumsi air putih dengan cukup untuk menghindari masalah mulut kering.

3. Kunyah permen karet bebas gula untuk merangsang produksi air liur.

4. Saat minum minuman manis atau asam, gunakan sedotan agar meminimalisir kontak minuman yang manis atau asam dengan gigi.

Selain langkah di atas, penggunaan pasta gigi untuk gigi sensitif juga bisa jadi pilihan kamu untuk mengatasi serta mencegah rasa ngilu akibat erosi enamel gigi. Sensitive Mineral Expert by Pepsodent Relief & Protect variant Original adalah solusi untuk kamu. Kandungan mineral HAP dalam pasta gigi ini juga membantu mengembalikan mineral alami gigi dan dapat membantu mengurangi rasa ngilu di gigi dalam 30 detik*. Selain itu, kandungan Zinc dan Fluoride-nya juga membantu melindungi gigi dari plak dan gigi berlubang.

Erosi enamel gigi sebenarnya bisa dicegah dengan cara menjaga kebersihan gigi dengan cermat. Tapi bila erosi enamel gigi sudah terjadi, langkah yang tepat bisa membantu kamu mengatasinya.

*Dengan pemakaian teratur sesuai petunjuk penggunaan.

 Artikel telah ditinjau oleh drg.Nanditha Puspadewi

Sumber:

  • https://hellosehat.com/gigi-mulut/gigi/erosi-gigi/

  • https://www.klikdokter.com/penyakit/erosi-gigi

  • https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3633771/gejala-erosi-gigi-yang-mesti-anda-waspadai

  • https://www.tanyapepsodent.com/produk/pasta-gigi/sensitif-sensitive-mineral-expert-original.html?gclid=CjwKCAiA1uKMBhAGEiwAxzvX960qbEVRF-Hj5vHfObVu6w0r89yejPaNBWCUqi70jQYkGKXuB77lWRoCGS8QAvD_BwE&gclsrc=aw.ds

  • https://www.tanyapepsodent.com/tips-kesehatan-gigi/sakit-gigi-dan-kerusakan-gigi/cara-merawat-email-gigi.html

Bagikan ini