8 Makanan yang Cocok Untuk Orang Sakit Gigi

Pantangan Sakit Gigi: 7 Makanan & Minuman yang Harus Dihindari

Survei yang dilakukan Pepsodent tahun 2022 menyatakan bahwa kasus permasalahan gigi di kalangan masyarakat Indonesia meningkat selama pandemi. Banyak penyakit gigi terjadi akibat kebiasaan merawat kesehatan gigi dan mulut yang mulai dilupakan. Selain itu, mayoritas orang yang bermasalah dengan kesehatan gigi juga kesulitan untuk mematuhi pantangan saat sakit gigi sehingga membuat rasa sakit semakin parah. 

Menjalani pantangan makanan sakit gigi berlubang memang cukup berat, terutama bila harus menghindari makanan yang Anda sukai. Namun, Anda tetap harus memprioritaskan kedisiplinan supaya terhindar dari sakit gigi. Mari kenali berbagai makanan yang menyebabkan sakit gigi kambuh agar Anda lebih telaten menjaga kesehatan gigi. 

7 Jenis Makanan dan Minuman Penyebab Sakit Gigi 

Beberapa makanan menjadi pantangan saat mengalami sakit gigi adalah sebagai berikut: 

  • Makanan manis: tak dapat dipungkiri kalau makanan manis menjadi kegemaran banyak orang karena terasa nikmat dan efektif memperbaiki suasana hati. Sayangnya, konsumsi makanan manis patut dibatasi karena termasuk biang keladi penyebab sakit gigi. Sisa-sisa makanan manis yang tertinggal pada gigi memperbesar risiko sakit gigi dan kondisi gigi berlubang. 

  • Makanan dan minuman asam: pantangan makanan sakit gigi berlubang berikutnya adalah segala sesuatu yang bercita rasa asam. Kandungan asam dalam makanan dan minuman menyebabkan pengikisan enamel yang mengakibatkan pengikisan enamel dan gigi berlubang.  

  • Soda: jangan lupa kalau soda termasuk minuman yang tidak boleh dimakan saat sakit gigi. Kadar gula yang tinggi dalam mayoritas produk minuman soda menyebabkan mulut kering sehingga memicu kemunculan bakteri penyebab gigi berlubang. Di samping itu, soda berwarna gelap juga dapat meninggalkan noda membandel sehingga gigi terlihat kusam. 

  • Es batu: masih banyak orang tidak mengira kalau es batu termasuk minuman yang tidak boleh dimakan saat sakit gigi. Kandungannya memang bebas gula, tetapi mengunyah es batu berisiko mengakibatkan pengikisan enamel gigi dan gigi pecah, terutama pada gigi yang sudah rapuh. 

  • Makanan bertepung: aneka makanan bertepung seperti roti, keripik kentang, dan biskuit mengandung pati yang rentan tertinggal di gigi setelah Anda menyantapnya. Sisa-sisa pati yang tidak dibersihkan sampai tuntas berisiko memicu bakteri penyebab gigi berlubang. Bakteri akan mencerna sisa pati tersebut hingga berubah menjadi asam yang merusak gigi secara perlahan-lahan. 

  • Makanan dan minuman yang terlalu panas atau dingin: suhu ekstrem pada makanan dan minuman bisa memperparah kondisi gigi sensitif. Rangsangan berupa suhu tersebut membuat saraf gigi menghasilkan reaksi berupa ngilu yang sangat mengganggu.  

  • Kopi dan teh: konsumsi kopi dan teh dalam jangka panjang bukan hanya menyebabkan gigi kusam. Lebih dari itu, kopi dan teh yang diberi tambahan gula juga meningkatkan risiko gigi berlubang. Bakteri penyebab gigi berlubang lebih mudah berkembang biak bila ada sisa kopi atau teh mengandung gula yang tertinggal di gigi. 

Lakukan Tips Perawatan Gigi untuk Penyuka Makanan dan Minuman Manis 

Menjalani pantangan sakit gigi saja belum cukup untuk menjaga kesehatan gigi setiap saat, terutama jika Anda penyuka makanan dan minuman manis. Anda patut melakukan beberapa tips perawatan berikut ini supaya terhindar dari sakit gigi: 

  • Membiasakan diri untuk berkumur setelah makan: jangan menganggap remeh kebiasaan berkumur setelah makan. Hal ini merupakan kebiasaan positif yang membantu menyingkirkan sisa-sisa makanan pada sela-sela gigi dan rongga mulut.  

