Alt text to fill

Bahan-Bahan Alami yang Ampuh Atasi Bau Mulut

Masalah bau mulut saat puasa sering kali membuat seseorang jadi minder dan kurang percaya diri. Wajar, bila masalah ini muncul banyak orang yang rela melakukan berbagai cara untuk mengatasinya, salah satunya dengan menggunakan mouthwash (obat kumur). Namun tahukah kamu bahwa terdapat bahan-bahan alami yang juga ampun dalam menaklukan bau mulut? Cara ini bisa menjadi opsi alternatif bagimu untuk mengatasi bau mulut saat puasa.

 

Penyebab Bau Mulut saat Puasa

Selain karena kesehatan gigi dan mulut yang buruk, seperti jarang menyikat gigi, penyebab paling umum bau mulut saat puasa adalah karena kondisi mulut yang kering.  Seperti yang diketahui, saat berpuasa, kita diharuskan untuk tidak makan dan minum selama setidaknya lebih dari 12 jam. Kondisi tersebut kemudian memicu tubuh untuk menurunkan produksi air liur di dalam mulut. Alhasil, mulut pun akan terasa lebih kering.

Ketika kita berpuasa, tidak ada yang menstimulasi terbitnya air liur, dan karena tidak ada aktifitas dalam mulut pertumbuhan bakteri menjadi lebih aktif sehingga menyebabkan keasaman mulut dan memicu bau mulut. Oleh sebab itu menyikat gigi setelah berbuka dan sahur amat sangat penting untuk memastikan tidak ada sisa makanan yang tertinggal yang memacu pertumbuhan bakteri penyebab keasaman dan bau mulut.

Bahan-bahan Alami Untuk Mengatasi Bau Mulut

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi bau mulut. Salah satu cara yang mudah dan murah adalah dengan menggunakan bahan-bahan alami berikut:

 

1. Buah apel dan buah-buahan yang mengandung vitamin C

Apel diketahui mengandung zat asam yang efektif untuk membunuh bakteri penyebab bau mulut. Tidak hanya itu, mengunyah apel juga bisa merangsang produksi air liur di mulut. Dengan begitu, mulut pun tidak akan menimbulkan aroma-aroma tidak sedap.

Selain apel, kamu juga bisa mengonsumsi buah-buahan lain yang tinggi kandungan vitamin C, seperti jeruk, beri-berian, melon, brokoli, dan lain sebagainya.

 

2. Yogurt

Bau mulut yang muncul nyatanya juga bisa dinetralkan dengan mengonsumsi produk olahan susu, seperti yogurt. Ini karena yogurt mengandung probiotik yang mampu membunuh bakteri penyebab bau mulut. Selain itu, yogurt juga efektif mengurangi kadar hidrogen sulfida yang ada di mulut. Hidrogen sulfida sendiri merupakan senyawa yang dapat memicu munculnya bau mulut.

 

3. Teh hijau

Cara mengatasi bau mulut lainnya adalah dengan mengonsumsi teh hijau. Manfaat itu sendiri diperoleh dari kandungan antibakteri yang ada di teh hijau, sehingga ampuh membasmi bakteri-bakteri penyebab bau mulut. Meski menyehatkan, kamu dianjurkan untuk tidak mengonsumsi terlalu banyak teh hijau, cukup 1-2 gelas kecil saja per hari.

 

4. Daun sirih

Daun sirih sudah cukup populer digunakan untuk mengatasi masalah bau mulut sejak zaman dulu. Penelitian menemukan bahwa kandungan minyak atsiri yang terdapat di dalam daun sirih dapat mengikat bakteri anaerob penyebab bau mulut. Karena khasiatnya itulah daun sirih banyak dipakai dalam produk-produk kesehatan mulut dan gigi. Jadi, kamu tidak perlu ragu lagi menggunakan daun sirih sebagai cara mengatasi bau mulut.

 

5. Jahe

Selain ampuh menghangatkan badan di kala hujan, jahe juga termasuk cara alami untuk mengatasi bau tak sedap di mulut. Cara memanfaatkan jahe sebagai obat penghilang bau mulut mudah saja. Cukup parut satu ruas jahe kemudian campurkan dengan air untuk mendapatkan jusnya. Setelah mendapatkan jus jahe, campurkan dengan air hangat dan gunakan untuk berkumur.

 

6. Air mineral

Bahan alami terakhir yang ampuh mengatasi masalah bau mulut adalah air mineral. Seperti kamu tahu, penyebab masalah bau mulut yang umum adalah akibat kurangnya asupan cairan. Dengan memenuhi asupan cairan, salah satunya dengan mengonsumsi air mineral, kamu pun bisa meningkatkan produksi air liur di mulut dan meminimalisir munculnya masalah tersebut.

 

Selain dari makanan dan minuman yang dikonsumsi sehari-hari, kamu juga dapat mengatasi bau mulut saat puasa dengan pemilihan pasta gigi yang tepat. Gunakan Pepsodent Action Herbal untuk merawat gigi sekaligus meredakan bau mulut selama puasa. Pasta gigi ini mengandung daun sirih yang dikenal sebagai antibakteri alami yang dapat membantu menjaga gigi dan mulut tetap sehat. Tak hanya itu saja, kandungan garam dan jeruk nipis di dalamnya juga dapat membantu memberikan rasa segar di mulut. Dengan Pepsodent Action Herbal, ademkan mulut dan segarkan napas selama puasa.

Bagikan ini