  • Menyikat gigi dua kali sehari pagi dan malam: kebiasaan menyikat gigi harus dilakukan secara rutin dua kali sehari, yaitu pagi hari setelah sarapan dan malam hari sebelum tidur. Lakukan teknik menyikat gigi yang benar agar gigi bersih secara menyeluruh dan risiko sakit gigi semakin kecil.  

  • Menggunakan obat kumur: menyikat gigi saja sering kali terasa belum cukup untuk membersihkan gigi secara maksimal. Anda juga membutuhkan obat kumur supaya kondisi sela-sela gigi bersih sempurna. Obat kumur akan membantu mengangkat sisa makanan dan membasmi bakteri penyebab sakit gigi sehingga gigi Anda senantiasa sehat. 

  

Bila ingin mengurangi risiko gigi berlubang akibat hobi mengonsumsi makanan manis, gunakan Pasta Gigi Pepsodent Pencegah Gigi Berlubang ketika menyikat gigi di malam hari sebelum tidur. Formula Double Action dalam pasta gigi ini diperkaya Mikro Kalsium Aktif dan Pro-Fluoride Kompleks yang memberikan perlindungan gigi terbaik pada siang dan malam hari bila Anda menyikat gigi dua kali sehari. Pasta Gigi Pepsodent Pencegah Gigi Berlubang 10 kali lebih efektif memperbaiki lubang kecil tak kasat mata sebelum berkembang menjadi gigi berlubang*. Anda akan mendapatkan perlindungan maksimal dari bakteri penyebab gigi berlubang bila senantiasa menggunakan varian pasta gigi Pepsodent ini. 

Lengkapi pula proses perawatan gigi Anda dengan Sikat Gigi Pepsodent Nanosoft Clean. Bulu sikatnya yang membundar berukuran ekstra tipis 0,01 mm sehingga dapat membersihkan gigi secara optimal. Keistimewaan lainnya pada sikat gigi Pepsodent tersebut terletak pada teknologi Nanosoft yang mampu menghilangkan 4 lapis plak hanya dalam sekali sikat. Leher sikat tiga sudutnya mampu menjangkau hingga ke bagian mulut terdalam. 

Merawat gigi tentu tak sulit bila Anda sudah terbiasa melakukannya secara konsisten. Ingatlah bahwa kebiasaan baik Anda merupakan investasi terbaik agar gigi selalu sehat meskipun usia terus bertambah. 

Punya masalah terkait kesehatan gigi dan mulut? Konsultasikan bersama Pepsodent! Pepsodent menyediakan konsultasi kesehatan gigi dan mulut GRATIS via ponsel. Tanyakan semua hal mengenai kesehatan gigi dan mulut pada dokter gigi melalui layanan konsultasi gratis kami dengan klik link berikut ini: http://bit.ly/Teledentistry-2023

Anda dapat memilih berkonsultasi langsung dengan Dokter Gigi saat online hour (08.00-21.00 WIB) atau dapatkan informasi kesehatan gigi dan mulut yang telah direkomendasikan oleh PDGI saat offline hour (21.00 – 08.00 WIB). 

*mengacu pada aktivitas mengembalikan mineral yang hilang pada enamel gigi 

Artikel telah ditinjau oleh drg. Nanditha Puspadewi 

  

Referensi

  • cilegon.inews.id/read/168543/bkgn-2022-soroti-peningkatan-permasalahan-gigi-dan-mulut-selama-pandemi 
  • halodoc.com/artikel/alasan-makanan-manis-bikin-gigi-bolong  
  • hellosehat.com/gigi-mulut/gigi/makanan-manis-menyebabkan-gigi-berlubang/  
  • hellosehat.com/gigi-mulut/gigi/makanan-yang-harus-dihindari-saat-sakit-gigi/ 
  • klikdokter.com/info-sehat/gigi-mulut/tips-merawat-gigi-untuk-pencinta-makanan-manis  
  • lifestyle.kompas.com/read/2022/09/08/125408020/7-makanan-penyebab-sakit-gigi-bukan-cuma-yang-manis?page=all 
  • lifestyle.kompas.com/read/2023/03/09/110904220/penyebab-sakit-gigi-kambuh-setelah-konsumsi-makanan-manis?page=all